“TEKAN PELANGGARAN DAN TINDAK PIDANA PERAIRAN, DITPOLAIR KORPOLAIRUD GELAR SOSIALISASI PERATURAN PERUNDANG UNDANGAN, QUICK WINS DAN SAMBANG NUSA”


Version
Download 0
Total Views 34
Stock
File Size 20.00 KB
File Type unknown
Create Date 3 September 2019
Last Updated 3 September 2019
Download

Binmas Perairan Ditpolair Korpolairud Mabes Polri, saat ini memiliki program kegiatan unggulan berupa kegiatan Sosialisasi Perundang undangan, Quick Wins Program I dan 6 serta Sambang Nusa pulau terluar berpenduduk.

Berdasarkan Surat Telegram Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Nomor: ST / 80 /VIII/2019 Tanggal 19 Agustus 2019, Jumat (30/8) personel KP. SBU - 017 melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang - undangan tindak pidana di Wilayah Perairan Polda Metro Jaya kepada ABK kapal - kapal yg sedang berlabuh di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Beberapa materi diberikan kepada nelayan dan operator kapal antara lain :
- Tentang UU RI No. 17 tahun 2008 tentang pelayaran;
- Memberikan himbauan kepada nelayan untuk melengkapi dokumen kapalnya dan alat keselamatan sebelum melaut;
- Himbauan agar nelayan memperhatikan kelayakan kapalnya dan memperhatikan peringatan cuaca dari BMKG;
- Selalu memperhatikan keselamatan pada saat berlayar dan mematuhi undang-undang yang berlaku;
- Menghimbau untuk tidak menggunakan Narkoba dan Miras saat melaut maupun tidak;
- Himbauan larangan menggunakan bahan peledak (destructive fishing dan jaring trawl dalam menangkap ikan dan mencari ikan;
- Menghimbau kepada masyarakat nelayan dan pesisir sebagai mitra Polri agar segera melapor jika terjadi peristiwa tindak pidana dan atau Laka laut di wilayah perairan dan lingkungan sekitar;

Komandan KP. SBU - 017, Bripka Dolly, S.H. mengatakan bahwa Sosialisasi undang - undang terkait perairan kepada masyarakat nelayan, pesisir dan kawasan merupakan salah satu program unggulan Binmas Perairan Korpolairud.

Sementara itu, KP. Bangau - 5006 yang saat ini bertugas mengamankan wilayah Perairan Sibolga, Sumut. Pada Jumat (30/8) mengadakan kegiatan Binmas Perairan berupa kegiatan Quick Wins Program I.

Dihadapan sekitar 60 orang peserta, Akp. Aris Effendi, SIK Komandan KP. Bangau mengatakan bahwa Nasionalisme, cinta tanah air, toleransi serta persatuan dan kesatuan harus selalu dirawat dan dijaga.

Di tempat lain, KP. Manyar - 5003 yang diKomandani oleh Akp. Riezka, S.H. pada hari yang sama menggelar kegiatan Sambang Nusa di Pulau Karimun Kecil, wilayah Kepulaun Riau yang berbatasan dg negara Malaysia.

"Ya, dalam kegiatan Sambang Nusa ini, 24 personel kita kerahkan mengajak masyarakat pesisir membersihkan semak belukar dan sampah di tepian pantai. Masyarakat kita ajak memelihara lingkungan bukan merusaknya", ujar Riezka.

Kasubdit Binmas Peraian, Kombes Pol. Oka Eswara, MPB mengatakan bahwa bulan Agustus 2019 ini, sebanyak 60 kegiatan Binmas terdiri dari sambang nusa 2 kegiatan, sosialisasi perundang undangan 28 kegiatan dan quick wins progran I sebanyak 30 kegiatan telah dilaksanakan oleh kapal - kapal Polisi yang tugas BKO Polda - Polda di seluruh Indonesia.

"Kita optimis ya, ketiga program Binmas Perairan ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana. Kita ketahui bahwa ketiga kegiatan itu masuk sebagai program prioritas Kapolri dan Pemerintah dengan tujuan mampu menekan secara signifikan pelanggaran dan tindak pidana di wilayah perairan sehingga Indonesia, negara kita ini aman dan terjaga". Jelas Kombes Oka.

(Humas Ditpolair Mabes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *