[language-switcher]
Beranda  Berita

Operasi Mantap Praja Menak Sopal 2021, Kapolres Trenggalek: Jamin Rasa Aman Selama Pilkades

Polres Trenggalek – Perhelatan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Trenggalek tinggal beberapa hari lagi. Polres Trenggalek selaku pengemban bidang Kamtibmas telah melakukan berbagai langkah strategis guna terciptanya keamanan yang kondusif menjelang, pada saat hingga paska Pilkades yang digelar serentak nanti.

Guna mendukung suksesi Pilkades Serentak, Polres Trenggalek menggelar operasi khusus Kepolisian dengan sandi `Mantap Praja Menak Sopal 2021`. Operasi pengamanan Pilkades ini digelar selama 56 hari terhitung sejak tanggal 10 Maret yang lalu hingga 5 Mei 2021 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. saat memberikan pembekalan sekaligus pengecekan akhir menjelang pengamanan pemungutan suara Pilkades serentak 2021 yang digelar di Rupatama Mapolres Trenggalek. Senin, (29/3).

AKBP Doni menuturkan, Operasi Mantap Praja Menak Sopal 2021 merupakan operasi Kepolisian yang bersifat terbuka dalam bentuk kegiatan pengamanan dalam rangka memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat selama Pilkades serentak  berlangsung.

 “Menjamin rasa aman para penyelenggara, peserta Pilkades dan masyarakat yang telah memiliki hak pilih sehingga dapat hadir ke TPS, menggunakan hak pilihnya dengan tenang dan terbebas dari rasa takut akan ancaman dalam bentuk apapun. Outputnya terpilih para pemimpin desa secara demokratis dan bermartabat” Ucap AKBP Doni

Dalam operasi ini, terdapat penambahan beberapa personel pengamanan sehingga secara keseluruhan Polres Trenggalek melibatkan sedikitnya 667 orang yang terbagi dalam beberapa Satuan Tugas diantaranya, Satgas Deteksi, Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas penegakan hukum (Gakkum) dan Satgas Bantuan Operasi (Banops).

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini meminta agar setiap jajarannya mengantisipasi sejak dini berbagai kerawanan yang telah dipetakan sebelumnya mulai dari kemungkinan adalanya intimidasi, gesekan antar pendukung, pelanggaran kampanye, money politic, black campaign hingga perjudian.

“Termasuk pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan” Imbuhnya.

Sebagai informasi, dalam waktu dekat Kabupaten Trenggalek akan punya gawe besar yakni Pilkades serentak yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 April 2021 mendatang. Pilkades serentak digelar di 15 Desa di 7 Kecamatan. Saat ini rangkaian Pilkades sudah memasuki tahapan kampanye dan kebutuhan logistik sudah terdistribusikan ke masing-masing wilayah dan dilakukan pengamanan selama 1X24 jam oleh petugas gabungan dari Polri, TNI dan aparat setempat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Kerahkan Kendaraan Listrik untuk Pengamanan World Water Forum ke-10 di Bali
Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Berikan Imbauan Kamtibmas, Kapolsek Sipispis Sambang Dan Silaturahmi Kepada Warga
Personil Polsek Dayeuhkolot Laksanakan Patroli Dialogis dan Ajak Warga Jaga Kamtibmas
Ciptakan Keamanan, Bhabinkamtibmas Polsek Permata Intan Serukan Imbauan Stop HPUS dan Stop Karhutla
Ciptakan Keamanan, Anggota Polsek Permata Intan Serukan Imbauan Stop HPUS dan Stop Karhutla
Ciptakan Keamanan, Personel Polsek Permata Intan Serukan Imbauan Stop HPUS dan Stop Karhutla
Ciptakan Keamanan, Bhabinkamtibmas Polsek Permata Intan Serukan Imbauan Stop HPUS dan Stop Karhutla
Lihat Semua
WordPress Lightbox