[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolres Trenggalek: Optimalkan Patroli Hunting System, Tingkatkan Disiplin Prokes Masyarakat

Polres Trenggalek – Patroli hunting system dinilai cukup efektif sebagai salah satu upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di masa pandemi. Kepolisian bersama unsur TNI dan Satpol PP serta stake holder lainnya kerap menggelar patroli bersama untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan.

Pada prinsipnya, patroli hunting system ini adalah langkah penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan dalam menekan laju penyebaran virus Corona. Petugas akan berkeliling untuk mencari para pelanggar protokol kesehatan untuk kemudian memberikan wawasan dan edukasi maupun sanksi sesuai dengan aturan yang ada.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Polres Trenggalek ini. Bersama dengan Kodim 0806 dan Satpol PP Kabupaten Trenggalek menggelar patroli hunting system dengan sasaran lokasi wisata yang berada di pesisir Kecamatan Panggul.

Sasaran lokasi wisata bukan tanpa sebab. Meskipun dinyatakan ditutup, namun masyarakat baik lokal maupun luar kota kerap nekat tetap datang. Lebih-lebih menjelang libur akhir pekan seperti saat ini.

Selain itu, Kecamatan Panggul merupakan pintu perbatasan Kabupaten Trenggalek dengan Pacitan yang tentunya harus mendapat perhatian lebih. Baik soal Kamtibmas maupun penyebaran Covid-19 itu sendiri.

Dengan mengendarai sepeda motor trail dinas, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. bersama Dandim 0806 Letkol Arh. Uun Samson Sugiharto, S.I.P, M.I.Pol. memimpin langsung kegiatan ini. Sabtu, (20/1).

“Kita pantau langsung aktivitas dilokasi wisata khususnya area Kecamatan Panggul. Pantai konang, Pelang dan Kili-kili kemungkinan adanya potensi kerumunan ataupun pelanggaran protokol kesehatan lainnya.” Ungkap AKBP Doni.

AKBP Doni mengatakan, pihaknya menyatakan bahwa tingkat disiplin masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan menunjukkan progres yang cukup positif.

Hal tersebut dapat dilihat dari sepanjang perjalanan mulai dari Mapolres hingga masuk Kecamatan Panggul sebagian besar masyarakat telah mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan masker. Meski tetap saja ditemukan warga yang abai tak mengenakan masker dan langsung diberikan sanksi tegas.

“Kita kedepankan preventif humanis tanpa mengurangi sikap tegas. Hal ini sangat penting untuk menimbulkan efek jera kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.” Imbuhnya

Dari evaluasi selama beberapa minggu terakhir lanjut AKBP Doni, terdapat tren penurunan angka terkonfirmasi Covid-19. Sedangkan angka kesembuhan juga meningkat signifikan. Penerapan PPKM di Trenggalek juga telah diakui terbaik secara nasional.

“Ini adalah peran dari kita semua termasuk masyarakat yang telah patuh protokol kesehatan.” Pungkasnya.

Saat meninjau pantai Kili-kili, Kapolres bersama Dandim dan pejabat utama lainnya berkesempatan melepasliarkan tukik atau anak penyu. Selama ini, pantai kili-kili memang telah menjadi salah satu konservasi penyu di Indonesia.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Kerahkan Kendaraan Listrik untuk Pengamanan World Water Forum ke-10 di Bali
Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polsek Tulungagung Kota Melakukan Pengamanan Kompetensi Tari di GOR Lembupeteng
Dalam Mengantisipasi Kegiatan Balap Liar, Polsek Besuki Patroli di Jalan Lintas Selatan
Sambang Dialogis Bhabinkamtibmas Polsek Batang Tarang, Warga Diajak Waspada Terhadap Isu Hoaks dan Tetap Jaga Kamtibmas
Briptu O.M. Sutumorang Ajak Warga Ciptakan Lingkungan Nyaman dan Kondusif
Polsek Sekayam Gelar Patroli Jarak Jauh dan Pengecekan Tapal Batas Indonesia-Malaysia
Polsek Sekayam Intensifkan Patroli Siang Antisipasi Tindak Kejahatan
Lihat Semua
WordPress Lightbox