[language-switcher]
Beranda  Berita

Aksi Damai Aliansi Pergerakan Tapanuli di Padang Bolak: Tuntutan Terkait Dana Desa

Padang Bolak, 19 Juni 2024 – Kanit Reskrim Polsek Padang Bolak, IPDA Dani M Sidauruk SH, dan personil Polsek Padang Bolak sukses mengamankan aksi unjuk rasa damai dari Gabungan Aliansi Pergerakan Tapanuli (GAPERTA) pada Rabu, 19 Juni 2024. Aksi ini dilaksanakan sesuai dengan Nomor Sprint: 778 /VI/PAM.3.2/2024 tanggal 14 Juni 2024.

Aksi yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB ini menyasar dua instansi, yaitu Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Padang Lawas Utara dan Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Padang Lawas Utara.

Pukul 10.15 WIB, sekitar 30 orang pengunjuk rasa tiba di Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Padang Lawas Utara. Koordinator Aksi, Didi Santoso, dan Koordinator Lapangan, Stevenson Ompusunggu, memimpin pengunjuk rasa dalam orasi di depan kantor kejari.

Aspirasi GAPERTA:

  1. Meminta Kejaksaan Negeri Tapanuli Selatan untuk memanggil dan memeriksa Kepala Dinas PMD, Camat, dan Kepala Desa se Kabupaten Padanglawas Utara terkait dugaan korupsi dan penyelewengan Dana Desa.
  2. Mendesak Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara (Paluta) untuk segera memproses laporan masyarakat mengenai dugaan korupsi Dana Desa.
  3. Meminta Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara untuk memanggil para oknum penyedia pada pengadaan Pupuk NPK Janjang Mas dan lembaga pelatihan yang melaksanakan Bimtek Desa pada tahun anggaran 2024.
  4. Meminta Kepala Dinas PMD Kabupaten Padanglawas Utara untuk mempertanggungjawabkan dugaan korupsi dan penyelewengan Dana Desa.

Pada pukul 11.15 WIB, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Paluta, Erwin Rangkuti, menerima pengunjuk rasa dan menyampaikan bahwa tuntutan mereka akan diproses oleh Inspektorat sebelum diteruskan ke Aparat Penegak Hukum. Pengunjuk rasa kemudian menyerahkan berkas laporan dan bergerak menuju Kantor Dinas PMD Kabupaten Padang Lawas Utara.

Pukul 11.30 WIB, pengunjuk rasa tiba di Kantor Pemdes Kabupaten Paluta dan melanjutkan orasi. Kasi Pembinaan Masyarakat, Ahmad Ari, menyampaikan terima kasih atas kehadiran mereka dan akan menyampaikan tuntutan kepada pimpinan. Namun, pengunjuk rasa merasa kecewa karena ketidakhadiran Kepala Dinas Pemdes.

Aksi unjuk rasa berakhir pada pukul 12.15 WIB dengan pengunjuk rasa membubarkan diri secara tertib. Situasi selama aksi berlangsung dilaporkan aman dan terkendali.

Polsek Padang Bolak berhasil memastikan bahwa aksi unjuk rasa berjalan dengan damai dan tertib, serta menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar lokasi aksi.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Hari Bhayangkara ke-78 Diharapkan Jadi Momentum Lebih Maksimal Melayani Masyarakat
Hari Bhayangkara ke-78, Ketua Umum PHDI: Semoga Polri Semakin Dicintai Rakyat
HUT Bhayangkara, Ketua Komisi III DPR RI Harap Polri Jadi Pelindung dan Pengayom yang Adil
Menko Marves Ucapkan HUT ke-78 Bhayangkara : Polri Presisi Pilar Penting Menuju Indonesia Emas 2045
Polri Gelar Pesta Rakyat Hari Bhayangkara di Monas Besok, Ada Isyana, Ari Lasso, GIGI Hingga NDX AKA
Jaksa Agung: Hari Bhayangkara ke-78, Sinergisitas Penegakan Hukum Semakin Kuat
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Irjen Pol Ahmad Luthfi; Pada Komunitas 2Tak Salam Satu Jalur Kebersamaan Guyup Rukun
HUT Bhayangkara, Ketua Komisi III DPR RI Harap Polri Jadi Pelindung dan Pengayom yang Adil
Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Walikota Semarang Jalan Sehat Bersama Ribuan Warga Sampangan
Menko Marves Ucapkan HUT ke-78 Bhayangkara : Polri Presisi Pilar Penting Menuju Indonesia Emas 2045
Peringati HUT Bhayangkara ke-78, Irjen Pol Ahmad Luthfi gelar Bhayangkara Run 7,8K
Polri Gelar Pesta Rakyat Hari Bhayangkara di Monas Besok, Ada Isyana, Ari Lasso, GIGI Hingga NDX AKA
Lihat Semua
WordPress Lightbox