[language-switcher]
Beranda  Berita

Berkat Tangan Kreatif Polisi Ini, Bonsai Kelapa Miliki Nilai Jual Tinggi

Polres Trenggalek – Kelapa memanglah salah satu buah yang yang multifungsi. Dari akar hingga daunnya bisa dimanfaatkan jadi berbagai macam barang sesuai dengan kebutuhan. Maka tak heran, jika ada yang mengkreasikan buah kelapa jadi tanaman bonsai.

Seperti yang dibuat oleh Sukrisyono ini, melalui tangan kreatifnya ia berhasil sulap tunas kelapa jadi tanaman bonsai yang cantik nan indah. Bahkan, beberapa bonsai kelapanya sudah terjual ke rekan kerjanya.

Ide brilian yang Sukrisyono tekuni saat ini ternyata tidak muncul dari dirinya sendiri, melainkan ada yang mendorongnya dari belakang.

Ia adalah Aiptu Hermanto, seorang polisi yang bertugas di Polsek Suruh dan menjabat sebagai Kanit Binmas.

Dibawah binaan Aiptu Hermanto, akhirnya pria yang kesehariannya sebagai pekerja harian lepas di Polsek Suruh ini, kini bisa memiliki penghasilan tambahan.

Kepedulian Aiptu Hermanto pada Sukrisyono berawal dari ketelatenan dan juga potensi yang dimiliki Sukrisyono saat berada di Polsek Suruh.

Sambil manfaatkan waktu luang, sedikit demi sedikit Aiptu Hermanto mengajari Sukrisyono bagaimana cara mengkreasikan bonsai. Dan setelah berproses, ternyata bonsai kelapa yang dibuat Sukrisyono mulai dilirik pecinta bonsai.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sukrisyono, menurutnya tanpa adanya dukungan dan bantuan dari Aiptu Hermanto, mungkin dirinya takkan pernah bisa membuat bonsai seperti saat ini.

Dalam waktu dekat, targetnya mereka akan buat paguyuban pecinta bonsai kelapa di Trenggalek. Dengan tujuan selain untuk mengembangkan pengetahuan tentang bonsai juga untuk mempermudah pemasaran.

Sementara itu, Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum. mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Aiptu Hermanto tersebut. Menurutnya, kreatifitas, minat dan bakat yang ada bisa dikembangkan menjadi usaha yang memiliki nilai jual cukup tinggi.

“Kita punya program Bhabinkamtibmas Pioner, yakni bagaimana polisi khususnya Bhabinkamtibmas yang membawahi desa binaan bisa mengembangkan usaha UMKM masyarakat setempat dengan melihat potensi yang ada.” Ujar AKP Suyono

Pihaknya menambahkan, program ini sudah berjalan dan akan terus dikembangkan, termasuk diantaranya adalah bonsai kelapa seperti yang telah dilakukan oleh Kanitbinmas Polsek Suruh tersebut.

“Nantinya kita berikan pelatihan melibatkan pihak yang memang berkompeten, Mulai dari proses produksi, manajemen hingga pemasarannya.” Pungkasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kapolri dan Panglima TNI Melihat Langsung Kesiapan Venue GWK
Dengan Terisak, Satrio Sampaikan Terima Kasih Kepada Kapolri
Australian Federal Police Kunjungi Museum Pusjarah Polri
Jaga Keamanan World Water Forum di Bali, Polda NTB Gencarkan Patroli di Kawasan Pelabuhan
Simulasikan Pengamanan WWF, TNI-Polri Gelar TFG Gabungan
Polri Gagalkan Penyelunduan 91 Ribu Benih Lobster ke Luar Negeri
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Bhabinkamtibmas Polsek Selakau dan Babinsa Desa Nyirih memberi Pelatihan kepada Linmas
Polsek Sejangkung Berikan Pengamanan Hiburan band Duta Bos Muda di Desa Parit Raja Kec. Sejangkung
Polsek Torjun Laksanakan Pengamanan Dan Pengaturan Lalin Di Simpang Kotem
MONITORING KEGIATAN DI PLBN ARUK OLEH POLSEK SAJINGAN BESAR
Kapolsek Torjun Laksanakan Patroli Antipasi Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Nasional
Kegiatan Gabungan Bersama TNI Polri dan Pemda, Bongkar Gudang dan Lokasi Penyulingan Minyak Ilegal di Banyuasin dan Muratara
Lihat Semua
WordPress Lightbox