[language-switcher]
Beranda  Berita

Bhabinkamtibmas Hadiri Pembuatan Demplot Tanaman Jangka Panjang

IMG 20211129 WA0040

Bhabinkamtibmas Polsek Nanga Taman Bripka Laza menghadiri kegiatan pembuatan Demplot Tanaman Produktif dan Hortikultura oleh KTH Sungai Mancu, Desa Nanga Taman, Senin (29/11/2021).

Penerapan teknologi budi daya jenis tanaman jangka panjang oleh petani umumnya masih parsial, dan anjuran teknologi digeneralisasi di seluruh agroekosistem. Memadukan sejumlah komponen teknologi sesuai dengan kondisi lingkungan tumbuh tanaman diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi produksi, peningkatan produkivitas dan pendapatan petani.

Adapun Jenis tanaman jangka panjang yang ditanam berupa tanaman Lengkeng sebanyak 160, Mangga sebanyak 140, Durian sebanyak 140, Alpukat sebanyak 140, dan Jambu Kristal sebanyak 160 batang.

Bhabinkamtibmas Bripka Laza menjelaskan Demplot atau Demontrasi Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan. Demplot bisa berupa inovasi teknologi budidaya, varietas unggul baru, pemupukan dan lain-lain yang disesuaikan dengan demografi wilayah tersebut.

Berdasarkan identfikasi permasalahan yang ada di lapangan, bahwa rakitan teknologi anjuran yang dilaksanakan dalam kegiatan demplot adalah fokus pada penggunaan benih unggul dan pemupukan berimbang.

Luas Lahan yang dipergunakan kurang lebih 5 Ha, dengan kegiatan demplot yang dilaksanakan, petani dapat langsung melihat dan mempraktekkan inovasi teknologi anjuran, sehingga diharapkan terjadinya perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan petani dalam pelaksanaan budi daya. Selain itu, dengan kegiatan demplot tersebut dapat meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman jangka panjang di Desa Nanga Taman.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Divkum Polri Gelar Rakernis : Penguatan Fungsi Hukum untuk Polri Presisi
Sertifikasi Penyidik Laka Lantas Sangat Penting Untuk Profesional Petugas
Kabaharkam Polri Akan Pimpin Operasi Puri Agung Amankan WWF Ke-10
Polri Gelar Operasi Puri Agung 2024 Amankan WWF Ke-10 di Bali
Wujudkan Peningkatan Ketersediaan Pangan, Kapolri-Mentan Tantadangani MoU
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Bhabinkamtibmas Polsek Medan Kota melaksanakan kegiatan sambang warga di Kelurahan Sudirejo II, tepatnya di Jalan Saudara
Polres Brebes Siapkan Kompi Siaga Kamtibmas Antisipasi Gangguan Kamtibmas Di Akhir Pekan
Kapolda Bersama Personel Laksanakan Olahraga Jalan Sehat Dengan Jarak Tempuh 4 KM
Senyum Bahagia Anak-Anak Hiasi Doa Bersama dan Santunan di Masjid Polres Malang
150 CASIS Pengiriman Polres Bangka Ikuti Tes Kesehatan Tahap Satu
Antisipasi Tindak Kejahatan, Polsek Limbangan Intens Patroli Operasi Knalpot Tidak Sesuai Spesifikasi
Lihat Semua
WordPress Lightbox