[language-switcher]
Beranda  Berita

Antisipasi Bencana Alam, K9 Polres Karanganyar Mendapat Pelatihan Peningkatan Kemampuan SAR

KARANGANYAR – Wilayah Kabupaten Karanganyar merupakan wilayah yang sebagian besar berada didaerah lereng pegunungan Lawu, meskipun dilereng pegunungan, jumlah penduduk yang menghuni berbagai kecamatan dan desa dipegunungan tersebut cukup padat. dan secara demografis, padatnya penduduk dan letak geografis wilayah karanganyar sangat rentan mengalami berbagai bencana alam, antara lain angin puting beliung, pohon tumbang, banjir dan tanah longsor.

Satuan Samapta Polres Karanganyar telah mengantisipasi kemungkinan adanya berbagai bencana alam tersebut, salah satunya adalah melatih dan meningkatkan kemampuan Search and Rescue (SAR) terhadap anjing pelacak (K-9) yang dimiliki oleh Polres Karanganyar.

Kasat Samapta Polres Karanganyar IPTU Gatot, menerangkan bahwa hari ini (30/9) Sat Samapta Polres Karanganyar teah melakukan latihan dan peningkatan kemampuan yang dimilki oleh sembilan ekor anjing pelacak Polres Karanganyar. Ia mengatakan bahwa hal ini merupakan persiapan dari Sat Samapta Polres Karanganyar sebagai salah satu unsur penanganan bencana alam khususnya diwilayah kabupaten Karanganyar.

Lebih lanjut, Kasat Samapta mengatakan bahwa sembilan ekor anjing pelacak yang dimiliki polres Karanganyar tersebut memiliki beberapa jenis kemampuan SAR, pelacak, baik melacak Jenazah. Narkoba, bahan peledak dan kemampuan pengurai massa. karena kompleksnya hal yang diampu, maka anjing-anjing pelacak tersebut mendapatkan pelatihan dari pawang-pawang hewan Polres Karanganyar yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan ditingkat mabes Polri serta dinyatakan lulus dan bersertifikat sebagai pawang.

“Meskipun hewan, kami memberikan fasilitas yang baik dan memadai, baik makanan, kandang dan kesehatan kepada sembilan ekor anjing K-9 Polres Karanganyar tersebut, sehingga kapanpun diperlukan, mereka akan siap melaksanakan tugasnya dengan dibawa dan dibawah perintah pawangnya masing-masing,” ungkap Kasat Samapta. (humaskra)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Kapolri dan Panglima TNI Melihat Langsung Kesiapan Venue GWK
Dengan Terisak, Satrio Sampaikan Terima Kasih Kepada Kapolri
Australian Federal Police Kunjungi Museum Pusjarah Polri
Jaga Keamanan World Water Forum di Bali, Polda NTB Gencarkan Patroli di Kawasan Pelabuhan
Simulasikan Pengamanan WWF, TNI-Polri Gelar TFG Gabungan
Polri Gagalkan Penyelunduan 91 Ribu Benih Lobster ke Luar Negeri
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Kapolri dan Panglima TNI Melihat Langsung Kesiapan Venue GWK
Pupuk Sinergitas Tiga Pilar, Kapolsek Blimbing bersama Forkopimcam Apel Pagi Bersama
Polsek Balikpapan Timur Gelar KKYD di Posko Pengamanan Asrama Haji Manggar
Polsek Medan Barat Patroli Presisi Personil layani masyarakat berikan kenyamanan beraktifitas, mobile sambangi Objek Vital rawan, Perkantoran dan Bank dan monitori pulangnya pelajar di Wilkumnya
Pimpin Sidang Nikah: Waka Polres Malteng Beri Nasihat Pernikahan
Bawa 11 Ton Bahan Bakar Minyak Ilegal, Sopir dan Kernet Diamankan Patroli Satuan Brimob
Lihat Semua
WordPress Lightbox