[language-switcher]
Beranda  Berita

“Sistem Jebol” Terbukti Ampuh di 3 Kecamatan, Cek Hasilnya..!

Sumbar – Bola terus dilakukan setiap hari dalam Sumdarsin (Sumatera Barat Sadar Vaksin) oleh personel Polres Pessel bersinergi dengan Pemda Kabupaten Pesisir Selatan.

Tak mau masyarakat kebobolan tidak mendapatkan vaksin Kapolres berikan intruksi “Jebol” Jemput Bola kepada personelnya untuk segera mendatangi calon peserta vaksinasi, guna melindungi masyarakat dimana mobilitas masyarakat tinggi, seperti bekerja ke ladang, kantor, pasar maupun aktifitas pengguna akses jalan raya umum di kabupaten pessel.

Hal ini terbukti ampuh untuk segera masyarakat untuk vaksin, karena diberikan pemahaman dan petugas hadir langsung mendampingi pelaksanaan vaksinasi.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Sri Wibowo, S.I.K, M.H dengan percepatan laju vaksinasi untuk Herd Immunity dengan cara terus memotivasi dan menggenjot jajarannya untuk Akselerasi Vaksinasi di Sumatera Barat Sadar Vaksin (SUMDARSIN) di Kecamatan Se-Kabupaten Pesisir Selatan.

Dengan intruksinya Kapolres Pessel keluarkan Surat Perintah Nomor : SPRIN/01/I/HUK.6.6/2022 Tanggal 07 Januari 2022 Tentang Melaksanakan Sumdarsin secara situasional kali ini masih di 3 Wilayah yakni Polsek Koto XI Tarusan, Polsek Bayang dan Polsek IV Jurai yang setiap hari diakselerasi.

Untuk Polsek Koto XI Tarusan dilakukan cek by name by address kerumah-rumah dan mobilitas bersama nakes ke nagari-nagari.

Untuk Polsek Bayang diberlakukan Razia Operasi Yustisi Sertifikasi vaksin di Jalan raya api – api dan taluak lokan kecamatan bayang.

Untuk Polsek IV Jurai diberlakukan Razia Operasi Yustisi Vaksinasi di jalan raya Padang-Bengkulu tepatnya di Pincuran Boga depan Gor Zeni Zen ada 2 titik lajur atau 2 tim.

Dalam razia, bagi yang belum bersertifikasi vaksin akan langsung di vaksin ditempat, tentunya melalui screening nakes terlebih dahulu hal ini berlangsung sampai sore hari.

Khusus Polsek IV Jurai ditambah dengan percepatan vaksinasi di seluruh kampung di kecamatan IV Jurai dibagi sebanyak 36 Tim masing-masing tim sebanyak 2 orang yang mendata by name by address, bagi masyarakat yang sakit atau komorbit akan didatakan sedangkan bagi yang menolak vaksin di nyatakan dengan menandatangani surat pernyataan menolak vaksin.

Hal ini dilakukan sesuai dengan Perpres Nomor 14 Tahun 2021 tentang pengadaan dan pelaksanaan vaksin serta undang-undang No. 4 Tahun 1984 tentang wabah penyakit menular.

Percepatan vaksinasi Untuk menekan laju masyarakat terpapar COVID-19, makanya ini harus dilakukan segera, apalagi bagi lansia sangat penting, usia rentan terpapar virus ini.

Dalam arahan beliau surat perintah ini untuk mengakselerasi Percepatan Vaksinasi didaerah tersebut yang mana masih rendah dalam pencapaiannya dengan 3 komponen penting dalam akselerasi vaksin yakni turun ke nagari-nagari mendorong masyarakat agar segera vaksin, menyediakan vaksinator dan ketersediaan vaksin yang aman, halal dan steril.
Polres Pesisir Selatan menggelar vaksinasi di 3 Wilayah hukum Polsek tersebut dibantu oleh semua fungsi atau semua personel Polres Pessel lainnya untuk mempercepat vaksinasi khususnya di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kecamatan Bayang dan Kecamatan IV Jurai di Kabupaten Pesisir Selatan.

