[language-switcher]
Beranda  Berita

Polres Malang Intensifkan Forum Jumat Curhat, Serap Aspirasi Warga Desa Gampingan Pagak

 

 

MALANG – Polres Malang terus mengintensifkan pelaksanaan Forum Jumat Curhat sebagai langkah inisiatif untuk menyerap aspirasi masyarakat. Kali ini, kegiatan Jumat Curhat digelar bersama warga Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, pada Jumat (5/7/2024).

 

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakapolres Malang, Kompol Imam Mustolih, di kediaman salah satu tokoh masyarakat, H Rofi’i, yang beralamat di Jl. Raya Krajan Desa Gampingan, Kecamatan Pagak. Forum Jumat Curhat kali ini disambut hangat oleh warga yang antusias menyampaikan berbagai keluhan dan harapan demi terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) yang kondusif.

 

Dalam sambutannya, Kompol Imam Mustolih menekankan bahwa acara ini bukan hanya sekadar wadah untuk curhat masyarakat, tetapi juga sebagai bentuk silaturahmi.

 

“Kesempatan ini tidak hanya untuk curhat, tapi juga untuk berbagi informasi dan wawasan. Di usia ke-78 ini, Polres Malang masih banyak kelemahan dan kesalahan, namun tekad dan niat kami untuk terus belajar dan menjadi lebih baik tetap kuat,” kata Wakapolres Kompol Imam Mustolih di Pagak, Jumat (5/7).

 

Dalam kesempatan tersebut, Kompol Imam Mustolih juga menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022. Mewakili keluarga besar Polres Malang, Wakapolres memohon maaf yang sebesar-besarnya atas tragedi tersebut.

 

“Kami berkomitmen dengan sekuat tenaga untuk membantu para keluarga korban dan memulihkan situasi pasca tragedi,” ungkapnya.

 

Forum Jumat Curhat kali ini mendapatkan banyak masukan dari masyarakat. Salah satunya adalah Sumarianto, kepala dusun Krajan, Desa Gampingan. Ia menyampaikan permasalahan hukum waris dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang tak jarang menjadi polemik di tingkat desa.

 

“Pengalaman ada warga nikah siri punya anak satu kemudian meninggal dan nikah lagi dengan yang punya anak dimasukkan ke dalam KK. Kemudian saat sudah meninggal saling menuntut terkait waris,” kata Sumarianto.

 

Menanggapi hal tersebut, Kanit II Satreskrim Polres Malang Ipda Andriono menjelaskan bahwa terkait waris, ketika ada keberatan terkait hak waris harus ada pengajuan ke Pengadilan Agama agar jelas hak warisnya. Sementara terkait permasalahan KDRT, Ipda Andriono menjelaskan bahwa pernikahan sah adalah yang tercatat dalam negara.

 

Jika tidak menikah secara resmi, lanjutnya, maka menggunakan Pasal Penganiayaan bukan KDRT, namun tetap berlaku apabila terjadi tindak pidana dengan pelaku baik suami maupun istrinya.

 

“Alangkah baiknya penetapan hak waris terlebih dulu kemudian dari pihak desa dapat menerbitkan rowayat tanah setelah ada penetapan dari pengadilan agama,” jelas Ipda Andriono.

 

Menutup kegiatan Jumat Curhat, Wakapolres menyampaikan harapannya agar silaturahmi ini membawa berkah bagi semua pihak.

 

Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan Polres Malang dapat terus mendekatkan diri dengan masyarakat dan meningkatkan kepercayaan serta kerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Malang.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Jamaah Islamiyah Deklarasi Bubar, Upaya Deradikalisasi Densus 88 Polri Diapresiasi
Wakapolri Bersama Squad Nusantara Bagikan 5.000 Sembako ke Warga
Polri Berhasil Tangkap KKB Basoka Lawiya di Nabire, Berikut Catatan Kriminalnya
Wadankorbrimob Polri Hadiri Perayaan Pesta Nama Gereja Santo Thomas
Kapolri Ungkap Filosofi Wayang Kulit 'Tumurune Wiji Sejati' di HUT Bhayangkara ke-78
Kapolri Tekankan Pentingnya Sinergitas Demi Suksesnya Pilkada Serentak
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Kombes Pol Dr. Harryo Sugihhartono Pimpin Apel Pagi Kesiapan di Mapolrestabes Palembang
Razia Sukses di Dumai: Tiga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Shabu Dibekuk Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Dumai
Sinergitas Tni-Polri Sambangi Warga Binaannya, Dan Sampaikan Pesan Kamtibmas Ops Antik
Sinergitas TNI Polri Ngawi Laksanakan Patroli Suran Agung
Razia Narkoba Sukses di Dumai: Pengedar Narkoba Shabu dan Ganja Ditangkap
Aksi Percobaan Pencurian di Dumai Gagal,Tersangka Diamankan Satreskrim Polres Dumai
Lihat Semua
WordPress Lightbox