[language-switcher]
Beranda  Berita

Pengamanan Aksi Unjuk Rasa Damai oleh Gabungan Aliansi Pergerakan Tapanuli di Padang Bolak

Padang Bolak, 19 Juni 2024 – Kanit Reskrim Polsek Padang Bolak, IPDA Dani M Sidauruk SH, bersama personil Polsek Padang Bolak, melaksanakan pengamanan aksi unjuk rasa damai yang dilakukan oleh Gabungan Aliansi Pergerakan Tapanuli (GAPERTA) pada Rabu, 19 Juni 2024. Pengamanan ini dilakukan sesuai dengan Nomor Sprint: 778/VI/PAM.3.2/2024 tanggal 14 Juni 2024.

Unjuk rasa yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB ini menyasar dua instansi penting, yaitu Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Padang Lawas Utara dan Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Padang Lawas Utara.

Pada pukul 10.15 WIB, pengunjuk rasa yang berjumlah sekitar 30 orang tiba di Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Padang Lawas Utara dengan membawa pengeras suara. Koordinator Aksi, Didi Santoso, dan Koordinator Lapangan, Stevenson Ompusunggu, memimpin massa dalam melakukan orasi.

Aspirasi GAPERTA:

  1. Meminta Kejaksaan Negeri Tapanuli Selatan untuk memanggil dan memeriksa Kepala Dinas PMD, Camat, serta Kepala Desa se-Kabupaten Padang Lawas Utara terkait dugaan korupsi dan penyelewengan Dana Desa.
  2. Mendesak Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara untuk segera memproses dan mengambil tindakan hukum terhadap laporan masyarakat mengenai dugaan korupsi Dana Desa.
  3. Meminta Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara untuk memanggil dan memeriksa oknum penyedia pengadaan Pupuk NPK Janjang Mas dan pihak lembaga pelatihan Bimtek Desa tahun anggaran 2024.
  4. Meminta Kepala Dinas PMD Kabupaten Padang Lawas Utara untuk mempertanggungjawabkan dugaan korupsi dan penyelewengan Dana Desa.

Pada pukul 11.15 WIB, Kasi Intel Kejari, Erwin Rangkuti, menerima pengunjuk rasa dan menyampaikan bahwa tuntutan mereka akan diproses oleh Inspektorat sebelum diteruskan ke Aparat Penegak Hukum. Pengunjuk rasa kemudian menyerahkan berkas laporan dan bergerak menuju Kantor Dinas PMD Kabupaten Padang Lawas Utara.

Sesampainya di Kantor Dinas PMD pada pukul 11.30 WIB, pengunjuk rasa melanjutkan orasi. Kasi Pembinaan Masyarakat, Ahmad Ari, menyampaikan terima kasih atas kedatangan mereka dan berjanji akan menyampaikan tuntutan kepada pimpinan. Staff Pemdes, Ramdhan Siregar, juga menyatakan hal yang sama namun tidak dapat memberikan tanggapan langsung, yang membuat pengunjuk rasa kecewa karena ketidakhadiran Kepala Dinas PMD.

Aksi unjuk rasa ini berakhir pada pukul 12.15 WIB dengan pengunjuk rasa membubarkan diri secara tertib. Situasi selama aksi berlangsung dilaporkan aman dan terkendali.

Polsek Padang Bolak berhasil memastikan bahwa aksi unjuk rasa berjalan dengan damai dan tertib, serta menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Tingkatkan Kerjasama dengan Kepolisian PBB
Kapolri Tutup Pendidikan Taruna Tk IV Akpol Angkatan ke-55 Tahun 2024
Kerja Sama dengan Interpol Abu Dhabi, Polri Tangkap Warga China Penipu 800 WNI
Senyum Warga saat Hari Jadi Ikatan Keluarga Dhira Brata 1990 ke-34, Berikan Manfaat Besar untuk Masyarakat Luas dengan Bakti Sosial
Bareskrim Polri Limpahkan Kasus Judol dengan 9 Tersangka ke Kejaksaan Semarang
HUT Bhayangkara: Polri Gelar Baksos dan Bansos untuk Anak Yatim dan Yayasan Masjid
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Program Bantuan Rutilahu Polresta Cirebon Mendapatkan Apresiasi Dari Masyarakat Ds. Curug.
SSDM Polri Gelar Bakti Sosial Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78 di Lahan Pusat Pembinaan SDM UNGGUL Polri
Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polda Kalteng Tanam 14.000 Pohon dan Berikan Beasiswa Bagi Pelajar
Polisi Ajak Pemuda Nongkrong Jaga Kamtibmas di Majalengka
Bhabinkamtibmas Kelurahan Karang Jati melaksanakan giat sambang/DDS (Door to Door System) dan silaturahmi dengan warga setempat
Anggota Polsek Ciwaringin Lakukan Bakti Sosial Dengan Bersih-bersih Halaman Dan Dalam Masjid Al Barokah Desa Ciwaringin
Lihat Semua
WordPress Lightbox