Tim Buser Naga Berhasil Amankan Jambret Sadis

  • Version
  • Download 0
  • File Size 2.00 MB
  • File Count 1
  • Create Date 14 Oktober 2021
  • Last Updated 14 Oktober 2021

Tim Buser Naga Berhasil Amankan Jambret Sadis

humas.polri.go.id. (Babel)- Tim Buser Naga Satuan Reskrim Polres Pangkalpinang berhasil meringkus seorang pelaku pencurian dengan kekerasan yang tergolong sadis.

Pasalnya, saat melakukan aksinya, pelaku tidak segan melukai korbannya menggunakan senjata tajam.

Pelaku diketahui bernama Abdul Latif Zailani (21), warga Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah.

Menurut Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang, AKP Adi Putra, penangkapan pelaku berawal dari laporan seorang warga yang menjadi korban jambret di Jalan Pamekasan Kelurahan Parit Lalang Kecamatan Rangkui Pangkalpinang atau tepatnya di belakang Makodim 0413 Bangka yang terjadi pada Jumat (23/9/2021) sekira pukul 22.30 WIB.

Dalam laporannya, terang Adi Putra, korban yang saat itu diboncengi rekannya dengan sepeda motor tiba-tiba dipepet oleh pelaku dengan mengendarai sepeda motor dan langsung merampas tas yang disandang korban.

“Adapun isi tas korban berupa uang tunai Rp800 ribu, satu unit HP, kunci kantor koperasi dan berkas-berkas lainnya. Sehingga akibat dari kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp7 juta,” ujar Adi Putra kepada Babel Pos, Selasa (12/10/2021).

Perwira balok dua ini mengatakan, setelah mendapatkan informasi tersebut, Tim Buser Naga yang dipimpin Aipda Rudi Kiai langsung mencari keberadaan pelaku. Dan tak butuh waktu lama, katanya, identitas dan keberadaan pelaku pun diketahui.

Kemudian berbekal dari informasi itu, dikatakan Adi Putra, tim langsung menuju ke tempat yang diduga pelaku berada yakni di daerah Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah. Sesampai dilokasi, tim berkoordinasi dengan Polsek Sungai Selan.

“Setelah itu, tim llangsung menuju ke rumah yang di duga tempat tinggal pelaku. Sesampai dirumah pelaku, tim langsung mendobrak rumah pelaku namun pelaku tidak ada di kamar, dan keluarga korban sempat berkata bahwa yang diduga pelaku tidak ada dirumah. Namun tim tidak percaya begitu saja dan melanjutkan penggeledahan di seputaran rumah pelaku. Setelah itu, tim melihat pelaku sedang bersembunyi di samping kandang ayam rumah nya dan pelaku langsung diamankan,” beber Adi Putra.

Setelah berhasil diamankan, lanjut Adi Putra, pelaku pun diintrogasi dan akhirnya mengakui perbuatannya, dimana dalam beraksi pelaku memepet korbannya menggunakan sepeda motor dan pada saat itulah pelaku langsung menarik tas milik korban dan langsung melarikan diri.

“Jadi sewaktu pelaku melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor miliknya, korban sempat mengejar pelaku sambil teriak jambret dan setelah masuk gang di daerah Parit Lalang pelaku terjatuh karena dikejar oleh warga, setelah itu pelaku melarikan diri dan sepeda motornya ditinggalkan oleh pelaku,” jelas Adi Putra.

Lebih lanjut diterangkan Adi Putra, dari hasil pemeriksaan, ternyata pelaku mengaku sudahh dua kali melakukan penjambretan di daerah Kelurahan Parit Lalang. Sebelumnya, kata Adi Putra, pelaku berhasil menjambret tas yang berisikan uang tunai sebesar Rp200 ribu dan satu unit HP.

“Untuk uang hasil jambret tersebut digunakan oleh pelaku untuk kebutuhan sehari-hari dan membeli minuman keras jenis arak. Saat ini pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Polres Pangkalpinang untuk proses penyidikan lebih lanjut,” pungkas Adi Putra.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu unit HP merk Vivo dengan kondisi yang sudah rusak dan tidak hidup lagi, satu unit sepeda motor merk Yamaha Mio Soul warna biru yang diduga dipakai pelaku saat beraksi, satu buah tas wanita warna hitam dan satu buah dompet warna abu-abu.