[language-switcher]
Beranda  Berita

RAPAT KOORDINASI BERSAMA STAKE HOLDER DENGAN DISPERINDAG KOTA SINGKAWANG

Polda Kalbar Polres Singkawang Humas Polres Singkawang – Dalam rangka membahas rencana penempatan sementara pedagang pasar Beringin Kec. Singkawang Tengah Kota Singkawang, dilaksanakan Rapat koordinasi bersama stake holder dengan DisperindagKop Kota Singkawang, Selasa ( 23/11/2021 ) pukul 13.45 Wib s.d 16.00 Wib.

Personil yang melaksanakan kegiatan adalah Kasat Lantas Polres Singkawang Akp. Syaiful Bahri, S.Ip., M.Sos, selaku penanggung jawab dan KBO Sat Lantas Polres Singkawang Iptu. Jamian, berdasarkan Surat Undangan dari Disperindag Koperasi Kota Singkawang Nomor : 005 /196/ DAG /2021 tanggal 22 Nopember 2021 tentang Rapat Koordinasi dan Sosialisasi rencana Penempatan Terminal Bengkayang sebagai tempat sementara pedagang Pasar Beringin.

Kasat Lantas Polres Singkawang Akp. Syaiful Bahri, S.Ip., M.Sos, selaku penanggung jawab mengatakan bahwa kegiatan Rapat dipimpin oleh Kadisperindag Kop dan UKM Kota Singkawang, Drs. H. Muslimin, M.Si.

Dalam kesempatan tersebut Kadisperindag Kop dan UKM Kota Singkawang, Drs. H. Muslimin, M.Si. menyampaikan beberapa hal antara lain mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan dan stake holder.

Rapat yang dilaksanakan sekarang ini adalah merupakan tindak lanjut visi dan misi Walikota Singkawang sejak 4 tahun yang lalu, tahapan perencanaan revitalisasi Pasar Beringin sudah berjalan 2 tahun, diantaranya pembangunan turap beton kerangka di pinggir Sungai Pasar Beringin.

Aktifitas Pedagang yang terdampak Turap Beton pinggiran tetap harus melaksanakan aktifitas perdagangan.

Tahun 2022 akan dibangun Pasar Beringin yang akan dikerjakan oleh pihak ketiga, dengan perencanaan pihak Pemkot Singkawang dan sebelumnya akan dibangun Pasar Sementara berlokasi di Terminal Beringin dengan kapasitas daya tampung 393 lapak pedagang sesuai dengan rencana.

Pembangunan Pasar Beringan sementara direncanakan akan mulai di bangun sekitar bulan Januari 2022 dan diusahakan selesai akhir Pebruari 2022 dan seiring selesainya Bangunan Pasar Sementara, maka para pedagang Pasar Beringin akan dipindahkan sesuai kapasitas lokasi baru.

Kepada stake holder dimohon untuk memberikan solusi alternatif lokasi pemindahan terminal, penataan parkir, rekayasa arus lalin.

Rencana Tim bersama stake holder akan survey lapangan dalam rangka rekayasa arus lalin dan penentuan sementara lokasi Terminal pengganti terminal Bengkayang, direncanakan Senin 29 Nopember 2021.

Rencana Pembangunan Pasar Beringin Baru oleh Pemkot akan dilakukan kerjasama dengan pihak ketiga guna pembangunan selanjutnya.

Sekdis Perhubungan Drs. Awang Herman, M.Si., pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa menyambut dengan baik rencana pembangunan Pasar Beringin baru, dan harus memperhitungkan kapasitas daya tampung bangunan pasar sementara guna menampung pedagang lapak yang ada di pasar Beringin.

Memperhitungkan kapasitas sementara angkutan barang/bus Singkawang -Bengkayang karena ini akan menjadi efek domino bagi perekonomian di Kota Singkawang, serta penataan lokasi parkir bagi masyarakat yang yang melakukan belanja dilokasi pasar Beringin sementara.

Agar seluruh pedagang Pasar Beringin tertampung di lokasi Pasar Beringin Sementara supaya tidak adanya pedagang yang berjualan baik diruas jalan maupun di lokasi lain yg dapat mengganggu aktifitas masyarakat pengguna jalan.

Pihak konsultan An. Hermawan menyampaikan beberapa hal antara lain adalah bahwa Kios akan dibangun di lokasi Terminal Bengkayang sebanyak 393 los/kios.

Kontruksi bangunan tiang kayu Somah, atap Daun Sagu dan lantai papan ( untuk antisipasi banjir/becek ).

Space sebelah kanan 3,5 M untuk mobil selisih dan bongkar muat barang.

Perwakilan Camat Singkawang Tengah Bpk Abdul Hamid, pada kesempatan tersebut juga menyampaikan beberapa hal antara lain adalah bahwa pada dasarnya mendukung rencana perbaikan Pasar Beringin, namun wajib memperhatikan kesiapan lokasi baru pindahan serta tertampungnya para pedagang.

Perlunya sosialisasi yang berkelanjutan oleh Tim kepada para pedagang maupun pemilik Ruko guna mengantisipasi gejolaknya para pedagang dan ketidak puasan dengan lokasi yang baru sebagai lokasi sementara.

Perwakilan Sat Lantas, Iptu Jamian ( KBO Lantas ) menyampaikan bahwa perlunya dilakukan survei dilapangan bersama dengan forum Lalu Lintas guna menentukan lokasi pindahan terminal Bengkayang, dan lokasi parkir bagi pedagang, masyarakat yang belanja maupun kendaraan yang melakukan bongkar muat bagi para pedagang.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Polri Kerahkan Kendaraan Listrik untuk Pengamanan World Water Forum ke-10 di Bali
Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Personil Polsek Dayeuhkolot Laksanakan Patroli Dialogis dan Ajak Warga Jaga Kamtibmas
Ciptakan Keamanan, Bhabinkamtibmas Polsek Permata Intan Serukan Imbauan Stop HPUS dan Stop Karhutla
Ciptakan Keamanan, Anggota Polsek Permata Intan Serukan Imbauan Stop HPUS dan Stop Karhutla
Ciptakan Keamanan, Personel Polsek Permata Intan Serukan Imbauan Stop HPUS dan Stop Karhutla
Ciptakan Keamanan, Bhabinkamtibmas Polsek Permata Intan Serukan Imbauan Stop HPUS dan Stop Karhutla
Bripka Heri Marditya Bhabinkamtibmas Desa Margamulya Aktif Sambangi Warga BinaanJaga Kamtibmas Aman
Lihat Semua
WordPress Lightbox