[language-switcher]
Beranda  Berita

Polres HSU Bersama Tokoh Agama dan Alim Ulama Sepakat Ikuti Anjuran Pemerintah dan Fatwa MUI

Polres Hulu Sungai Utara (HSU) bersama Tokoh Agama dan Alim Ulama di Kabupaten HSU kompak mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri 1441 H di rumah saja, Jumat (22/5/2020).

Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto, S.I.K., M.H. melalui Kasat Intelkam AKP Cece Sudrajat  mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten HSU mengindahkan anjuran dan himbauan Pemerintah untuk tidak melaksanakan Takbiran Keliling dan melaksanakan Shalat Idul Fitri berjamaah di Mesjid ataupun di Lapangan.

“Kami harapkan benar-benar dipatuhi oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai bagian dari usaha bersama melawan Virus Corona (Covid-19),” ungkap AKP Cece Sudrajat usai melaksanakan silaturahmi kepada para Tokoh Agama dan Alim Ulama di Kabupaten HSU.

Dikatakannya, anjuran dan himbauan tersebut berdasarkan : Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 Tahun 2020 Tanggal 13 Mei 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19 tertanda Prof.DR. H. Hasanuddi AF.

Edaran Gubernur Kalsel Nomor : 443/267/Wasnas/Kesbangpol tanggal 19 Mei 2020 tentang Pelaksanaan Idul Fitri 1441 H tertanda Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, himbauan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalsel Nomor : 31/II.0/A/2020 Tanggal 18 Mei 2020, dan himbauan Shalat Idul Fitri Pengurus NU Kalsel Nomor : 282/PW/Tanf.A.II/V/2020 Tanggal 21 Mei 2020.

Semua himbauan dan Fatwa tersebut bertujuan baik untuk seluruh lapisan masyarakat karena mengingat semakin tingginya penularan Covid-19. “Hal ini merupakan bentuk manifestasi kepedulian kita dalam hal memutus mata rantai Pandemi Virus Corona saat ini,’’ tutur AKP Cece Sudrajat.

5ada995f 607a 453e 9587 ba63c0757bf8

Ia memastikan larangan itu bukan karena Pemerintah bermaksud menghalang-halangi kegiatan beribadah umat Islam. Tapi murni sebagai upaya menahan laju Pandemi Covid-19.

“Mengingat wabah Covid-19 makin meluas dan berbahaya, maka sebaiknya kita ikuti anjuran Pemerintah demi meminimalisir dan memutus mata rantai penularan Virus Corona. Dan ini untuk kebaikan dan kemaslahatan orang banyak,’’ imbuhnya.

Sejumlah Tokoh Agama dan Alim Ulama yang dikunjungi Kasat Intelkam Polres HSU AKP Cece Sudrajat guna bersilaturahmi yakni diantaranya KH. Abdul Bari, KH. Abdul Hamid (Abuya), KH. Hanafi Idar Lc., S.Pd.I., KH. Kasypul Anwar, KH. Drs. Barkatulloh Amin, M.Pd.I., KH. Muhammad Nurrasyid, Ustadz H. Ahmad Junaidi, Lc. Bin KH. Ahmad Ridwan, Ustadz H. Abdul Hasan, Ustadz H. Ahmad Syakerani, M.Pd.I., dan Ustadz H. Bahriansyah.

Para Tokoh Agama dan Alim Ulama tersebut sepakat dan kompak akan mengikuti Fatwa MUI, himbauan Gubernur Kalsel, himbauan Pimpinan Muhammadiyah dan Pengurus NU serta akan disampaikan kepada jemaah masing-masing dan masyarakat Kabupaten HSU untuk mengindahkan anjuran dan himbauan Pemerintah untuk tidak melaksanakan Takbiran Keliling dan melaksanakan Shalat Idul Fitri di rumah saja.

Sebagai mana yang diutarakan KH. Abdul Hamid yang mendukung surat edaran Gubernur Kalsel dan mengimbau kepada masyarakat dalam pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 H, sebaiknya dilaksanakan dirumah masing – masing, demi memutus rantai Virus Corona.

“Kami harapkan benar-benar dipatuhi oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai bagian dari usaha bersama melawan Virus Corona (Covid-19),” tutup AKP Cece Sudrajat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kabaharkam Polri Akan Pimpin Operasi Puri Agung Amankan WWF Ke-10
Polri Gelar Operasi Puri Agung 2024 Amankan WWF Ke-10 di Bali
Wujudkan Peningkatan Ketersediaan Pangan, Kapolri-Mentan Tantadangani MoU
Penurunan Kasus Judi Online di Indonesia Capai 404 Kasus di Tahun 2024
Polri Ajukan Pencabutan Paspor untuk Tersangka TPPO yang Bersembunyi di Jerman
Gangguan Kamtibmas Turun 132 Kasus pada 24 April 2024
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Setiap Hari Polres Sibolga Gelar Personilnya Laksanakan Strong Point Dijalan Raya, Antisipasi Kemacetan.
Ketua FKKD Kecamatan Mesuji Raya Serahkan 4 Senjata Api ke Polres OKI
Anggota Polsek Ngusikan giat patroli dialogis ke permukiman warga
Polres Labusel Terima Kunjungan Kerja Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi Beserta Rombongan
Jukir Liar Ditertibkan di Medan Tuntungan dan Pancur Batu, Dua Orang Diamankan
Polsek Babulu Gencar Lakukan Penertipan Balapan Liar di Wilayah Hukum Polsek Babulu
Lihat Semua
WordPress Lightbox