[language-switcher]
Beranda  Berita

Tipu Korbannya, Pegawai Gadungan Kejaksaan di Probolinggo Diamankan Polisi

 

PROBOLINGGO,- Satreskrim Polres Probolinggo mengamankan pegawai gadungan yang mengaku bekerja di Kejaksaan dan melakukan penipuan dengan menjanjikan pekerjaan kepada korbannya.

Tersangka yakni AEM (34), warga Lumbang, Kabupaten Pasuruan yang bertempat tinggal di Leces, Kabupaten Probolinggo. Sementara salah satu korbannya, DAU (27), warga Bantaran, Kabupaten Probolinggo.

Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana mengatakan, AEM melakukan penipuan dengan menggunakan beberapa identitas palsu yang mengatasnamakan tiga institusi penegak hukum.

“Tiga institusi yang dicatut diantaranya Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, dan Mahkamah Agung,” kata AKBP Wisnu saat konferensi pers di Lobby Mapolres Probolinggo, Rabu (26/6/2024).

Kapolres menjelaskan awal mula AEM melakukan penipuan yakni ketika berkenalan dengan orang tua DAU, pelaku mengaku jika bekerja di Kejaksaan.

Kemudian pelaku menawarkan pekerjaan kepada korban sebagai pegawai Kejaksaan Negeri Kraksaan dengan meminta uang Rp 12 juta, dengan dalih untuk membeli seragam, id card, lencana, dan lain-lain.

“Untuk meyakinkan korbannya, AEM membeli baju seragam kejaksaan, pin, sabuk dan membuat id card melalui online. Karena penampilannya itu, korban kemudian percaya dan mentransfer uang ke rekening pelaku sejumlah Rp 7,3 juta,” tutur Kapolres.

Akan tetapi setelah tiga bulan, korban curiga karena ia bekerja tapi tidak dikantor. Kemudian, ia mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo untuk menanyakan statusnya tersebut.

“Setelah dicek, ternyata korban bukan termasuk pegawai kejaksaan. Karena merasa ditipu korban melaporkan kepada kami, sehingga kami bergerak mengamankan AEM beserta barang bukti di Leces Probolinggo,” ucap Kapolres.

Dikesempatan yang sama Kajari Kabupaten Probolinggo David P Duarsa menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap siapapun yang menawarkan pekerjaan dengan membayar uang terlebih dahulu.

“Untuk saat ini yang sudah melaporkan kejadian penipuan ini terdapat tiga orang. Kami himbau apabila ada korban lain segera datang ke Polres Probolinggo untuk membuat laporan,” ucap Kajari Probolinggo.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Presiden Jokowi Apresiasi Kinerja Polri Menjaga Stabilitas dan Keamanan Negara
Divisi Humas Polri Gelar Khataman Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-78
HUT Bhayangkara ke-78, Kadiv Propam Polri Ingin Polisi Tegas, Humanis dan Merakyat
Kasespim Polri Irjen Chryshnanda Terima 2 Rekor Muri di HUT Bhayangkara Ke-78
HUT Bhayangkara Ke-78, KADIN Apresiasi Kinerja Polri
Polri: Presiden Jokowi Akan Jadi Inspektur Upacara HUT ke-78 Bhayangkara di Monas
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Kapolres Sumenep Ajak Personil Olahraga Bersama dan Jalan Sehat, Sampaikan Terima Kasih Atas Lancarnya Rangkaian HUT Bhayangkara ke-78 Tahun 2024
Bhabinkamtibmas Polsek Medan Kota Aipda R. Suhartoyo melaksanakan kegiatan sambang warga di Jl. Saudara
GOR Joyoboyo Hingga SPBU Menjadi Sasaran Patroli Harkamtibmas Polsek Mojoroto
Wujud perhatian, Polres Bontang laksanakan Upacara Wisuda Purna Bakti Personil Polres Bontang yang memasuki masa pensiun
Inilah Kejutan TNI di Hari Bhayangkara ke-78 di Polsek Pesantren
Bhabinkamtibmas melakukan  sambang dan dds  di Sekolah SMU N 5  Jln. Pelajar Kel. Tel. Timur
Lihat Semua
WordPress Lightbox