[language-switcher]
Beranda  Berita

Hindari Pelanggaran, Si Propam Polres Tapteng Gelar Gaktiplin dan Riksa Senjata Api

Tapteng – Polres Tapanuli Tengah melalui Seksi Propam dan Logistik menggelar pemeriksaan dan pengecekan berkala senjata api (senpi) dinas yang dipegang Anggota dan Operasi Penegakan Ketertipan Disiplin Personil Jajaran Polres Tapteng, Kamis (14/7/2022).

Operasi dan Pemeriksaan dipimpin Oleh Kasi Propam Polres Tapteng AKP M. Sitohang bersama Anggota Provos dan Paminal untuk pengecekan personel yang memegang senpi dinas serta Disiplin Anggota yang digelar setelah kegiatan apel pagi di Halaman Mako Polres Tapteng.

Pada kegiatan itu, anggota yang memegang senjata api dinas secara bergantian menjalani pemeriksaan dan pengecekan senpi dinas. Pengawasan pemeriksaan juga dilakukan oleh Personil Sarpras Logistik Polres Tapteng

Kapolres Tapteng AKBP Jimmy Christian Samma, SIK melalui Kasi Propam AKP M. Sitohang menjelaskan bahwa pemeriksaan dan pengecekan senpi merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara berkala, yang bertujuab agar senjata dalam kondisi terawat dan tidak disalahgunakan oleh Anggota.

“Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek kelengkapan surat senjata, kelayakan senjata, kebersihan senjata, dan amunisinya. Selain itu untuk memastikan senjata api dinas yang dipegang oleh anggota tetap dalam keadaan terawat dan tidak disalahgunakan,” ujarnya.

Kasi Propam Juga menjelaskan bahwa jangan sampai ada pelanggaran bagi pemegang senpi. Sesuai aturan yang berlaku, tidak semua personel diizinkan untuk memegang senpi dinas. Personel yang memegang senpi dinas harus memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan seperti sehat dan lulus tes psikologi serta mempunyai mental kepribadian yang baik.

Selain itu Seksi Propam Polres Tapteng juga melaksanakan pengecekan Administrasi Pengenal Anggota serta Sikap Tampang dan Uniform Anggota dalam melaksanakan tugas dilapangan.

“Kita laksanakan pengecekan sikap tampang, surat surat administrasi pribadi seperti KTA, SIM dll, serta Penggunaan Atribut dalam Uniform Polri” ucap Kasi Propam.

Terpantau dilapangan dalam operasi tersebut sebanyak 8 Personil dilakukan tindakan disiplin akibat kurang nya disiplin dalam sikap tampang kerapian dalam berpakaian Uniform, sedangkan untuk Ijin kepemilikan Senjata Api dinas Semua anggota memenuhi syarat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Kompolnas Optimistis Kasus Vina Cirebon Bakal Diungkap Tuntas 
Divkum Polri Berikan Penyuluhan Hukum KUHP dan HAM di Polda Sulteng
Divisi Humas Polri Gelar Dialog Penguatan Internal di Kaltim, Dukung IKN Menuju Indonesia Emas 2045
Soal Kasus Vina, Anggota DPR Yakin Polisi dapat Tuntaskan: Jangan Terprovokasi!
Mantan Kabareskrim Minta Publik Sabar dan Tak Berasumsi Terkait Kasus Vina
Apresiasi Pelaku Usaha Atas Pengamanan World Water Forum Ke-10 di Bali
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Kapolres Lubuk Linggau Berperan dalam Pemusnahan Barang Bukti di Kejari Lubuk Linggau
Kamtibmas Malam Hari, Polsek Pagerwojo Gelar Patroli Blue Light
Jaga Sinergitas, Sat Binmas Polres Tebing Tinggi Kunjungi Kelurahan Karya Jaya
Personil Polsek Kalangbret Lakukan Patroli Kegiatan Pasar Malam di Pabrik Gula Mojopanggung
Polsek Besuki Lakukan Patroli di SPBU Cegah Gangguan Kamtibmas
Patoli Dialogis di Pertokoan dan Pasar, Polsek Bandung Berikan Himbauan Kambtibmas
Lihat Semua
WordPress Lightbox