[language-switcher]
Beranda  Berita

Polres Labuhanbatu Ungkap Kasus Penggelapan Uang Miliaran Rupiah

Kasus perkara tindak pidana penipuan atau penggelapan bernilai miliaran rupiah diungkap Kepolisian Resor (Polres) Labuhanbatu.

Dalam pengungkapan, polisi menangkap tersangka Muhammad Erwin (27) warga Dusun Sido Selamat, Desa Tebing Linggahara, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu.

“Tersangka mengakui 20 kali melakukan penipuan. Sedangkan laporan ke pihak kepolisian sebanyak 9 kasus,” kata Kapolres Labuhanbatu, AKBP Anhar Arlia Rangkuti, melalui Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu, AKP Rusdi Marzuki, saat konferensi pers di Mapolres Labuhanbatu, Rabu (8/12).

 

Tersangka Erwin sejak bulan Mei 2020 terlibat melakukan perekrutan korban-korban untuk dimasukkan kerja sebagai karyawan BUMN di PT KAI, dan juga untuk dimasukkan sebagai PNS.

 

“Tersangka punya kemampuan meyakinkan para korban. Tersangka berjanji dapat memasukkan para korban untuk diterima dengan alasan para korban harus menyerahkan uang dengan jumlah yang bervariasi untuk dapat diterima bekerja di PT KAI,” sebut Rusdi.

 

Tersangka meminta uang kisaran sebesar Rp 80 juta hingga Rp 100 juta. Pengakuan tersangka, uang tersebut dipakai sebagai uang pelicin untuk diberikan sebagai pengurusan kerja.

 

“Pada kenyataannya adalah tipu muslihat dari tersangka sendiri,” ungkapnya.

 

Setelah para korban menyerahkan dokumen administrasi dan uang pembayaran untuk pengurusan, ternyata para korban tidak pernah diterima masuk bekerja di PT KAI dan juga sebagai PNS.

 

Selain dalam perekrutan para korban tersebut, tersangka juga menggelapkan 1 unit mobil Toyota Avanza BK 1257 YD wama hitam metalik milik korban Jauhari Afandi Marnangkok.

 

“Mobil tersebut dipergunakan tersangka untuk alat transpotasi menemui para korban,” ujar Kasat.

 

Dari kejadian tersebut para korban mengalami kerugian mencapai lebih dari Rp 1 miliar. Pihak kepolisian juga menyita sejumlah barang bukti kejahatan.

 

Tersangka ditangkap dari persembunyiannya di Kota Pekanbaru, Riau, 2 Desember 2021, saat sedang menemani rekanya seorang wanita yang sedang dirawat di RS Santa Maria.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Bali Aman Saat WWF, Akademisi Beri Apresiasi Polri
Kapolda Bali Dampingi Kabaharkam Polri Cek Venue Jatiluwih
Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bali Apresiasi Polri Sukses Amankan WWF
Bareskrim Polri Terus Cari Keberadaan Fredy Pratama
Polri Dinilai Sukses Amankan WWF dan Ikut Mempromosikan Produk UMKM
Keuskupan Denpasar Apresiasi Polri Berhasil Amankan World Water Forum
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Pembukaan Spektakuler Event Lari Gunung Rinjani 100 Ultra 2024 dengan Peserta dari 11 Negara Polres Lotim Lakukan Pengamanan Ketat
Antisipasi C3 Saat Libur, Patroli Siang Polsek Kadipaten Sambangi Satpam Bank Mandiri
Bali Aman Saat WWF, Akademisi Beri Apresiasi Polri
Personil Unit Lantas Polsek Tanah Jawa Amankan Pelaksanaan Sholat Jumat di Mesjid Raya Pekan Tanah Jawa
Polda Lampung Siagakan Dua Helikopter untuk Pengamanan WSL Krui Pro 2024
Jelang WSL Krui Pro, Tourist Police Polres Pesisir Barat Latkatpuan Bahasa Inggris
Lihat Semua
WordPress Lightbox