[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolri Menghimbau Semua Jajaran, Agar Lebih Mendengar Aspirasi Masyarakat

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan pengarahan di Polda Lampung kepada jajaran terkait dengan seputaran situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas), mengenai penanganan covid-19 hingga soal transformasi Polri yang presisi.

Dalam kesempatan itu, Sigit menekankan, seluruh personel kepolisian harus berpartisipasi dan turun ke lapangan, guna menyerap aspirasi dan harapan serta kemauan dari masyarakat. Dengan mendengar langsung aspirasi dari masyarakat, hal itu bisa dijadikan bahan evaluasi atau acuan untuk mewujudkan Korps Bhayangkara yang semakin dipercaya serta dicintai oleh masyarakat.

“Semua jajaran harus datang langsung ke masyarakat guna mendengarkan apa yang mereka inginkan. Bila perlu kumpulkan masyarakat tingkat Polsek, Polres, Polda. Sehingga tahu apa yang harus ditingkatkan. Sehingga akan muncul rasa percaya dari masyarakat,” kata Sigit dalam pengarahannya di Polda Lampung, Selasa (11/1).

Dalam hal ini, instruksi dan arahan yang diberikan bukan hanya harus dijalankan oleh Polda Lampung. Melainkan, seluruh Polda dan personel kepolisian dimanapun, untuk melakukan hal tersebut.

Demi meningkatkan kepercayaan masyarakat, mantan Kapolda Banten itu menegaskan untuk pelayanan publik harus terus ditingkatkan untuk menjadi jauh lebih baik. Agar kedepannya masyarakat merasa nyaman dan senang dengan pelayanan yang berikan.
Sigit menyebut, dalam semangat Polri yang presisi, pelayanan terhadap masyarakat tidak boleh adanya perbedaan, dilakukan dengan cepat, ramah dan humanis. Dengan begitu, kepolisian akan mendapatkan doa dan apresiasi dari warga yang mana itu akan berdampak pada organisasi Polri secara keseluruhan

Sigit mengatakan, Polri harus melakukan pembenahan dan perubahan sehingga  dapat berkembang menjadi lebih baik lagi. Perubahan ini dapat dimulai dengan pembenahan. Kebiasaan yang kurang baik diperbaiki, dan diubah menjadi kebiasaan yang bersifat membangun.

“Kita berbenah kenapa anggota melakukan pelanggaran apakah terkait faktor individu yaitu pemahaman terhadap spiritualnya lemah, pengaruh negatif komunitas, tak mampu menyesuaikan kondisi yang ada dan gaya hidup yang tak sesuai dengan budaya organisasi Polri atau dari faktor organisasi yaitu regulasi yang lemah, kurangnya wawasan literasi, kurang sarana dan prasarana budaya yang harus diperbaiki karena warisan lama mungkin sudah tak cocok. Bukan lagi anak buah layani pimpinan,” papar Sigit.

Terkait penanganan dan pengendalian Pandemi Covid-19, Sigit memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran kepolisian yang tidak kenal lelah berada di garis terdepan dalam hal tersebut. Namun Sigit tetap mengingatkan untuk tidak abai dan lengah, apalagi saat ini varian Covid-19, Omikron sudah masuk ke Indonesia.

“Apa yang kita lakukan selama ini bukan pencapaian akhir, saat ini ada Omikron masuk ke Indonesia. Omikron lebih cepat lima kali walaupun tingkat fatalitas tidak setinggi varian Delta,” ujar Sigit.

Oleh karenanya, Sigit meminta agar seluruh personel kepolisian di Indonesia  untuk terus bersinergi dengan seluruh stakeholder melakukan percepatan akselerasi vaksinasi terutama pada masyarakat lanjut usia (lansia) dan anak-anak.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Kapolri Hadiri Pelantikan PP GP Ansor 2024-2029
Caleg Terpilih DPRK Aceh Tamiang Gunakan Uang Sabu untuk Kampanye, Bareskrim Buru Satu Pelaku ke Malaysia
Kapolri Resmikan Komite Olahraga Polri, Wadah Para Polisi Atlet
Percepatan Integrasi Aplikasi Digital, SSDM Polri Kembangkan ‘Satu Data SDM’
Korlantas Polri Resmi Launching SIM Untuk Moge
Dankorbrimob Polri Dilantik Sebagai Ketua Cabor Akurasi Menembak dan Terjun Payung
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Patroli Dialogis Sinergintas TNI-POLRI Untuk Menciptakan Situasi Kamtibmas Aman dan Nyaman bagi Warga Binaannya
206 Personil Gabungan Polresta dan Polda Jambi Siap Amankan Peluncuran Pilkada Serentak Tahun 2024 Di Provinsi Jambi.
Humanis, Sat samapta   Polres Cimahi Patroli Dialogis Beri Imbauan Kamtibmas kepada masyarakat
Polsek Arahan Monitoring Penyaluran Bansos Beras
Operasi Sikat Musi, Polsek Baturaja Timur Ungkap Kasus Tentang Jaminan Fidusia
Arahan Apel Pagi, Kapolres Minsel : Tidak ada yang sempurna, Sayangi Keluargamu
Lihat Semua
WordPress Lightbox