[language-switcher]
Beranda  Berita

Polsek Cepiring Perketat Pengawasan Pedagang Hewan Ternak Cegah PMK

KENDAL – Kapolsek Cepiring AKP Agung Setio Nugroho bersama Anggota melaksanakan kegiatan pengecekan dan pengawasan hewan ternak berkuku belah dua (sapi) antisipasi penyebaran wabah virus PMK di pedagang ternak Pasar Wagean Desa Gondang Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal, Selasa (12/07/2022).

Sosialisasi dan pengecekan terkait adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi, kambing, domba, dengan ciri ciri hewan ternak yang terjangkit PMK diantaranya adalah suhu badan tinggi diatas 40 derajat, mulut luka seperti sariawan, lidahnya menjulur dan keluar air liur sampai berbusa, tidak ada nafsu makan, luka pada mulut dan area sekitar kuku, kuku lepas, tidak bisa jalan bahkan lumpuh.

Menurutnya, kita harus mewaspadai penularan dan penyebaran penyakit PMK yang menyerang hewan ternak. Hal itu karena sudah adanya beberapa hewan ternak yang terjangkit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) di wilayah Kecamatan Cepiring, sehingga perintah pimpinan kami harus memperketat pengawasan atas keluar dan masuknya penjualan hewan ternak di pasar hewan Wagean Desa Gondang.

Kapolsek Cepiring AKP Agung Setio Nugroho menyampaikan pemeriksaan kesehatan hewan ternak. Ini dilakukan karena sedang mewabah penyakit mulut dan kuku.

Penyakit ini yang menyerang hewan ternak warga, yang diketahui sangat mudah dan cepat dalam penularanya. Meskipun bisa disembuhkan dan dipastikan tidak akan menular pada manusia.

“Pedagang hewan ternak di pasar Wagean harus tetap waspada, karena bisa jadi manusia yang menularkan penyakit ini pada hewan ternak, ” jelas AKP Agung Setio Nugroho.

Polsek Cepiring siap membantu Dinas Peternakan sebagai leading sector terkait adanya penyakit mulut dan kuku (PMK).

” Kami siap membantu dinas terkait melakukan pengecekan ketat terhadap proses perdagangan hewan ternak agar penyakit ternak tersebut tidak terjadi di wilayah Kecamatan Cepiring”, pungkas Kapolsek Cepiring.

Kapolsek Cepiring menambahkan telah memerintahkan kepada Bhabinkamtibmas di lapangan, untuk lebih besinergi dengan Dinas Peternakan dan petugas kesehatan hewan dilapangan untuk melakukan tracing dan pengecekan apabila ditemukan penyakit PMK.Selain itu, melakukan tindakan cepat dan tepat guna mencegah penyebaran penyakit tersebut.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Jelang WWF ke-10, Kabaharkam Polri Pimpin Rakor
Korlantas Polri: Pelat Khusus ZZ Tidak Kekebalan Aturan Ganjil-Genap di Jakarta
Polri Siapkan 10 Satgas Amankan World Water Forum Ke-10 di Bali
Polri Turunkan 5.791 Personel Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
Polri Sebut Gangguan Kamtibmas dan Laka Lantas Menurun Saat May Day
Pererat Hubungan Kerja, Dankorbrimob Terima Kunjungan DSS ATA Kemenlu Amerika Serikat
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Kapolsek Sukorejo Gelar Curhat Kamtibmas bersama Lurah seKecamatan Sukorejo
Sitkamtibmas Perairan Sibolga Kondusif, Satuan Polairud Polres Sibolga, Aktif Laksanakan Patroli.
Cooling System Hasil Keputusan MK Oleh Bhabinkamtibmas Kutowinangun Kidul Saat Pertemuan PKK
Sie Dokkes Polresta Surakarta Lakukan Cek Kesehatan Rutin Anggota Polsek Jajaran
"TNI-POLRI Bersatu dalam Upaya Pendidikan Agama: Berikan Dukungan Penuh pada Wisuda Tahfidz di Kuningan"
Bhabinkamtibmas Sidaraja Berikan Pembinaan Kamtibmas kepada Pelajar SMPN 1 Ciawigebang dalam Latihan Paskibra
Lihat Semua
WordPress Lightbox