[language-switcher]
Beranda  Berita

Ditlantas Polda Kalsel Ajak Orang Tua Cegah Pelanggaran Berlalu Lintas Anak Dibawah Umur

Polisi lalu lintas adalah unsur pelaksana yang bertugas menyelenggarakan tugas kepolisian mencakup penjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli, pendidikan masyarakat dan rekayasa lalu lintas, registrasi dan identifikasi pengemudi atau kendaraan bermotor, penyidikan kecelakaan lalu lintas dan penegakan hukum dalam bidang lalu lintas, guna memelihara keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Pendidikan masyarakat lalu lintas (Dikmas Lantas) adalah segala kegiatan yang meliputi segala usaha untuk menumbuhkan pengertian, dukungan dan keikutsertaan masyarakat aktif dalam usaha menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

6c0eeb28 ed9b 434d bb56 05bdb2af2e56

Pendidikan masyarakat (Dikmas) di bidang lalu lintas dilaksanakan juga untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap lalulintas serta memberikan pemahamam terhadap bagaimana cara berkendara yang baik dan benar sebagai pengguna jalan, karena dalam masyarakat yang modern lalu lintas merupakan faktor utama pendukung produktivitasnya.

Dan dalam lalu lintas banyak masalah atau gangguan yang dapat menghambat dan mematikan proses produktivitas masyarakat. Seperti kecelakaan lalu lintas, kemacetan maupun tindak pidana yang berkaitan dengan kendaraan bermotor.

Untuk itu polisi lalu lintas mempunyai peran dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat selaku pengguna jalan untuk mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas.

68559926 670d 4257 9e8a f977ab4b40db

Seperti halnya yang dilakukan Subdit Kamsel Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) di Ruang Serba Guna MTs Negeri 2 Banjarmasin, Sabtu (24/8/2019) pukul 09.00 wita.

Pada kesempatan tersebut Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) Kombes Pol Muji Ediyanto, SIK diwakili Kasubdit Kamsel AKBP Dra. Nina Rahmi, MM. beserta Aiptu Maulida dan staf melaksanakan Traffic Safety Parenting dengan thema Peran Orang Tua Pelajar Dalam Mewujudkan Kamseltibcar Lantas.

 

f899b04a 72b3 488d 9376 2b4e6c31ef3d

Pada pelaksanaannya personil Ditlantas Polda Kalsel memberikan pendidikan disiplin berlalulintas yang benar melalui tata cara berlalulintas. Selain itu juga disampikan Sosialisasi Ops Patuh Intan 2019 yang akan di laksanakan oleh Jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel).

Kegiatan ini diharapkan agar para orang tua mengambil bagian besar dan turut memahami tata cara berlalu lintas yang baik dan benar dengan memahami akibat kecelakaan lalu lintas.

Serta agar para siswa siswi MTs 2 Banjarmasin memahami untuk tidak memaksakan menggunakan sepeda motor jika belum cukup umur dan tidak memiliki SIM.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

The post Ditlantas Polda Kalsel Ajak Orang Tua Cegah Pelanggaran Berlalu Lintas Anak Dibawah Umur appeared first on TribrataNews Polda Kalsel.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Jelang KTT WWF di Bali, Korlantas Polri Survey Pengamanan dan Pengawalan di Beberapa Venue Kunjungan Delegasi
Program Pendidikan Siswa Qur’ani Cetak Polwan Berprestasi Dengan Keagamaan Kuat
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Divkum Polri Gelar Rakernis : Penguatan Fungsi Hukum untuk Polri Presisi
Sertifikasi Penyidik Laka Lantas Sangat Penting Untuk Profesional Petugas
Kabaharkam Polri Akan Pimpin Operasi Puri Agung Amankan WWF Ke-10
Lihat Semua

HUMAS POLDA

KEGIATAN JUM’AT CURHAT “DUREN TRAWAN” (DUDUK BARENG MITRA KAMTIBMAS) POLRES MOJOKERTO DI PENDOPO BALAI DESA SUMENGKO KEC. JATIREJO KAB. MOJOKERTO
Kapolda Sumatera Selatan Irjen Rachmad Wibowo Tegaskan Penyidiknya Bekerja Profesional dan Proporsional Tangani Perkara
1.972 Putra Putri Sulteng Siap Berkompetisi di Seleksi Calon Anggota Polri
Sinergi Cegah Radikalisme, Satgas Madago Raya Libatkan Imam Masjid dan Pegawai Syara' di Sigi
Progam Polisi Sahabat Anak, Kapolres Rembang & Ketua Bhayangkari Datangi TK Kemala Bhayangkari 48
Kasus Keracunan 30 Siswa SD di Rembang, Di Dalami Tim INAFIS Sat Reskrim Polres Rembang
Lihat Semua
WordPress Lightbox