[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolres Bengkayang Beri Arahan Kepada Panitia Pilkades Kabupaten Bengkayang

Polres Bengkayang – Kabupaten Bengkayang akan menggelar pesta demokrasi tingakt desa atau Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2021 yang akan digelar pada 20 Desember mendatang. Sebanyak 36 desa dengan 12 kecamatan di Kabupaten Bengkayang ikut melaksanakan Pemilihan Kepala Desa.

Untuk meningkatkan pemahaman dan mekanisme pelaksanaan Pilkades, Pemerintah Kabupaten Bengkayang melalu Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Dasa dan Daerah Tertinggal melakukan pemebekalan kepada panitia Pemiihan Kelapa Desa, Rabu (24/11/21) di Wisma Jovan.

Kapolres Bengkayang AKBP Arif Agung Winarto, S.I.K menyampaikan bahwa Kepolisian berperan dalam pemeliharaan keamanan pada saat Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa.

“Polri tidak tiba-tiba datang karena dia instansi pemerintah, jadi keterlibantan kita berdasarkan undang-undang karena pemilihan kepala desa itu menimbulkan gangguan keamanan. Bisa intimidasi, bias ketidaknetralan kemudian kecurangan, pengrusakan, konflik dan lain sebagainya”, katanya.

Kapolres Bengkayang juga mengatakan bahwa Polri tidak terlibat langsung dalam Pemilihan Kepala Desa.

“Kami anggota Polri tidak terlibat secara teknis bagaimana skema pemilihan kepala desa itu berjalan Apabila ada anggota kami yang tidak netral laporkan kepada kami. Polri harus netral tidak boleh terlibat langsung tahapan-tahapan pemilihan kepala desa”, ucap Kapolres.

“Tugas kami hanya ini, ketika dalam pemilihan kepala desa apabila ada gangguan keamanan suatu pelanggaran hukum, barulah Polri dapat dilibatkan”, tambahnya

Ia berharap kepada para panitia Pilkades untuk semaksimal mungkin bekerja agar pesta demokrasi Pilkades dapat berjalan dengan lancar.

“Saya sebagai Kapolres berharap kepada rekan-rekan panitia, kita bikin pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa semaksimal mungkin agar situasi dan kondisi Kabupaten Bengkayang tetap kondusif. Stabilitas keamanan mempengaruhi stabilitas ekonomi. Oleh karena itu kita harus menjaga dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya”, tutup Kapolres.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Polri Siap Amankan Welcoming Dinner Delegasi World Water Forum ke-10 di GWK
Persiapan Polri Amankan Opening Ceremony World Water Forum ke-10 di Bali
DPR Apresiasi Jenderal Sigit Atas Penghargaan Bagi Satrio 
Kegiatan Sterilisasi Polri Jelang Kedatangan Delegasi Hingga Tamu VVIP World Water Forum di Bali
Cek Venue Balinese Water Purification, Polri : Pastikan Pengamanan dan Rute
Perhelatan KTT WWF ke-10 : Posko Satgas Walrolakir Monitoring Pengamanan VVIP & VIP
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polres Barsel Turunkan Personel Pengamanan Pemberangkatan Jemaah Haji 2024
Patroli Malam Personil Polsek Medan Barat layani/bantu masyarakat mobile ke jalan raya dan pemukiman Antisipasi 3C, Balap-Liar, Tawuran dan Kejahatan Jalanan di Wilkumnya
Patroli Presisi/Blue Light Piket Fungsi Polsek Medan Barat di Pimpin pawasnya layani masyarakat berikan teguran humanis dan mobile objek rawan antisipasi 3C, Kejahatan Jalanan dan Geng-Motor di Wilayah Hukumnya
Wakapolda Kalbar Pimpin Tactical Wall Game, Susun Strategi Pengamanan Pekan Gawai Dayak Ke-XXXVIII Tahun 2024
Mobil Pick Up Tabrak Sepeda Motor Dari Belakang 1 Orang Tewas.
Bhabinkamtibmas Polsek Batang Tarang Ajak Warga Aktif Jaga Keamanan Lingkungan
Lihat Semua
WordPress Lightbox