[language-switcher]
Beranda  Berita

Bhabinkamtibmas Sosialisasi Jangan Terlibat Judi, Narkoba dan Perbuatan Yang Melanggar Hukum Yang Menjadi Atensi Kapolres Pessel.

Polres Pessel – Visi Presisi yang diusung Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo. M.Si.

Presisi yang merupakan singkatan dari prediktif, responsibilitas, transparasi, dan berkeadilan membuat pelayanan dari kepolisian lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat. Rabu 24 Agustus 2022.

Dalam merayakan HUT Ke-77 RI para Bhabinkamtibmas jajaran sukses baik dalam persiapkan Paskibra maupun jalannya upacara Penaikan dan Penurunan Bendera Merah Putih di Kecamatan Se-Kabupaten Pessel.

Melalui Bhabinkamtibmasnya pelayanan kepolisian lebih optimal dengan sambangi warga binaannya guna silaturahmi terus terjalin harmonis, rutinitas ini terus menerus dilakukan Bhabinkamtibmas Polres Pessel yang tersebar di 11 Polsek Jajarannya.

Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak kepolisian di kewilayahan, peran dan tugasnya tidak bisa di pandang sebelah mata, mengingat kewajibannya yang selalu hadir di tengah tengah masyarakat.

Dan membantu menyelesaikan memecahkan berbagai masalah (Problem Solving) yang dialami oleh warga binaannya, mulai dari pribadi dan umum, seperti masalah ekonomi sampai ke imunisasi atau vaksinasi.

Bhabinkamtibmas Polsek 11 Jajaran yang terintegrasi di nagari Se-Kab. Pessel menyambangi atau mendatangi sambil menyampaikan pesan kamtibmas ke warga binaanya di Nagarinya masing-masing usai melaksanakan apel pagi di Polsek.

Tidak hanya di hari dinas rutin namun di hari libur dan minggu, Bhabinkamtibmas tetap berkunjung silaturahmi dengan warga masyarakat binaannya dalam hal sosialisasi penerimaan Tamtama Polri Th. 2022 gencar di lakukan dengan cara memasang plakat penerimaan anggota polri di pusat keramaian seperti pasar, toko, kedai minuman agar diketahui masyarakat banyak dan animo masyarakat semakin banyak, dengan himbauan masuk polisi gratis tanpa dipungut biaya.

Pendaftaran ke link http.penerimaan polri.go.id

Dalam hal atensi Kapolres Pessel terkait Perjudian, Narkoba, Ilegal Logging, Ilegal Minning, Penyalahgunaan BBM dan Elpiji, akan ada penindakan tegas, juga di sosialisasilan oleh para Bhabinkamtibmas, agar masyarakat jangan mau terlibat dalam pelanggaran hukum.

Ada juga yang memonitor pengawasan distribusi pupuk ke kios – kios resmi guna memastikan ketersediaan pupuk untuk petani di wilayah binaannya dan ada juga yang mendatangi salah seorang rumah warga yang tidak layak huni bersama perangkat nagari di Kec. Bayang Kab. Pessel, yang mana ini akan dicarikan solusinya bersama nagari seperti pendataan bedah rumah nantinya.

Door To Door System merupakan kegiatan sambang atau kunjungan dari satu rumah ke rumah lainnya yang secara rutin dilakukan oleh Bhabinkamtibmas untuk menjalin kemitraan dengan warganya guna mencari informasi yang berkembang sekaligus menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.

Bhabinkamtibmas ini melihat langsung setiap hari bagaimana kondisi masyarakat dan apa yang harus dilakukan untuk masyarakat, mencari solusi bersama menjaga harkamtibmas dinagarinya.

Oleh sebab itu Bhabinkamtibmas selalu berkoordinasi dengan Wali Nagarinya supaya mempertimbangkannya untuk bisa membantu keluhan masyarakat tersebut dan ikut terjun melihat situasi kondisi dilapangan.

Himbauan tentang Keselamatan Berlalu lintas juga dilakukan, masyarakat diminta patuhi aturan berlalu lintas demi tekan angka kecelakaan serta himbauan kepada peternak terkait penyakit mulut dan kuku agar menjaga kesehatan dan kebersihan ternaknya apalagi permintaan untuk hewan kurban di idul adha tentunya meningkat.

Terkait cuaca ekstrem akhir – akhir ini yakni hujan deras melanda kabupaten pessel masyarakat dihimbau selalu waspada akibat intensitas hujan yang tinggi bisa mengakibatkan banjir.

Serta para Bhabinkamtibmas juga ikut mendampingi posyandu di wilayahnya dalam rangka bulan imunisasi anak dan memantau pembangunan yang menggunakan dana desa agar berjalan berkesinambungan sesuai perencanaan dan ikut terjun melakukan gotong royong bersama masyarakat binaanya.

Serta mendatangi warga masyarakat binaannya yang sedang beraktifitas keseharian, sambil memberikan himbauan kamtibmas, seperti menjaga hutan dari kerusakan.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Novianto Taryono, SH, S.I.K, M.H mengatakan bahwa kegiatan Bhabinkamtibmas di Kenagarian – kenagarian tersebut merupakan langkah-langkah yang sangat positif dan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang dibinanya, karena mereka berada ditengah masyarakat tentulah mengerti dan paham keadaan masyarakat terkininya.

Tak itu saja, tapi juga mengandung nilai-nilai kekeluargaan dengan satu semangat menginginkan masyarakat terbantu dalam masa pandemi ini dan terjalinnya silaturahmi yang baik antar masyarakat itu sendiri.

Dan juga bernilai ibadah ikut membantu masyarakat yang perlu pertolongan karena ini adalah termasuk kebijakan dari Kapolri yang harus kami aplikasikan kedalam tugas sehari hari dan kepada masyarakat sebagaimana dimaksud program Presisi yang merupakan singkatan dari prediktif, responsibilitas, transparasi, dan berkeadilan membuat pelayanan dari kepolisian lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat.

Hal ini sedikit mungkin meringankan beban hidup masyarakat dalam masa pandemi, serta menumbuh kembangkan rasa “gotong royong” bahu membahu ditengah kesulitan masyarakat, sesuai dengan Motto Bhabinkamtibmas “”VIGILANT QUIESCANT” (Kami berjaga sepanjang waktu, agar masyarakat Tenteram), kata Kapolres Pessel.

Kasat Binmas AKP Zulhermansyah, SH sebagai kepala pembina fungsi Binmas menambahkan, dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan mengingatkan agar selalu memperhatikan Protokol Kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dengan cara senantiasa menerapkan 5 M yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobilitas dan ditambah dengan Himbauan Vaksinasi dosis lengkap.

Tak itu saja peran Bhabinkamtibmas menyampaikan trik dan tips agar terhindar dari kejahatan dan bencana alam seperti menambahkan kunci pengaman pada barang berharga dan antisipasi Karhutla karena sebagian besar masyarakat banyak yang petani disamping nelayan serta tak kalah penting mengantisipasi penyalahgunaan narkoba.

Tak lupa juga Bhabinkamtibmas menyampaikan situasi yang berkembang saat ini banyaknya masyarakat yang terjerumus di dalam organisasi yang terlarang seperti NII, KMI dan sejenis, faktanya hal itu tidak sesuai dengan Undangan – undang yang berlaku, akan memecah belah bangsa karena Indonesia adalah dalam satu bingkai yaitu NKRI. Tutup Kasat Binmas.

Selama kegiatan berlangsung kondusif dengan terjalin situasi aman dan penuh rasa kebersamaan serta kekeluargaan sesuai dengan adat istiadat Minangkabau.

Bhabinkamtibmas selalu berupaya maksimal untuk memelihara kamtibmas dan mendorong kemajuan nagari-nagari binaannya, sesuai dengan Mottonya “VIGILANT QUIESCANT” (Kami Berjaga Sepanjang Waktu, Agar Masyarakat Tenteram). by humas.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Jelang WWF ke-10, Kabaharkam Polri Pimpin Rakor
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polsek Kurun Prioritaskan Keselamatan Masyarakat dari Kebakaran Hutan
Debit Air Terkendali: Personel Polsek Kurun Berikan Rasa Aman pada Warga
Polsek Sepang Ajak Warga Peduli hingga Pungutan Liar Punah
Sosialisasi Bahaya Tambang Ilegal oleh Polsek Sepang: Lindungi Sumber Daya Alam
Bhabinkamtibmas Polsek Sepang Perkuat Sosialisasi Bahaya Kebakaran Hutan
Personel Polsek Sepang Siap Siaga dalam Menghadapi Perubahan Debit Air
Lihat Semua
WordPress Lightbox