[language-switcher]
Beranda  Berita

Kesiapan Menanggulangi Kebakaran, Anggota Polres Ketapang Ikuti Pelatihan Penggunaan Alat Pemadam Api Portable

Dalam rangka mengantisipasi kemungkinan kebakaran di lingkungan Mapolres Ketapang, Personil Polres Ketapang melaksanakan Latihan Peningkatan Kemampuan Pemadaman Api Ringan di halaman Mapolres Ketapang. Kegiatan yang dipimpin langsung Wakapolres Ketapang Kompol Jonathan David, S.I.K., diikuti oleh PJU Polres Ketapang beserta seluruh anggota Polres Ketapang, Jumat 22 Oktober 2021 Pukul 08.30 Wib.

Untuk kegiatan pelatihan kali ini, Polres Ketapang mendatangkan pelatih dari Instruktur Badan Pemadam Kebakaran Pemda Ketapang, sdr Andhika ( Instruktur ), Sdr Hernadi ( Anggota BPK ) dan sdr Yudhi R ( Anggota BPK ) yang mana para instruktur tersebut telah memiliki Sertifikat Dasar Pemadaman Api.

Pada kesempatan pelatihan, instruktur menyampaikan langkah – langkah dasar penggunaan APAR, dijelaskan kepada anggota Polres bahwa dalam penggunaan Alat Pemadam Api Portable ( APAP ) terdapat empat ( 4 ) langkah yaitu :

  • Tarik pin pengaman tabung
  • Arahkan selang nozel kedepan
  • Tekan Hendel Prezzor untuk mengetes semburan powder
  • Gunakan APAP mengarah ke media api dengan menjaga jarak semprot sekitar 1 sampai 3 meter

Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana, S.I.K., M.H., melalui Wakapolres Kompol Jonathan David, S.I.K.,  menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan penggunaan APAP merupakan salah satu upaya Polres Ketapang dalam menangani kejadian kebakaran dalam kesempatan pertama di lingkungan Mapolres.

“ Pelatihan penggunaan APAP ini adalah upaya kami jajaran Polres Ketapang dalam upaya menanggulangi terjadinya kebakaran dalam kesempatan pertama. Semoga dengan dilaksanakannya pelatihan ini, para anggota Polres memiliki pengetahuan penggunaan APAP dalam menangani apabila terjadinya kebakaran skala kecil.

Dilanjutkannya, ia menekankan kepada seluruh personil bahwa selain memahami penggunaan APAP, Wakapolres juga menekankan kepada anggota Polres untuk tetap disiplin dalam penggunaan elektroni di lingkungan Mapolres. Waka mengingatkan untuk mematikan seluruh perangkat elektronik apabila akan pulang bekerja, dan apabila terjadi kebakaran agar tidak panik dan segera lakukan penanggulangan dengan menggunakan APAP, dan jika masih belum dapat ditanggulangi, segera hubungi petugas kebakaran untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Tingkatkan Layanan Publik, Divhumas Polri Adakan Bimtek dan Pengujian Konsekuensi di Sumsel
Dialog Publik Divhumas Polri: Perkuat Kesatuan Bangsa Dukung Keberlanjutan Pembangunan Nasional
Gelar Ramp Check di 262 Lokasi, Polri Ungkap Ratusan Bus Tak Laik Jalan
Kompolnas Lakukan Pengawasan Kesiapan Pengamanan Pilkada Polda Riau
Gelar Ramp Check di Jawa Barat, Kakorlantas: Kami Ingin Membangun Bus Pariwisata yang Berkeselamatan
Kapolri Gelar Kenaikan Pangkat 17 Pati-Pamen Polri
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Bhabinkamtibams Desa Cangkuang Wetan Bripka Agus Sopian Laksankan Pengamanan dan Monitoring Kunjungan Pemdes Ungasan Bali
Yakinkan Wilayah Binaan Tetap Aman,Bhabinkamtibmas Polsek Banjaran Sambang Warga Binaan
Himbau Pengemudi Bis Wisata, Jaga Keselamatan Diri dan Penumpang
Jaga Kelancaran Aktivitas Warga Yang Berlibur, Unit Lantas Polsek Pangalengan Gatur Lalu Lintas
Iptu Ahmad Nurdin S.H Kapolsek Paseh Sambangi Tokoh Agama Di wilayah Kecamatan Paseh
Sambang Kamtibmas Warga Binaan, Bhabinkamtibmas Desa Warnasari Himbau Jaga Kamtibmas
Lihat Semua
WordPress Lightbox