[language-switcher]
Beranda  Berita

Amankan Kunker Menko PMK RI, Polres Banjarbaru Siagakan Puluhan Personel

Banjarbaru – Wakapolres Banjarbaru Kompol Ajie Lukman, S.I.K., M.H., mendampingi kunjungan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Muhadjir Effendy, M.A.P dalam rangka peninjauan fasilitas dan layanan kesehatan yang ada di Kota Banjarbaru, Rabus (4/08/2021).

Kunjungan Menteri PMK RI di Provinsi Kalimantan Selatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memastikan kesiapan Kota Banjarbaru dalam penanganan Covid-19 dan memastikan ketersediaan oksigen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah situasi PPKM Level IV.

Dalam kunjungannya Menko PMK RI, Prof. Muhadjir Effendy, M.A.P melaksanakan pengecekan terhadap kegiatan pengisian tabung di PT. Samator yang berlokasi di Jl. A. Yani Km 23,3 Landasan Ulin Utara Kec. Lianganggang yang disambut oleh Manager PT. Aneka Gas Industri Samator Kalselteng Yudi Hermawan. Pada kunjungannya tersebut, Menko PMK sempat bertemu dan menginterview Driver Ambulan RS Bhayangkara yang kebetulan pada saat itu sedang melakukan pengisian tabung gas oksigen di PT. Samator tersebut.

“Saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, yang terus berusaha dan berupaya untuk bisa menjaga serta menstabilkan stok ketersediaan oksigen di Kalimantan Selatan. Oksigen harus di distribusikan di level bawah, khususnya Puskesmas, termasuk juga obat anti virus sehingga Puskesmas bisa memiliki kesiapan untuk memberikan pertolongan pertama kepada masyarakat khususnya pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen,” ungkapnya dalam lawatannya ke PT. Samator.

Selain itu Prof. Muhadjir Effendy, M.A.P juge mengimbau kepada perusahaan-perusahan yang memiliki tabung supaya dapat menitipkan tabungnya, sehingga bisa digunakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Masyarakat yang melaksanakan isolasi mandiri, apabila merasa berat ataupun ada kendala hendaknya segera melapor dan menuju rumah sakit terdekat, apabila gejala ringan juga diharapkan lapor kepada Puskesmas agar bisa di lakukan monitoring dan diberikan penanganan oleh pihak Puskesmas,” tambahnya.

Selanjutnya rombongan Menteri bersama dengan PJ Gubernur Kalsel Dr. Drs. Safrizal Z.A., M.Si., Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol. Moch. Noor Subchan, S.I.K., M.H., Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalsel Dr. H. M. Muslim, S.Pd., M.Kes., Wakil Ketua DPRD Prov. Kalsel M. Syaripuddin, dan Wakapolres Banjarbaru Kompol Ajie Lukman, S.I.K., M.H., melanjutkan peninjauan ke Kantor Instalasi Farmasi Prov. Kalsel Jl. A. Yani Km 21 Kel Landasan Ulin Utara Kec. Liang Anggang Kota Banjarbaru.

Kepala Instalasi Farmasi Prov. Kalsel Rahmadi, S.Km., M.S., yang menerima kunjungan tersebut pun secara bersama-sama kemudian melakukan pengecekan pada stok vaksin Covid-19 yang tersimpan di gudang penyimpanan vaksin Instalasi Farmasi Prov. Kalsel.

Menko PMK lantas meminta kepada semua pihak terkait yang hadir pada kegiatan ini, agar melakukan percepatan distribusi vaksin ke seluruh wilayah Prov. Kalsel sesuai dengan anjuran Pemerintah Pusat, apabila terjadi kekurangan Vaksin langsung ajukan permintaannya dan dari Kementrian PMK akan membantu mendorong permintaan tersebut.

“Untuk stok vaksin yang telah lama tersimpan agar bisa di cek kualitasnya sebelum terdistribusi ke masyarkat sehingga program vaksinasi dapat berjalan sesuai dengan tujuannya,” ucap Prof. Muhadjir Effendy, M.A.P.

