“SAMPAIKAN PESAN PERDAMAIAN DAN KEAMANAN DI PAPUA, DIRPOLAIR KORPOLAIRUD KUMPULKAN PARA BHABINKAMTIBMAS PERAIRAN”


Version
Download 0
Total Views 44
Stock
File Size 20.00 KB
File Type unknown
Create Date 5 September 2019
Last Updated 5 September 2019
Download

Papua, 5 September 2019
Situasi keamanan di beberapa wilayah Papua dan Papua Barat telah kondusif, aparat Kepolisian dan TNI memastikan bahwa aktifitas warga setempat telah berlangsung normal.

Saat ini Kapolri dan beberapa pejabat tinggi Kepolisian tengah berada di Papua, termasuk beberapa pejabat di jajaran Kepolisian Perairan (Kakorpolairud, Dirpolair, Dirpoludara serta Kasubdit Patroli Perairan) juga tengah berada di wilayah ujung timur NKRI itu.

"Proses pemulihan kondisi keamanan di Papua akan terus kita lakukan, hari ini kita kumpulkan personel Bhabinkamtibmas Perairan Ditpolair Polda Papua. Para Bhabin Perairan inilah yang tentu lebih mengetahui kondisi masyarakat, sehingga mereka kita harapkan dapat memfasilitasi, melakukan mediasi dan upaya - upaya melalui forum - forum yang lebih tepat agar permasalahan di masyarakat dapat segera teratasi dan diambil jalan keluarnya", ujar Dirpolair Korpolairud Brigjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H.,M.Hum.

Bhabinkamtibmas Perairan merupakan kesatuan Kepolisian yang hampir setiap hari dalam tugasnya bersentuhan dan berinteraksi dengan masyarakat perairan,pesisir dan kawasan secara langsung.

"Tentunya dengan memposisikan mereka sebagai contoh yang baik, maka masyarakat pun akan dekat dan tercipta kehidupan masyarakat perairan yang aman, tenteram dan kondusif", jelasnya.

Lebih lanjut Brigjen Latif berpesan agar para Bhabin Perairan ini terus menyampaikan pesan perdamaian, saling berangkulan, menghargai perbedaan, menjaga persatuan dan kesatuan serta toleransi di tengah masyarakat.

"Himbauan untuk secara bersama-sama menahan diri dan jangan cepat terpancing oleh berita-berita atau isu hoax yang berkembang di tengah masyarakat yang dapat memecah belah bangsa, ini akan terus kita gaungkan di tanah Papua tercinta ini", lanjutnya.

Brigjen Latif menuturkan, isu-isu negatif yang berkembang tentu bisa menjadi alat untuk memancing keributan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketentraman masyarakat.

Masyarakat diharapkan tidak mudah terpancing dan terprovokasi isu tertentu. Masyarakat juga harus lebih mengedepankan ketertiban dan perdamaian bangsa.

"Sekarang ini terlalu banyak rumor yang berkembang di negara kita melalui media sosial yang kita tidak ketahui sumber dan kebenarannya, kalimat yang mengandung SARA dan mengadu domba serta banyak sekali peristiwa-peristiwa yang belakangan ini kalau kita jeli, kita akan ikut membuat suasana menjadi tidak lebih baik di tengah masyarakat. Oleh karena itu kami mengajak masing-masing kita untuk dapat menahan diri, kita konsentrasi membangun bangsa ini," ujarnya.

Melalui Bhabinkamtibmas Perairan, Kepolisian menghimbau agar masyarakat tetap tenang, mampu mengendalikan diri serta tidak terprovokasi oleh isu-isu negatif. Suasana tenang dan damai serta tetap terjaga dan terpeliharanya kondisi Kamtibmas yang kondusif di masyarakat menjadi tujuan utama kami saat ini di bumi Cendrawasih", tutup Dirpolair.

(Humas Ditpolair Mabes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *