[language-switcher]
Beranda  Berita

Pastikan Mudik Aman, Polres Kediri Kota Bersama Petugas Gabungan Cek Urine Awak Bus Antar Kota

Menjelang momen mudik lebaran tahun 2024, petugas gabungan dari Satlantas Polres Kediri Kota bersama Dinas Perhubungan Kota Kediri melakukan pengecekan kelayakan kendaraan terhadap bus yang memasuki Terminal Tamanan Kota Kediri, Selasa (2/3/2024). Tak hanya pengecekan, pengemudi atau sopir bus dan kenek menjalani pemeriksaan tes urine yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri.

Dari pantauan lokasi, angkutan umum yang diperiksa petugas gabungan didominasi Bus Harapan Jaya dan Bagong. Pengemudi juga diminta untuk mengeluarkan kelengkapan surat-surat kendaraan seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), STNK, maupun lainnya.

Kasat Lantas Polres Kediri Kota AKP Andhini Puspa Nugraha S.T.K.,S.I.K. mengatakan, pengecekan kendaraan ini merupakan persiapan dalam rangka menjelang mudik lebaran 2024. Sedangkan, tujuan dari pengecekan tersebut untuk memastikan kondisi angkutan umum khususnya bus yang melintas di wilayah Kota Kediri dalam kondisi layak jalan.

“Kita pastikan kendaraan yang beroperasi ini benar-benar layak jalan dalam kondisi baik,” jelasnya.

Dalam pemeriksaan bus, lanjut Andhini, petugas memeriksa bus yang masuk terminal satu persatu mulai dari sistem penerangan, pengereman, kondisi kaca depan, kondisi ban, sabuk keselamatan, pengukur kecepatan, spion, wiper kaca depan, klakson, maupun lainnya. Selain itu, pihaknya juga memberikan imbauan kepada sopir maupun kernet bus agar tetap mengutamakan keselamatan penumpang sampai dengan tujuan.
“Jangan sampai bus-bus ini melakukan pelanggaran seperti melawan arus yang dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” ucapnya.

Selain pengecekan kendaraan, Andhini mengungkapkan, sopir bus juga menjalani tes urine oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri untuk memastikan bahwa mereka tidak terpengaruh alkohol ataupun minuman keras (miras). Hingga saat ini, sementara ada 10 bus yang diperiksa dan masih terus berjalan.

“Untuk hasilnya pengecekan hari ini seperti apa akan kami sampaikan lebih lanjut,” ungkap Kasat Lantas Polres Kediri Kota.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Tingkatkan Kerjasama dengan Kepolisian PBB
Kapolri Tutup Pendidikan Taruna Tk IV Akpol Angkatan ke-55 Tahun 2024
Kerja Sama dengan Interpol Abu Dhabi, Polri Tangkap Warga China Penipu 800 WNI
Senyum Warga saat Hari Jadi Ikatan Keluarga Dhira Brata 1990 ke-34, Berikan Manfaat Besar untuk Masyarakat Luas dengan Bakti Sosial
Bareskrim Polri Limpahkan Kasus Judol dengan 9 Tersangka ke Kejaksaan Semarang
HUT Bhayangkara: Polri Gelar Baksos dan Bansos untuk Anak Yatim dan Yayasan Masjid
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Jalin kemitraan Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Baros sambangi Poskamling Kp. Caringin
Kapolri Mutasi Ratusan Anggota Polri, Irjen Syahardiantono Jadi Kabaintelkam
Program Bantuan Rutilahu Polresta Cirebon Mendapatkan Apresiasi Dari Masyarakat Ds. Curug.
SSDM Polri Gelar Bakti Sosial Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78 di Lahan Pusat Pembinaan SDM UNGGUL Polri
Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polda Kalteng Tanam 14.000 Pohon dan Berikan Beasiswa Bagi Pelajar
Polisi Ajak Pemuda Nongkrong Jaga Kamtibmas di Majalengka
Lihat Semua
WordPress Lightbox