[language-switcher]
Beranda  Berita

Upacara HUT Satpam Beltim Ke-39 Di Gelar Meriah

humas.polri.go.id (Babel) Dalam memperingati HUT Satpam ke-39, di halaman Mapolres Belitung Timur di gelar upacara yang di pimpin langsung oleh Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H yang bertindak selaku Inspektur Upacara (22/01/2020). Satuan Pengamanan atau sering juga disingkat Satpam adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya, Rabu (22/01/2020) pukul 08.00 wib.

Kepolisian Negara Republik Indonesia menyadari bahwa Polisi tidak mungkin bekerja sendiri dalam mengemban fungsi kepolisian. Oleh karena itu, lembaga satuan pengamanan secara resmi dibentuk pada 30 Desember 1980.

Satpam menyediakan layanan keamanan proffesional untuk gedung-gedung, kantor publik, infrastruktur publik dan lokasi-lokasi bisnis. Mereka dapat dibentuk oleh Pemerintah atau organisasi swasta tetapi harus disahkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Dalam pelaksanaan tugasnya, anggota Satpam berperan sebagai:

Unsur Pembantu Pimpinan institusi/proyek/badan usaha di bidang keamanan dan ketertiban lingkungan kerja.

Unsur Pembantu Polri di bidang penegakan hukum dan waspada keamanan (security minded) di lingkungan kerjanya.

Didalam tugasnya, petugas Satpam juga dituntut memiliki profesionalisme dalam melaksanakan tugasnya yaitu untuk memiliki kemampuan fisik yang prima, pribadi yang disiplin, tegas namun sopan, bijaksana, dan tanggap untuk kejadian yang terjadi diwilayah keamananya. Bila terjadi keributan di wilayah keamanan seorang petugas Satpam, itu juga menjadi tanggung jawab petugas Satpam tersebut untuk menangani semaksimal mungkin, namun bila sudah diluar batas kemampuanya, maka harus langsung menghubungi Polisi. Seorang petugas Satpam juga harus memiliki kemampuan bela diri dasar dan kemampuan untuk dapat melumpuhkan dan menangkap penjahat/kriminal diwilayah tugas keamananya.

Kapolres Beltim pada saat menyampaikan amanat Kapolri mengatakan, selaku pimpinan Polri, dengan rasa bangga Kapolri mengucapkan “Selamat Ulang Tahun Ke-39 Kepada Seluruh Anggota Satuan Pengaman” dimanapun saudara bertugas. Semoga Satpam senantiasa profesional dalam bertugas dan eksistensinya semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Dalam momentum yang penuh dengan kehormatan ini, marilah kita sejenak mengenang dan mendoakan Kapolri ke-8, sekaligus Bapak Satpam Indonesia, Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, M.P.A yang telah berjasa besar dalam membentuk, mengembangkan dan memajukan Satpam sebagai sebuah profesi ayng luhur dan mulia.

Dalam pelaksanaan tugas di lapangan, Satpam merupakan salah satu mitra utama Polri dalam pemeliharaan kamtibmas. Oleh karena itu, setiap anggota Satpam harus memiliki kualitas dan kemampuan yang optimal dalam penanganan keamanan di lingkungan kerjanya. Eksistenti Satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas Pemerintah, khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif. Dengan demikian, profesi Satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.

Tema yang di angkat dalam peringatan HUT Ke-39 Satpam kali ini yaitu “Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas yang Kondusif Dan Terjaminnya Keamanan Di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju”. Pada saat pelaksanaan upacara HUT Satpam di halmaan Mapolres Beltim di hadiri oleh Ketua DPRD Kab. Beltim Fezzi Ultolseja, S.E, M.M, Wakil Bupati Kab. Belitm Drs. Burhanudin, perwakilan Kajari Manggar, Danramil Manggar, Danpos AL, para perwira PJU Polres Beltim dan Kapolsek jajaran.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

PP Persis Apresiasi Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Korban Begal
Begini Kerja Satgas Walrolakir Amankan Kepala Negara hingga Delegasi WWF ke-10 di Bali
Kompolnas Puji Kapolri, Harap Casis Bintara Korban Begal Jadi Polisi Humanis
Ditpolairud Polda Bali Siagakan Dua Kapal dan Tiga Helikopter Amankan KTT WWF
Satrio Casis Korban Begal Dihadiahi Masuk Polri, IPW: Jiwa Kemanusiaan Kapolri Sangat Kuat
Pengamat Sebut Kehadiran Kapolri Saat Mudik Pengaruhi Kepuasan Masyarakat
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Pimpin Pengamanan, Kapolsek Cantigi Dukung LKBB Menumbuhkan Jiwa Disiplin dan Nasionalisme
Polsek Lasem Melakukan Pengamanan Pengajian Umum Dalam Rangka Haul Sunan Bonang
Bhabinkamtibmas Desa Soso Kerja Bakti Bersama Warga dalam Rangka Bersih Desa
Jalin Silaturahmi, Kasat Polair Polres Bontang gelar bekesah dengan warga Pesisir Berbas Pantai
Bubarkan Aksi Balap Liar, Polisi Amankan Puluhan Unit Motor di Jalan Raya Rengging Jepara
Polres Madiun Gelar Minggu Kasih di Wisata Madiun Umbul Square, Pererat Hubungan dengan Masyarakat
Lihat Semua
WordPress Lightbox