[language-switcher]
Beranda  Berita

Dukung Kebijakan Pemerintah dalam Pengawasan Penggunaan Dana Desa , Polda Jambi Luncurkan Aplikasi SIKADD

Polri Sebagai Institusi yang bertanggungjawab menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, perlu ikut serta menjaga dan mendukung kebijakan pemerintah, khususnya pelaksanaan pembangunan melalui program dana Desa.

Dalam rangka meningkatkan pengawasan penggunaan Dana desa di wilayah hukum Polda Jambi, maka Ditreskrimsus Polda Jambi meluncurkan inovasi pengawasan dana desa berbasis aplikasi yang bernama SIKADD ( Sistem Informasi Kawal Dana Desa )

Aplikasi ini terintegrasi dengan data dari kementrian Desa, dengan melibatkan Bhabinkamtibmas sebagai monitoring dan pengawasan Dana Desa. Masyarakat memiliki peran untuk memberikan informasi tentang penggunaan dana desa melalui aplikasi SIKADD.

30e9915e 7570 478b 985a 02222170f2d9

Keunggulan dari Aplikasi ini adalah, bhabinkamtibnas memiliki data dana Desa, bersumber dari APBN yang terdapat di dalam aplikasi SIKAAD dan terintegrasi dengan data dari kementerian Desa.

Bhabinkamtibnas melaporkan kegiatan penyerapan anggaran dan realisasi dana desa di lapangan dengan cara bekerjasama dengan aparatur Desa binaan, yaitu kepala Desa, dalam membantu pelaksanaan penguatan, pengawasan dan pengelolaan dana Desa.

Guna terwujudnya pengelolaan dana desa yang efektif, efisien dan akuntabel melalui kerjasama yang sinergis antara pemerintah desa dengan Polri, bersama bhabinkamtibmas memastikan penyerapan anggaran dana desa berjalan 100%, guna sebagai bentuk wujud pencegahan penyimpangan dana desa.

6ada8f07 1da1 4351 b248 a1183b2ac71d

Command centre mendapatkan data up to date perkembangan penggunaan anggaran desa sejauhmana pekerjaan yang bersumber dari anggaran desa dilaksanakan sampai dengan selesai melalui aplikasi SIKADD yang di laporkan oleh bhabinkamtibmas di Desa Binaan wilayah hukum Polda Jambi.

seterusnya sebagai bentuk pencegahan atas dasar penyimpangan penggunaan dana desa, serta juga sebagai bentuk bahan penyelidikan tindak pidana korupsi yang mengutamakan pengembalian kerugian negara.

Ditreskrimsus Polda Jambi, berkomitmen untuk semakin mendekatkan diri, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta mendukung kebijakan pemerintah melalui kemampuan berbasis TI.

Dirreskrimsus Polda Jambi Kombes Pol M. Edi Faryadi, S.I.K., M.Si. saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa aplikasi ini merupakan salah satu Aplikasi Unggulan Polda Jambi dalam mendukung kebijakan Pemerintah dalam Pengawasan Penggunaan Dana Desa.

Ditambahkan Dirreskrimsus Polda Jambi bahwa Aplikasi ini bukan berarti untuk menakut-nakuti Aparat desa dalam penggunaan anggaran desa, tetapi melalui aplikasi ini Masyarakat juga perlu tahu tentang Penggunaan anggaran dana desa untuk membantu pembangunan di Desa mereka tersebut, tutur Dirreskrimsus Polda Jambi.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Jelang WWF ke-10, Kabaharkam Polri Pimpin Rakor
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Antisipasi Kemacetan, Polsek Cangkuang, Tempatkan Personil di Titik Strong Point
Kunjungan ke Sekolah, Binmas Desa Cibiru Hilir Ajak Peran Aktif Staf Guru Awasi Anak Didik Jauhi Kenakalan Remaja
Melalui Patroli KRYD, Polsek Soreang Jaga Situasi Kamtibmas
Strong Point Pagi Jaga Kamseltibcarlantas di Depan SDN 3 Tonjong, SMK Korpri, dan Alun-alun Cigasong
Kabag Log Polres Pimpin Apel Pagi Beri Motifasi Kepada Anggota
Pengaturan Lalu Lintas Di Jalan Rawan Macet, Bentuk Pelayanan Lantas Polsek Soreang Kepada Masyarakat
Lihat Semua
WordPress Lightbox