[language-switcher]
Beranda  Berita

Polisi Terjunkan 100 Personel Untuk Pemulasaran Jenazah Covid – 19 yang Meninggal di Rumah

Jakarta – Direktur Samapta Polda Metro Jaya (Kombes. Pol. Mokhamad Ngajib) mengatakan, pihaknya menunjuk sedikitnya 100 personel Polri yang bertugas pemulasaran jenazah Covid – 19 yang meninggal dunia di rumah.

Diketahui, pemulasaran jenazah ialah perawatan jenazah sesaat setelah pasien dinyatakan telah meninggal dunia. Nantinya, jenazah itu bakal dimandikan dan dikafani sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) infeksius.

“Tim khusus ini bertugas untuk pemulasaran jenazah yang di rumah warga masyarakat. Jumlah personil seluruhnya 100 orang,” ujar Dir Samapta Polda Metro Jaya.

Ia juga mengatakan, personel itu dikhususkan hanya mengurusi jenazah yang dinyatakan meninggal di luar rumah sakit. Sedangkan jenazah yang meninggal dunia di rumah sakit, pemulasaran jenazah akan diserahkan kepada pihak rumah sakit.

Kabid Humas Polda Metro Jaya (Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus) mengatakan, pihaknya akan menerjunkan 60 personel untuk tim khusus pengamanan prosesi pemakaman jenazah korban Covid–19.

Menurut Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus, tim tersebut masing – masing akan dibagi menjadi dua regu. Di antaranya, 30 personel yang menjaga di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur Jakarta Barat dan 30 personil di TPU Pondok Rangon Jakarta Timur.

“Jumlah personel seluruhnya ada 60 dibagi 2 masing – masing 30 orang untuk pengamanan di TPU Tegal Alur Jakarta Barat dan TPU Pondok Rangon Jakarta Timur,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Dari 30 orang yang berjaga di masing – masing TPU, nantinya akan ada 4 orang yang akan membantu pemakaman apabila diperlukan oleh petugas makam. Sisanya, akan menghalau keluarga korban yang mencoba melakukan penolakan pemakaman.

“Disiapkan 4 orang yang gunakan APD yang bertugas membantu pemakaman bila diperlukan oleh pihak makam. Dan 26 orang pengamanan di luar untuk menghimbau dan menghalau masyarakat atau keluarga jenazah yg melakukan penolakan pemakaman,” tutupnya.

(PoldaMetroJaya)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Divkum Polri Gelar Rakernis : Penguatan Fungsi Hukum untuk Polri Presisi
Sertifikasi Penyidik Laka Lantas Sangat Penting Untuk Profesional Petugas
Kabaharkam Polri Akan Pimpin Operasi Puri Agung Amankan WWF Ke-10
Polri Gelar Operasi Puri Agung 2024 Amankan WWF Ke-10 di Bali
Wujudkan Peningkatan Ketersediaan Pangan, Kapolri-Mentan Tantadangani MoU
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polsek Manuhing Patroli Malam Hari, Pastikan Wilayah Hukunya Tetap Aman
Pastikan Wilayah Hukunya Tetap Aman, Polsek Tewah Patroli Malam Hari
Untuk Ciptakan Kamtibmas Kondusif, Polsek Sepang Tingkatkan Patroli Malam Hari
Polsek Kurun Tingkatkan Patroli Malam Hari untuk Ciptakan Kamtibmas Kondusif
Personel Polsek Rungan Patroli Malam Hari, Cegah Gangguan Kamtibmas
Polsek Kahayan Hulu Utara, Jaga Keamanan dengan Patroli Malam Hari
Lihat Semua
WordPress Lightbox