[language-switcher]
Beranda  Berita

Polres Kepulauan Sangihe Tanam Pohon di Lokasi Bencana Alam Kampung Lebo Manganitu

MANADO, Humas Polda Sulut – Polres Kepulauan Sangihe melaksanakan program “Polri Peduli Penghijauan” berupa penanaman pohon di sekitar lokasi bencana alam banjir bandang dan tanah longsor di Kampung Lebo, Kecamatan Manganitu, Jum’at (10/01/2020) pagi.

Program Kapolri Penanaman Pohon Mendukung Penghijauan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Kepulauan Sangihe, AKBP Sudung Ferdinand Napitu.

Kapolres dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bukan seremonial semata, tetapi merupakan salah satu wujud nyata kepedulian Polri terhadap kelestarian lingkungan, terutama di lokasi bencana alam.

“Kegiatan ini memang diinisiasi oleh Polri. Namun dalam pelaksanaannya turut melibatkan Pemerintah Daerah, TNI, masyarakat dan pihak terkait lainnya. Ini sebagai bentuk sinergitas, kepedulian dan tanggungjawab kita bersama dalam menjaga lingkungan alam,” ujarnya.

Kapolres menjelaskan, dalam kegiatan ini mendapat dukungan dari Kapolda Sulut, Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto, sebanyak 1.000 bibit pohon. Terdiri dari mahoni, cempaka dan nantu.

Kemudian, lanjutnya, juga mendapat bantuan sebanyak 1.500 bibit pohon dari pihak Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe melalui UPTD KPH Unit II Sangihe. Terdiri dari mahoni, jambu air citra dan jeruk sunkist.

 

Sehingga total bantuan yang diterima sebanyak 2.500 bibit pohon. Selain di lokasi bencana alam, bibit-bibit pohon tersebut juga akan didistribusikan dan ditanam di seluruh kecamatan dan Polsek di wilayah Sangihe.

“Diharapkan bibit-bibit pohon yang diserahkan, nantinya dapat ditanam sesuai peruntukannya. Misalnya, kalau bibit pohon itu untuk mencegah banjir dan tanah longsor, maka harus ditanam di daerah rawan bencana alam tersebut,” pungkas Kapolres.

Sebelum penanaman, dilakukan penyerahan bibit pohon kepada camat, para Kapolsek dan kapitalaung (kepala desa).

Kemudian penanaman pohon secara simbolis diawali oleh Kapolres bersama Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes E. Gaghana, didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Kepulauan Sangihe, Ny. Rosdiana Napitu dan Ketua TP. PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ny. Ririswati Gaghana Katamsi.

Selanjutnya berturut-turut diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Kepulauan Sangihe atau yang mewakili. Yakni Dandim 1301/Sangihe, Danlanal Tahuna, Kajari, Wakil Bupati, Ketua PN Tahuna, Wakapolres, Ketua DPRD, Kepala BPBD dan Kepala BLH Tahuna.

Turut hadir dalam penanaman pohon, Kajari, Yunardi, Palaksa Lanal Tahuna, Letkol Laut CH. Kondowangkow, Anggota DPRD, Max Pangimangeng, Kepala BPBD, Rivo Pudihang, Kepala BLH, Ronald Izak, perwakilan PN, Bustarudin, Wakapolres, Kompol H.O. Bingku beserta para Pejabat Utama, Kapolsek dan Bhayangkari.

Kemudian Danramil Tahuna, Kapten C. Wangka, Camat Manganitu, Gersonipon Arebbaeng, Kapitalaung Kampung Lebo, Samson Yusak Muli, dan para Kapitalaung lainnya, para ketua dan anggota organisasi wanita di lingkungan TNI dan instansi pemerintah, serta masyarakat setempat. (rons)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Begini Kerja Satgas Walrolakir Amankan Kepala Negara hingga Delegasi WWF ke-10 di Bali
Kompolnas Puji Kapolri, Harap Casis Bintara Korban Begal Jadi Polisi Humanis
Ditpolairud Polda Bali Siagakan Dua Kapal dan Tiga Helikopter Amankan KTT WWF
Satrio Casis Korban Begal Dihadiahi Masuk Polri, IPW: Jiwa Kemanusiaan Kapolri Sangat Kuat
Pengamat Sebut Kehadiran Kapolri Saat Mudik Pengaruhi Kepuasan Masyarakat
Kapolri dan Panglima TNI Melihat Langsung Kesiapan Venue GWK
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Bhabinkamtibmas Polsek Baros Hadiri Acara Wisuda Siswa Kelas IX MTs Nurul Huda 2024
Personel Polsek Dushil Gencar Sosialisasi, Cegah Penambangan Liar
Cegah Karhutla, Personel Polsek GB Awai Berikan Imbauan
Antisipasi Kerawanan Malam Hingga Subuh, Personel KRYD Polres Barsel Intensifkan Patroli
Polresta Serkot: Aiptu Marihot Patroli dan Pantau Keamanan di Desa Pejaten
Aiptu Marihot Jalin Kedekatan dengan Warga Pejaten saat Patroli
Lihat Semua
WordPress Lightbox