[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolda Papua Pimpin Upacara Pelantikan Dir Samapta Polda Papua

Polda Papua – Bertempat di Lapangan Apel Mapolda Papua telah dilaksanakan Upacara Pelantikan Dir Samapta Polda Papua yang dipimpin langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Rabu (22/10/2020) pukul 07.30 Wit.

Hadir dalam kegiatan, Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki, Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Drs. Mulyadi Kaharni, M.Si, Pejabat Utama Polda Papua, Pama, Pamen Polda Papua dan anggota Polda Papua.

Kapolda Papua dalam sambutannya mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-nya pada hari ini ia masih diberikan kekuatan kesehatan dan kesempatan sehingga dapat bersama-sama hadir pada upacara pelantikan Dir samapta Polda Papua.

“Pelantikan jabatan Direktur Samapta merupakan tuntutan organisasi dalam rangka menjaga dinamika dan kinerja kesatuan mengingat beberapa waktu yang lalu almarhum Kombes Pol yang telah dipanggil oleh Tuhan Yang maha esa Oleh karena itu atas nama pribadi dan kesatuan saya mengucapkan bela sungkawa dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas jasa dan pengabdian almarhum pada institusi Polri dan khususnya Polda Papua semoga tugas mulia ini menjadi amal dan pahala bagi almarhum serta kepada keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan kesabaran,” kata Kapolda Papua.

Kapolda juga mengatakan Pada kesempatan yang baik ini, ia mengucapkan selamat kepada Kombes Pol Sondang Siagian atas kepercayaan pimpinan Polri mendapatkan promosi untuk menduduki jabatan baru sebagai Direktur Samapta Polda Papua ia berharap agar saudara segera beradaptasi di lingkungan kerja mengingat tugas di Papua bukan hal baru lagi di mana sebelumnya pernah menjabat sebagai kakorsis SPN Jayapura, Kapolres Jayapura dan Wadir Sabhara Polda Papua hal-hal positif yang telah dibangun selama ini oleh pejabat lama agar ditindaklanjuti dan ditingkatkan.

“Saya yakin dan percaya saudara mampu meningkatkan kinerja pada kesatuan yang akan anda pimpin ,peserta pencari yang saya hormati sebagaimana yang kita ketahui bahwa tugas dan fungsi Samapta adalah sebagai tulang punggung Polri peran samapta sangat vital dalam memberikan pelayanan perlindungan dan pengayoman serta pemeliharaan Kamtibmas karena personel samapta memiliki segudang kemampuan yang mestinya harus dikuasai antara lain, Turjawali pengaturan penjagaan pengawalan dan patroli, TPTKP (Tindakan Pertama Pada Tempat Kejadian Perkara), Dalmas (Pengendalian Masa), Tipiring (Tindak Pidana Ringan), Negosiasi dan  SAR terbatas,” tambah Kapolda Papua.

Ia juga mengatakan Kemampuan-Kemampuan tersebut sudah berhasil teruji pada saat pengamanan pemilu dan pileg serta pengamanan unjuk rasa terkait rasisme selain itu samapta Polri juga memiliki unit satwa yang mana dit samapta Polda Papua memiliki beberapa anjing K9 yang juga tetap berprestasi salah satunya adalah saat membantu penanganan bom di Wamena dan pencarian korban banjir bandang di Sentani beserta faktor yang ia hormati berbagai keberhasilan yang diraih juga telah mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, oleh karena itu dengan pimpinan direktur sama yang baru diharapkan terus berupaya meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Dalam rangka menjaga situasi Polda Papua tetap kondusif sebab tahun 2020 di prediksi akan terjadi gangguan Kamtibmas yang meningkat dikarenakan mahasiswa Exodus yang masih belum kembali ke kota study masing-masing, maksudnya kelompok kelompok intoleran gangguan KKB dan agenda Pilkada serentak tahun 2020 serta pelaksanaan pekan olahraga Nasional phone yang akan dimulai pada bulan Oktober 2020 Oleh karena itu dalam menghadapi berbagai tantangan tugas dan tahun 2020 ini ada beberapa penekanan yang pertama,  Persiapan mental dan fisik dengan melaksanakan latihan latihan fisik Kedua, buat kegiatan latihan kemampuan samapta Polri dengan menggunakan alat-alat khusus yang telah ada,” kata Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw.

Kapolda berharap dalam pelaksanaan kegiatan patroli dan pengawalan selalu menggunakan body system, kegiatan patroli harus mampu menyentuh masyarakat berikan 3S dan terjadwal serta sesuai target area patroli berdasarkan Mapping kerawanan Kamtibmas.

“Hindari sikap arogan dalam mengendarai kendaraan patroli. Keenam, dalam melaksanakan penjagaan agar tetap menggunakan pakaian dinas dan jaga kewaspadaan jangan asik dengan gadget yang dimiliki, Selain itu saya meminta kepada personil Sabhara dan Polairud jangan lupa memakai body system atau rompi dan helm saat melakukan patroli di darat maupun di laut supaya kita bisa waspada terhadap orang-orang yang tidak kita kenal, kita tetap melakukan upaya-upaya dan patroli, razia bisa mengurangi pencurian dan kelompok-kelompok orang yang bersenjata, kepada anggota di pos harap menjaga dan tugas dengan baik jangan sampai lelah,” harap Kapolda Papua.

Diakhir Kapolda mengatakan semoga Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan bimbingan petunjuk serta kekuatan kepada kita semua peserta.

“Semoga Polri kedepan akan semakin solid dan eksis membangun kemitraan di tengah-tengah masyarakat dalam melanjutkan tugas serta pengabdian kita kepada masyarakat bangsa dan Negara,” tutup Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Divkum Polri Gelar Rakernis : Penguatan Fungsi Hukum untuk Polri Presisi
Sertifikasi Penyidik Laka Lantas Sangat Penting Untuk Profesional Petugas
Kabaharkam Polri Akan Pimpin Operasi Puri Agung Amankan WWF Ke-10
Polri Gelar Operasi Puri Agung 2024 Amankan WWF Ke-10 di Bali
Wujudkan Peningkatan Ketersediaan Pangan, Kapolri-Mentan Tantadangani MoU
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Dekatkan Diri, Sat Binmas Polres Tebing Tinggi Silaturahmi Kepada Masyarakat
Asik Main Game, Pengangguran Ditangkap Sat Narkoba Polres Tebing Tinggi Karena Kantongi Sabu
Polres Tebing Tinggi Laksanakan Patroli Bersinggungan di Perbatasan Wilayah Antisipasi Kriminalitas
Polres Tebing Tinggi Beri Pengamanan Pelaksanaan Ibadah Sholat Jumat
Ditemukan Warga Negara Asing Asal Negara Philipin Yang Hanyut Melaut
Giat Jumat Curhat Polsek Muara Kuang Dengan Camat Rambang Kuang Beserta Staf Kecamatan Rambang Kuang
Lihat Semua
WordPress Lightbox