[language-switcher]
Beranda  Berita

Polres Pati Ungkap Kasus Manipulasi Data Elektronik dan Akun Fiktif

Polres Pati – Polres Pati membongkar kasus transaksi elektronik fiktif dan akun fiktif yang mengakibatkan perusahaan jasa J & T Express area Pati merugi hingga dua ratus juta rupiah.

Ini dilakukan dengan melakukan transaksi pembelian sesuai aturan di Bukalapak dengan memanipulasi akun penjual dan pembeli merupakan orang yang berbeda.
Kasus ini terungkap, setelah Satreskrim Polres Pati menerima laporan dari Manager Area J&T Express Pati yang merugi karena tak dibayarnya jasa mereka oleh situs belanja online terpercaya di Indonesia, Bukalapak.

Pada konferensi pers di Mapolres Pati, Jumat siang (18/6/2021), Kapolres AKBP Arie Prasetya Syafa’at didampingi Wakapolres Kompol Sumiarta dan Kasatreskrim AKP Ghala Rimba Doa Sirrang mengatakan, dalam kasus ini polisi menetapkan seorang tersangka berinisial M, berusia 30 tahun warga Desa Alasdowo Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Kasus ini menyusul adanya selisih tagihan antara J&T Area Pati dan PT Bukalapak.com.

“Pada Januari 2021 dalam kurun waktu 1 bulan terdapat selisih biaya pengiriman yang diklaim J&T kepada Bukalapak sebesar Rp350juta namun dipihak Bukalapak menurut sistem yang ada itu biaya tagihan sebesar Rp103,33juta sehingga ada selisih Rp245,98juta lebih. Berdasar temuan ini, kami dalami ternyata ada orang yang bermain, yaitu tersangka yang sudah kita amankan ini,” jelasnya.

Kapolres menjelaskan, dalam aksinya tersangka membuat lima akun reseller fiktif yang menjual barang-barang dengan harga yang murah. Dia mencontohkan, satu bungkus kopi kemasan bermerk dijual dengan harga seratus rupiah. Barang-barang tersebut ternyata dibeli sendiri oleh tersangka melalui akun-akun fiktif yang dibuatnya.

“Dia memanfaatkan sistem atau mekanisme yang ada di Bukalapak, yang mana dari satu daerah itu bebas ongkos kirim. Pihak J&T juga memberikan satu fasilitas member VIP (termasuk tersangka), sehingga bisa menerima cashback 15% dari total biaya pengiriman. Sehingga dari total Rp350juta tagihan itu yang diaudit pada Januari 2021 dia mendapatkan cashback Rp52,5juta dari J&T yang sudah diterima dan dikirim ke rekening tersangka,” jelas AKBP Arie Prasetya Syafaat.

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafa’at mengatakan, kasus ini merupakan yang pertama yang berhasil dibongkar jajarannya. Selain sejumlah buku tabungan, telepon genggam, satu unit perangkat komputer, serta 13 ribu resi fiktif.

Manager Area J&T Pati Samsul Qomar mengaku selain tingkat kepercayaan dari Bukalapak se-area Pati, kerugian yang dialaminya secara material selisih ongkos kirim yang tak terbayar oleh Bukalapak, mencapai Rp200 juta.

Dalam kasus ini, penyidik Polres Pati menyiapkan pasal 51 ayat 1 jo Pasal 35 UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dengan ancaman pidana penjara paling lama 12 tahun, dan/atau denda maksimal Rp12milyar.

(Humas Res Pati)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Kepala Biro PID Divhumas Polri Hadiri Halal Bihalal dan Resepsi Milad Ke-11 Fans Rhoma Irama
Jelang KTT WWF di Bali, Korlantas Polri Survey Pengamanan dan Pengawalan di Beberapa Venue Kunjungan Delegasi
Program Pendidikan Siswa Qur’ani Cetak Polwan Berprestasi Dengan Keagamaan Kuat
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Divkum Polri Gelar Rakernis : Penguatan Fungsi Hukum untuk Polri Presisi
Sertifikasi Penyidik Laka Lantas Sangat Penting Untuk Profesional Petugas
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polsek pemulutan laksanakan Patroli di seputaran wilayah titik rawan kejahatan
Gelapkan sepeda Motor, AS berurusan dengan Tim Elang Timur Polsek Lubuk Linggau Timur I
KAPOLSEK BENOWO PANTAU PROGRAM SIM CAK BHABIN DI KAWASAN KANDANGAN SURABAYA
BHABINKAMTIBMAS POLSEK BENOWO SAMBANG DAN BERI PESAN KAMTIBMAS KEPADA WARGANYA
POLSEK BENOWO JALANKAN SOP PEMERIKSAAN RUANG TAHANAN DAN BARANG INVENTARIS
Jum’at Curhat Polsek Tegalsari Dengarkan Keluh Kesah Warga Masyarakat
Lihat Semua
WordPress Lightbox