[language-switcher]
Beranda  Berita

Antisipasi Bencana Alam, K9 Polres Karanganyar Mendapat Pelatihan Peningkatan Kemampuan SAR

KARANGANYAR – Wilayah Kabupaten Karanganyar merupakan wilayah yang sebagian besar berada didaerah lereng pegunungan Lawu, meskipun dilereng pegunungan, jumlah penduduk yang menghuni berbagai kecamatan dan desa dipegunungan tersebut cukup padat. dan secara demografis, padatnya penduduk dan letak geografis wilayah karanganyar sangat rentan mengalami berbagai bencana alam, antara lain angin puting beliung, pohon tumbang, banjir dan tanah longsor.

Satuan Samapta Polres Karanganyar telah mengantisipasi kemungkinan adanya berbagai bencana alam tersebut, salah satunya adalah melatih dan meningkatkan kemampuan Search and Rescue (SAR) terhadap anjing pelacak (K-9) yang dimiliki oleh Polres Karanganyar.

Kasat Samapta Polres Karanganyar IPTU Gatot, menerangkan bahwa hari ini (30/9) Sat Samapta Polres Karanganyar teah melakukan latihan dan peningkatan kemampuan yang dimilki oleh sembilan ekor anjing pelacak Polres Karanganyar. Ia mengatakan bahwa hal ini merupakan persiapan dari Sat Samapta Polres Karanganyar sebagai salah satu unsur penanganan bencana alam khususnya diwilayah kabupaten Karanganyar.

Lebih lanjut, Kasat Samapta mengatakan bahwa sembilan ekor anjing pelacak yang dimiliki polres Karanganyar tersebut memiliki beberapa jenis kemampuan SAR, pelacak, baik melacak Jenazah. Narkoba, bahan peledak dan kemampuan pengurai massa. karena kompleksnya hal yang diampu, maka anjing-anjing pelacak tersebut mendapatkan pelatihan dari pawang-pawang hewan Polres Karanganyar yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan ditingkat mabes Polri serta dinyatakan lulus dan bersertifikat sebagai pawang.

“Meskipun hewan, kami memberikan fasilitas yang baik dan memadai, baik makanan, kandang dan kesehatan kepada sembilan ekor anjing K-9 Polres Karanganyar tersebut, sehingga kapanpun diperlukan, mereka akan siap melaksanakan tugasnya dengan dibawa dan dibawah perintah pawangnya masing-masing,” ungkap Kasat Samapta. (humaskra)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Polri Kerahkan Kendaraan Listrik untuk Pengamanan World Water Forum ke-10 di Bali
Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Bhabinkamtibmas Sambang Warga dan Ajak Bersama Ciptakan Kondisi Kamtibmas
Patroli Malam Polres Lombok Barat Ciptakan Rasa Aman, Imbau Pemuda Pulang ke Rumah
Motivasi Warga Jaga Kamtibmas, Kasat Binmas Polres Malinau Gelar Sambang Keliling Cek Poskamling
"Polres OKI Lakukan Supervisi Matlog BMN TA 2024: Periksa Kesiapan Logistik"
Patroli Intens Satpolairud Lombok Barat Jaga Keamanan Pantai dan Perairan
Polres Brebes Amankan Kegiatan Penetapan Caleg Terpilih Kabupaten Brebes PKPU
Lihat Semua
WordPress Lightbox