Untuk jumlah keseluruhan sebanyak 139 personel polres ditambah personil 3 polsek yang di pimpin oleh beberapa Perwira dilapangan termasuk Dokter dan Vaksinator dari Dinas Kesehatan Kab. Pessel.
Data yang dihimpun Humas Polres Rabu 19 Januari 2022 yang di rangkum dari Data Bag Ops dengan capaian tertinggi di peroleh Polsek Koto XI Tarusan dengan rincian sebagai berikut Polsek Koto XI Tarusan jumlah 306 Dosis dengan rincian Dosis I jumlah 110 orang, Dosis II jumlah 196 orang dan Dosis III 0 orang, Polsek Bayang jumlah 142 Dosis dengan rincian Dosis I jumlah 32 orang, Dosis II jumlah 110 orang dan Dosis III 0 orang, Polsek IV Jurai jumlah 187 Dosis dengan rincian Dosis I jumlah 50 orang, Dosis II jumlah 137 orang dan Dosis III 0 orang.

Kegiatan dilaksanakan sesuai Standar Operasi Pelaksanaan Vaksinasi melewati pemeriksaan data, screening oleh Nakes dan penginputan data secara digital, terakhir observasi KIPI pasca vaksin selama 30 menit semuanya berjalan lancar dan aman.

Kapolsek Koto XI Tarusan IPTU Masdi, Kapolsek Bayang AKP M. Thamrin, SH, M.M dan Kapolsek IV Jurai AKP Zulhermansyah, SH kompak menjelaskan kepada humas kegiatan ini sangat kami apresiasi sekali sesuai perintah Bapak Kapolres.

Personel polres sangat membantu sekali dalam percepatan ini karena penyebaran penduduk di wilayah kami yang tidak merata dan lokasi yang jauh bahkan terisolir dan mengoptimalkan serta mensinkronkan data masyarakat yang belum tersentuh vaksinasi.
Bagi yang belum divaksin didatangi langsung dan diberikan surat undangan sebagai pengantar ke gerai-gerai vaksinasi terdekat bahkan ada spontan minta diantar langsung ke gerai vaksinasi.

Kami bersama Forkopimca, tenaga kesehatan dan kawan-kawan dari Koramil setempat sangat berterima kasih sekali dapat bersinergi dengan pemerintahan nagari, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar segera dilakukan vaksinasi, bahkan dilaksanakan hingga malam hari karena ada sebahagian masyarakat yang beraktivitas bertani dan berladang pulangnya sore hari, akan tetap kami layani, ujar para Kapolsek.

Hal ini semata-mata untuk kesehatan masyarakat sendiri untuk wujudkan Herd Immunity di Kecamatan dan umumnya Kabupaten Pesisir Selatan yang akan memutus mata rantai penyebaran pandemi, disamping vaksinasi masyarakat belajar peduli akan sesama karena dengan kebersamaan itulah kita bisa menghadapi pandemi.

Kegiatan ini akan terus berlanjut sesuai intruksi Kapolres sampai capaian vaksinasi 100%, ayo bersama kita mendukung program nasional menuju Indonesia tangguh dan tumbuh serta perekonomian masyarakat kembali pulih.
Harapan kami masyarakat menyadari pentingnya vaksinasi dan ikut bersama – sama bahu membahu bergotong royong memerangi pandemi dengan pakai masker dan segera vaksin. Tutupnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Polri Kerahkan Kendaraan Listrik untuk Pengamanan World Water Forum ke-10 di Bali
Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Kapolsek Siak Hulu Terus Laksanakan Giat Jum’at Curhat Dan Bakti Sosial Berbagi Sembako Bersama PT. ABL
Pastikan Perairan Sibolga Kondusif, Satuan Polairud Polres Sibolga, Aktif Laksanakan Patroli.
Cegah Kejahatan Pada Malam Hari, Personel Polsek Kawasan Bandara Kualanamu Laksanakan Patroli Blue Light
Truk kontainer muat meubel terlibat laka di depan PT. Apac Inti.
Piket Pawas Polresta Deli Serdang Periksa Kehadiran Personel Piket Serta Rutin Cek Dan Mengontrol Ruang Tahanan
Polres Sibolga Laksanakan Jumat Curhat, Tampung Curhatan Masyarakat.
Lihat Semua
WordPress Lightbox