Menurut Menko PMK, saat ini di beberapa wilayah telah terjadi lonjakan permintaan kebutuhan oksigen, sehingga dirinya pada hari ini hadir di Banjarbaru untuk meninjau secara langsung ketersediaan oksigen di Banjarbaru dan mengambil langkah kebijakan bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Sebelum meninggalkan Kantor Instalasi Farmasi Prov. Kalsel, Menko PMK memberikan kenang-kenangan berupa plakat kepada Kepala Instalasi Farmasi Prov. Kalsel.

Pada kesempatan yang berbeda Kapolres Banjarbaru AKBP Nur Khamid, S.H., S.I.K., M.M., melalui Wakapolres Banjarbaru Kompol Ajie Lukman, S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa Polres Banjarbaru dalam rangka kunjungan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menyiagakan sebanyak 76 Personel untuk mengamankan jalannya kegiatan pada hari ini.

“Ini merupakan bentuk kesiapsiagaan kami untuk menjamin keamanan serta kelancaran kegiatan kunjungan Menko PMK di wilayah kami,” tegas Kompol Ajie Lukman.

Wakapolres menambahkan, pihaknya telah memetakan beberapa titik pengamanan Personel yang disiagakan di lapangan. “Kita sudah siapkan Personel untuk melakukan pengamanan dari mulai proses kedatangan hingga selesai kegiatan,” ungkapnya.

Kompol Ajie Lukman juga berharap kunjungan Menko PMK hari ini dapat memberikan motivasi dan dampak positif dalam penanganan Covid-19 di, utamanya di tengah situasi PPKM Level IV di Kota Banjarbaru.

“Kegiatan ini merupakan bukti bahwa seluruh pihak mulai dari tingkat atas hingga tingkat bawah memiliki tujuan dan dedikari yang sama untuk terus bahu-membahu dalam mengatasi Covid-19, yang terpenting saya mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat mendukung penanganan Covid-19 dengan tetap menjaga kesehatan, selalu mengedepankan Protkes dan jangan sampai lengah dengan situasi yang ada saat ini sampai dengan pandemi Covid-19 benar-benar berkahir,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Kapolri Terima Audiensi Walubi, Bahas Perayaan Waisak Nasional Hingga Kerukunan Bangsa
Tiba Di Timika, Asops Kapolri Lakukan Supervisi Kepada Ops Damai Cartenz-2024
Polri Bongkar 5 Lab Narkoba Gelap, Sita Berbagai Prekursor dan Ribuan Pil Ekstasi
Sertifikasi Dakgar Lantas Gelombang I T.A 2024, Korlantas Berupaya Turunkan Angka Kecelakaan Lalin
Bareskrim Polri Tangkap 60 Tersangka Narkoba Jaringan Fredy Pratama
Tim Itwasum Polri Lakukan Audit di Divisi Humas Polri
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Atensi Proyek Strategis Nasional, Kapolda Irjen A Rachmad Wibowo : Polri Kawal PSN agar Selesai Tepat Waktu dan Tidak Timbulkan Gejolak Masyarakat
Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan Ciptakan Kamtibmas Kondusdif di Wilayah Hukum Polsek Ganeas Polres Sumedang Polda Jabar
Menyambut Kegiatan Latsitarda XLIV, Sat Polairud Polresta Balikpapan Berikan Rasa Aman Warga Masyarakat Pesisir
Sambangi Sim Keliling, Kapolsek Jatiroto Sampaikan Pesan Kamtibmas Kepada Warga
Bhabinkamtibmas Desa Bendorejo Laksanakan Pengamanan Dan Pengawasan Pembagian BLT-DD Bulan Ke-5 Desa Bendorejo
Kapolsek Udanawu Hadiri Lokakarya Mini Lintas Sektor Dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting Kecamatan Udanawu
Lihat Semua
WordPress Lightbox