Beranda Terkait Longsor, Polres Simalungun Lakukan Pengalihan Jalur dan Rekayasa Lalin

Terkait Longsor, Polres Simalungun Lakukan Pengalihan Jalur dan Rekayasa Lalin

0
Terkait Longsor, Polres Simalungun Lakukan Pengalihan Jalur dan Rekayasa Lalin

Version
Download 0
Total Views 13
Stock
File Size 1.37 MB
File Type unknown
Create Date 14 January 2019
Last Updated 14 January 2019
Download

Pada hari Sabtu, 12 Januari 2019 Sekitar Pukul 23.00 Wib dan pukul 00.30 wib, kembali terjadi Bencana Longsor susulan dari Bukit Hulu Bangun Dolok yang menimbun Jembatan Sidua-dua Km. 1-2 Nagori Subaganding Kec. Girsang Sipangan Bolon Kab. Simalungun.

Akibatnya material longsor menimbun jembatan sehingga kembali tidak dapat dilalui pengguna jalan.
“Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Sementara untuk jalur Arus Lalin baik dari arah Pematangsiantar menuju Parapat dan sebaliknya, dialihkan ke jalan Alternatif Lingkar luar Parapat Simpang Palang – Simpang Sitahoan,” jelas Kabag Ops Polres Simalungun Kompol Hendrik Situmorang, MM.
Adapun kendaraan yang dialihkan hanya roda 2 (dua) dan roda 4 (empat) saja, sedang untuk roda 6 (enam) diarahkan untuk beristirahat menunggu selesai pembersihan material longsor, ujarnya.
Untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan, Polres Simalungun mengarahkan personil Sat Lantas dan Personil Polsek Parapat melakukan pengaturan Lalin Di simpang Palang – Simpang Sitahoan dan pengamanan di lokasi terjadinya Longsor di jembatan Sidua-dua.
“Untuk percepatan penanganan Polres Simalungun berkordinasi dengan pihak Pemkab Simalungun , PT TPL, PT Bumi Karsa dan Balai Besar Jalan dan Jembatan Sumut agar mendatangkan Alat berat guna untuk membersihkan Material Longsor yang menimbun Jembatan Sidua dua Parapat.
,” jelas Kabag Ops.

Pukul 08.30 Wib, Alat berat dari Pihak PT, TPL, PT Bumi Karsa Balai Besar Jalan dan Jembatan sudah berada dilokasi melakukan pembersihan Material Longsor yang menimbun Jembatan Sidua dua Parapat Hingga pukul 10.15 Wib untuk memperlancar Arus Lalu lintas baik dari Toba menuju Siantar,maupun sebaliknya.
Hingga, Minggu siang, pukul 11.30 Wib, Kegiatan lanjutan Penanganan, pembersihan pengamanan bencana Tanah Longsor dari Bukit Hulu Bangun Dolok yang mengenai Jembatan Sidua-dua Km. 1-2 Nagori Subaganding Kec. Girsang Sipangan Bolon Kab. Simalungun, dalam Pelaksanaan pembersihan tersebut diturunkan 4 (empat) Alat Berat dari Pihak Balai Besar Jalan Dan Jembatan, PT TPL, PT Bumi Karsa dan Pemkab Simalungun untuk melakukan pembersihan seluruh jembatan Sidua dua yang tertimbun material Longsor.
Kabag Ops bersama Kasat Lantas AKP Hendri ND Barus SH, S.I.K, MM dan Personil Sat Lantas maupun personil Polsek Parapat terus berada di TKP longsor jembatan sidua dua Parapat dan tetap melakukan Pengaturan Lalin, Pengamanan di TKP dan Public Address Kepada Masyarakat.
” Bagi pengguna jalan dari Siantar menuju Parapat diarahkan menggunakan jalur Alternatif Simpang Palang – Simpang Sitahoan, lalu yang dari Parapat Menuju Siantar menggunakan Jalinsum Parapat dengan System buka tutup Per 2 Jam,” ujar Kabag ops. (ad)