[language-switcher]
Beranda  Berita

Antisipasi Bencana Banjir dan Longsor, Polda Kaltara Akan Bentuk Satgas

TANJUNG SELOR – Polda Kaltara bersama Asops Kodam VI/Mulawarman, BPBD Kaltara, Pos SAR Kaltara, Dinas PUPR Perkim Kaltara, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Satpol PP dan Kesbangpol Kaltara melaksanakan video konferensi bersama Kabaharkam Polri. Vicon ini terkait kesiapsiagaan kewilayahan dalam penanganan bencana.

“Kita bersama instansi terkait akan melaksanakan operasi Aman Nusa II, untuk antisipasi bencana alam di Kaltara,” ungkap Kapolda Kaltara Brigjen Pol. Drs. Indrajit SH melalui Karo Ops Polda Kaltara Kombes Pol. Prasodjo Wibowo kepada benuanta.co.id, Senin 6 Januari 2020.

Alasan kuat dilakukan kesiapsiagaan ini lantaran saat ini cuaca tak menentu, bahkan hujan diprediksi bakal turun dengan lebat. Maka dampak yang bisa terjadi adalah banjir dan tanah longsor. Sehingga sasaran Aman Nusa ini salah satunya pencegahan bencana.

“Jadi kita antisipasi sejak dini, kalau kemarau potensi karhutla tinggi, dan musim penghujan adalah banjir dan tanah longsor,” jelasnya.

Polda Kaltara pun akan membentuk satuan tugas (Satgas) SAR yang akan memberikan pertolongan, pencarian orang hilang atau orang hanyut. Sedangkan untuk evakuasi akan dibentuk satgas pengungsian dan perlindungan.

“Nanti juga dari Bidokkes bekerjasama dengan Dinkes untuk memberikan pertolongan kepada korban bencana,” paparnya.

Selain itu juga akan dibentuk Satgas Ban Ops yang akan mendukung dan membantu satgas yang sudah dibentuk. Adapun titik rawan bencana, kata dia hampir kabupaten kota di Kaltara ada potensi. “Memang setiap daerah ada potensi adanya banjir dan longsor,” bebernya.

Wakapolda Kaltara Kombes Pol. Drs. Zainal A. Paliwang SH M.Hum mengatakan, saat vicon bersama Kabaharkam Polri, dirinya yang turut hadir juga telah mengimbau agar polres-polres jajaran membentuk tim terpadu untuk mengantisipasi bencara.

“Tim terpadu ini nanti akan mengantisipasi terjadinya bencana. Jadi sudah ada persiapan kita sebelum terjadi bencana,” imbau Wakapolda Kaltara.

Dia menambahkan, untuk antisipasi awal agar tidak terjadi banjir, maka dilaksanakan penanaman pohon untuk tujuan Go Green. Di mana ini sudah terlaksana dari tingkat Polsek hingga Polda.

Penanaman bibit pohon ini akan terus dilaksanakan terus menerus. Anggota Babinkamtibmas juga setiap hari turun ke masyarakat untuk memberikan imbauan agar mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan. “Supaya ada resapan ke dalam tanah dan pohon,” pungkasnya. (*)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Persiapan Polri Amankan Opening Ceremony World Water Forum ke-10 di Bali
DPR Apresiasi Jenderal Sigit Atas Penghargaan Bagi Satrio 
Kegiatan Sterilisasi Polri Jelang Kedatangan Delegasi Hingga Tamu VVIP World Water Forum di Bali
Cek Venue Balinese Water Purification, Polri : Pastikan Pengamanan dan Rute
Perhelatan KTT WWF ke-10 : Posko Satgas Walrolakir Monitoring Pengamanan VVIP & VIP
PP Persis Apresiasi Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Korban Begal
Lihat Semua

HUMAS POLDA

TNI-POlri Melaksanakan Pengamanan Kesenian Bantengan
Polsek Terisi dan Koramil Laksanakan Patroli Bersama di Objek Wisata
Polsek Lelea Laksanakan Pengamanan Kebaktian Ibadah Rutin di Gereja Pantekosta
Polsek Sindang Gelar Patroli Malam Hari di Wilayah Hukumnya
Kapolsek Kandanghaur Hadiri Pelantikan PAC Gerakan Pemuda Ansor
Patroli Dialogis, Upaya Polsek Sukodono Ciptakan Kamtibmas
Lihat Semua
WordPress Lightbox