[language-switcher]
Beranda  Berita

Polri: Kader Teroris JI Dikirim ke Negara Konflik Latih Kemampuan Tempur

Jakarta – Tiga terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) diamankan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri di Lampung. Mereka berperan sebagai penggalang dana melalui yayasan amal Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman bin Auf (LAZ BM ABA).

Polri menduga pengumpulkan dana oleh para terduga teroris JI ini untuk menerbangkan kadernya ke negara konflik seperti Afghanistan, Suriah, dan Irak.

“Tentunya pengiriman kader-kader tersebut untuk melatih secara nyata kader-kader di lapangannya,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi, Kamis (4/11/2021).

“Ini untuk meningkatkan kemampuan pasukan tempur dari anggota JI, dan tentunya untuk meningkatkan kemampuan militer dari anggota JI tersebut,” sambungnya.

Menurut Ramadhan, kader teroris JI juga harus menjalin silaturahmi dengan kelompok radikal di Afghanistan, Irak, dan Suriah. Hal ini bertujuan agar teroris JI di Indonesia bisa memiliki hubungan dengan mereka.

“(Mereka) membangun, menjalin hubungan, atau menjalin silaturahmi, juga afiliasi dengan kelompok radikal yang ada di negara konflik. Jadi negara Trkonflik Syria (Suriah), Afghanistan, jadi terjalinlah hubungan di antara kelompok-kelompok tersebut di negara konflik,” jelasnya.

Kendati begitu, Ramadhan belum dapat menyampaikan berapa kader teroris JI yang sudah berangkat ke negara konflik tersebut. Densus masih melakukan pengembangan.

“Ini dalam pengembangan. Jadi kita masih melakukan pendalaman. Tentu seperti kita sampaikan beberapa waktu lalu, bahwa jaringan JI ini luas di Indonesia,” terangnya.

“Pernah kita sampaikan juga kita pernah ke TKP tempat pelatihan yang ada di Semarang dan beberapa tempat lainnya. Nanti kita sampaikan, yang jelas ini pengkaderan terus ya,” imbuhnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Dengan Terisak, Satrio Sampaikan Terima Kasih Kepada Kapolri
Australian Federal Police Kunjungi Museum Pusjarah Polri
Jaga Keamanan World Water Forum di Bali, Polda NTB Gencarkan Patroli di Kawasan Pelabuhan
Simulasikan Pengamanan WWF, TNI-Polri Gelar TFG Gabungan
Polri Gagalkan Penyelunduan 91 Ribu Benih Lobster ke Luar Negeri
Resimen Laksmana Satya Prakasha SIP 53 Ikuti Gladi Wirottama
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polda Bali Gelar Minggu Kasih Bertempat di Hotel taman wisata jalan nangka no 98 Denpasar
Polri Siap Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
Raja Dullah Kota Tual Himbau Warga Jaga Kamtibmas
Kegiatan Gaktiblin oleh BidPropam Polda Kalbar di Satuan Kewilayahan Polres Bengkayang
Press Release : Ditresnarkoba Polda Gorontalo Kembali Mengungkap Kasus Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika
Jaga Keamanan World Water Forum di Bali, Polda NTB Gencarkan Patroli di Kawasan Pelabuhan
Lihat Semua
WordPress Lightbox