[language-switcher]
Beranda  Berita

Polda Kalteng Berhasil Amankan Tiga Tersangka Komplotan Pembobol Sekolah Lintas Provinsi

 

Palangka Raya – Keberhasilan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda] Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam mengungkap kasus tindak pidana pencurian lintas Provinsi di beberapa Sekolah yang ada di wilayah Kalteng dan Kalsel patut diacungi jempol.

Pasalnya, selama kurun waktu empat bulan dari Maret hingga Juni 2024. Ditreskrimum dibawah kepemimpinan Kombes Pol Nurendy Irwansyah Putra, S.IK. M.H. berhasil mengungkap sebanyak tujuh (7) kasus pencurian di tujuh (7) tempat kejadian perkara pada beberapa Sekolah, dengan tiga (3) orang tersangka dan 116 barang bukti.

Hal tersebut, disampaikan langsung Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, didampingi Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng M. Reza Prabowo, Ditreskrimum dan Kabidhumas saat memimpin langsung konferensi pers, di Loby Mapolda setempat, Kamis (4/7/2024) siang.

Kapolda menerangkan, dalam kasus pencurian lintas Provinsi di beberapa sekolah ini setidaknya aparat penegak hukum berhasil mengamankan tiga pelaku, yaitu atas nama AS (33) berasal dari Jakarta, DK (32) berasal dari Bengkulu dan H (30) dari Jawa Barat. Sementara untuk satu (1) pelaku berinisial G masih dalam pengejaran dan saat ini sudah masuk daftar pencarian orang (DPO).

Ketiga pelaku ini terlibat dalam aksi pencurian atau pembobolan di tujuh sekolah. Lima sekolah yang berhasil dibobol berada di wilayah Kalteng yaitu SMAN 3 Bintang Awai di Kab.Barito Selatan, SMAN 1 Tamban Catur, Kab.Kapuas, SMPN 3 Maliku, Kab.Pulang Pisau, SMPN 3 Gunung Timang, Kab. Barito Utara, dan SMAN 1 Banua Lima, Kab. Barito Timur.

“Sedangkan dua sekolah lainnya berada di wilayah Kalsel, yaitu SMAN 2 Paringin Kab. Balangan dan SMAN 1 Angkinang, Kab. Hulu Sungai Selatan,” terang Irjen Djoko.

Dari kasus ini. Lanjut Djoko, setidaknya aparat penegak hukum berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 116 unit perangkat sekolah, diantaranya 44 Tablet Handphone, 25 unit PC All In One, 23 unit Laptop, tujuh proyektor dan satu unit R4 jenis minibus, serta uang tunai sebesar Rp. 3.000.000. dan beberapa barang lainnya.

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) KUHPidana, yang berkaitan dengan pencurian. Dengan ancaman pidana tujuh tahun penjara,” tegas Kapolda.

Diakhir kesempatan, Kapolda berharap dengan pengungkapan kasus ini menjadi langkah positif dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah, sehingga kejadian serupa kedepannya tidak terulang lagi.

“Ini adalah upaya nyata Polda Kalimantan Tengah bersama jajaran dalam menegakkan hukum dan memberikan kemanfaatan dalam melindungi masyarakat, khususnya para tenaga pendidik dan pelajar,” pungkas Irjen Djoko. (adji/sam)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Wadankorbrimob Polri Hadiri Perayaan Pesta Nama Gereja Santo Thomas
Kapolri Ungkap Filosofi Wayang Kulit 'Tumurune Wiji Sejati' di HUT Bhayangkara ke-78
Kapolri Tekankan Pentingnya Sinergitas Demi Suksesnya Pilkada Serentak
Gelar Wayang Kulit dan Libatkan UMKM dalam Hari Bhayangkara ke-78, Polri Raih Dua Rekor MURI
Polri Sita Dokumen hingga Barbuk Elektronik di Kasus Kementerian ESDM
Polri Sebut Produksi Tembakau Sintetis di Malang untuk di Pasarkan di Pulau Jawa
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polres Tulungagung Lakukan Pengamanan Haul Akbar 55 Pondok Pesulukan Thoriqot Agung "PETA"
Polsek Besuki Lakukan Pengamanan Rangkaian Peringatan 1 Suro Sedekah Laut
Bhabinkamtibmas Polres Tebing Tinggi Sambang dan Sampaikan Pesan Kamtibmas
Libur 1 Suro, Jajaran Polres Tulungagung Lakukan Patroli di Tempat Wisata
Pengamanan Polsek Bulu; Pawai Akbar Dalam Rangka Pembukaan Perayaan Muharram 1446 H
Polres Sambas: Kapolres AKBP Sugiyatmo Apresiasi Kehadiran Bhabinkamtibmas dalam Peringatan Tahun Baru Islam
Lihat Semua
WordPress Lightbox