[language-switcher]
Beranda  Berita

HUT Bhayangkara, Lemdiklat Polri Ungkap Nilai-Nilai Keteladanan Komjen Moehammad Jasin

Jakarta – Setukpa Lemdiklat Polri menggelar sosialisasi keteladanan sosok Komisaris Jenderal Polisi (Purn) DR H Moehammad Jasin. Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Mardiaz Kusin Dwihananto mengatakan agenda ini sebagai wujud nyata untuk memaknai peringatan hari ulang tahun ke-78 Bhayangkara.

“Dengan harapan, ke depan para perwira lulusan SIP akan menjadi sosok Polri yang Presisi dengan meneladani sosok pejuang dan pendiri Polri, salah satunya adalah M Jasin,” kata Brigjen Mardiaz dalam rilis, Kamis (27/6/2024).

Komjen (Purn) DR H Moehammad Jasin adalah tokoh pejuang yang berasal dari Polri. Salah satu aksi yang dilakukannya adalah memproklamasikan Polisi Istimewa atau Tokubetsu Keisatsu Tai menjadi Kepolisian Republik Indonesia, yang sebelumnya Polisi Istimewa adalah Badan Kepolisian bentukan pemerintahan militer Jepang dan Jasin yang menjadi komandannya di Surabaya.

SETUKPA 2 3

Selain itu, M Jasin juga sangat berperan dalam sejarah perkembangan Korps Brigade Mobile (Brimob Polri) sehingga KJP (P) DR H Moehammad Jasin dikenal sebagai Bapak Brimob Polri.

Brigjen Mardiaz menjelaskan, sepenggal kisah tadi merupakan gambaran singkat yang mendasari Setukpa Lemdiklat Polri untuk menggelar sosialisasi keteladanan dari sosok seorang M Jasin bagi para peserta didik Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan ke-53 gelombang I tahun 2024, Resimen Laksmana Satya Praksha (LSP – 53), pada Kamis (27/6/2024) pagi.

Kegiatan sosialisasi ini digelar dalam rangka tindak lanjut program prioritas Kapolri tahun 2021-2024, pada Posko Presisi guna mempersiapkan pengajuan Keppres RI terkait dengan hari juang Polri.

Sosialisasi dipimpin oleh Kabag Bimsis Kombes H Darmanto, selaku pengemban fungsi pembinaan kesiswaan di lingkungan Setukpa Lemdiklat Polri, dan diikuti oleh 1999 Serdik SIP angkatan ke-53 gelombang I Tahun 2024 Resimen LSP -53.

Keberanian, ketegasan, kejujuran, dan keteguhan M Jasin sebagaimana catatan sejarah yang perlu diketahui dan dipedomani oleh seluruh anggota Polri, sebagai sosok teladan salah satu pendiri fondasi Polri, guna melahirkan postur Polri masa depan yang dicintai dan dipercaya masyarakat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polwan Dokter Forensik Sumy Hastry Purwanti Naik Pangkat Brigjen
Kapolri Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 31 Pati Polri
Gelar Doa Bersama Lintas Agama Sambut HUT ke-78 Bhayangkara, Kapolri: Semoga Tugas Polri Diberi Kelancaran
Polri Gelar Doa Bersama Lintas Agama Jelang HUT Bhayangkara ke-78, Kapolri: Kita Berdoa untuk Polri dan Indonesia Emas 2045
Peringati HUT Bhayangkara ke-78, Polri Bagikan Bansos kepada Masyarakat
Korlantas Serahkan SIM D Untuk Disabilitas di Hari Bhayangkara ke 78
Lihat Semua

HUMAS POLDA

CEGAH KEMACATAN DAN TINDAK KEJAHATAN JALANAN PADA SORE HARI, SAT LANTAS POLRES BATU BARA GELAR PATROLI BLUE LIGHT DAN LIVE REEPORT
KAPOLRES BATU BARA HADIRI ACARA PENGANUGERAHAN GELAR ADAT KEPADA NIZHAMUL, S.E., M.M.
Cegah Aksi Tindak Kejahatan Dan Premanisme, Petugas Gabungan Pengamanan Pos Pengamanan Pelabuhan Loktuan Melaksanakan Patroli
Antisipasi Gangguan Kamtibmas Dan Penyalahgunaan BBM , Personil Samapta Polres Bontang Terus Tingkatkan Patroli SPBU
Pawas bersama Piket Fungsi Polsek Medan Barat Patroli Blue Light/Presisi layani/bantu masyarakat mobile ke Objek rawan mencegah Geng Motor, 3C, dan Kejahatan Jalanan di Wilayah Hukumnya
Berjalan Lancar, Polres Bontang laksanakan Pengawalan Logistik Pemilu DPR RI Dapil Kaltim Kota Bontang ke KPU
Lihat Semua
WordPress Lightbox