[language-switcher]
Beranda  Berita

Mimpi MRF Jadi Polisi Kandas, Rp 150 Juta Raib

MRF (20 tahun) harus membunuh mimpinya untuk menjadi Polisi. Pasalnya, warga Pekanbaru yang sempat gagal dalam tes psikologi ini, mendapat rayuan bisa ditolong. Kenyataannya, uang Rp 150 raib, dan pertolongan tak kunjung datang.
Seorang Ibu rumah tangga (IRT) berinisial R (41), yang berjanji mewujudkan mimpi MRF, dan kini R berhasil diringkus Polisi dengan dugaan menipu korbannya dengan iming-iming jaminan lolos menjadi anggota polisi.Kapolsek Tampan, AKP I Komang Aswatama, mengatakan, dalam aksi penipuan itu R berhasil menggondol uang korbannya hingga Rp150 juta.
“R kami tangkap setelah menerima laporan penipuan dari korban. Modusnya dengan cara menjanjikan masuk Polri,” ungkap Komang, Rabu (26/1/2022).

Dijelaskan Komang, aksi penipuan itu terjadi pada 2020 lalu. Saat itu korban yang gagal dalam tes psikologi kemudian didatangi tersangka, dan menawarkan bantuan dengan iming-iming korban dijanjikan akan diberangkatkan pendidikan Tamtama Brimob. R juga menyebutkan, korban tidak perlu mengikuti tes tahap awal.“Tersangka pelaku mengiming-imingi dan bilang bisa korban ikut pendidikan Polri tanpa ikut tes lagi. Pelaku minta sejumlah uang imbalan dengan alasan kenal panitia penerimaan, katanya nanti masuk lewat jalur sisipan,” ungkap Komang.

Keluarga korban yang tergiur kemudian mempercayai tersangka pelaku. Uang diperkirakan senilai Rp150 juta itu diberikan kepada tersangka pelaku secara bertahap.“Pengakuan korban sudah ratusan juta, hampir Rp 150 juta dan dibayarkan cash sama transfer secara bertahap, tapi untuk yang bisa kita buktikan baru Rp 62 juta. Itu diakui pelaku,” ujar Komang.
Komang mengungkapkan, berdasarkan keterangan pelaku, dia juga diberi janji oleh seseorang yang menjamin korban untuk dapat lolos. Dan uang yang diperoleh dari korban rencananya juga akan diberikan kepada orang tersebut.
“Kata tersangka pelaku ada orang lain yang janjikan. Siapa orang ini nanti kita kejar, yang jelas ini sangat mencederai institusi Polri,” pungkas Komang.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Imam Besar Masjid Istiqlal Apresiasi Polri Atas Keberhasilan Pengamanan Mudik
TNI-Polri Gelar Apel Pasukan Pengamanan World Water Forum Ke-10 di Bali
Apel Gelar Pasukan Ops Puri Agung 2024, TNI-Polri Siap Amankan WWF Ke-10
Pesan Korlantas ke Personel: Jaga Adat Istiadat Bali Selama Gelaran KTT WWF
Survei Indikator : Peran Polantas dan Informasi Publik Beri Kepuasan Mudik
Polri Buru 2 Buron WNA Ukraina Terkait Kasus Narkoba di Bali
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Dua Penghargaan Diraih Polres Sekadau dalam Rakernis Kehumasan di Polda Kalbar
Bhabinkamtibmas Polsek Dramaga Sambang Dengan Warga Masyarakat Desa Sukadamai Menyampaikan Himbauan Kamtibmas.
Sinergitas TNI-Polri di Nanga Mahap Berikan Pelatihan Linmas Desa Tembesuk
Bhabinkamtibmas Desa Bojongloa Rancaekek kunjungi warga sekaligus sampaikan pesan kamtibmas secara humanis
Spiritual di Balik Jeruji, Polres Sekadau Bina Rohani dan Mental Para Tahanan
Bhabinkamtibmas Bersama Babinsa Desa Sukamulya Rancaekek binluh kamtibmas kepada warga binaan
Lihat Semua
WordPress Lightbox