[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolres Pimpin Vaksinasi Serentak bagi Pelajar MAN Lumajang Dipantau Panglima TNI dan Kapolri.

LUMAJANG- Akselerasi vaksinasi nasional terus digencarkan, Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K, M.Si. hadiri serbuan vaksinasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Jl. Citandui 75 Lumajang. Jumat (15/10/21)

WhatsApp Image 2021 10 15 at 13.37.54

Antusiasme ratusan pelajar MAN Lumajang menjadi pemandangan menarik kali ini, karena sejak pagi mereka dengan tertib menerapkan prokes untuk mengikuti vaksinasi serentak yang dipantau secara virtual oleh Panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jendral Polisi Drs. Sulistyo Sigit Prabowo, M.si.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, serbuan vaksinasi merdeka yang berlangsung di Lapangan THOR ini diikuti kurang lebih 20.000 untuk hari ini, dan berikutnya akan juga dilaksanakan 20.000. Diikuti jajaran di 34 Polres dan Kodim, yang juga melaksanakan hal yang sama dengan target 26.000 untuk memvaksinasi masyarakat rentan, lansia, anak-anak di atas usia 12 tahun dan difabel.

“Vaksinasi terbukti mampu melindungi masyarakat dari perburukan akibat terpapar covid-19 oleh sebab itu akselerasi terus kita lakukan baik di wilayah-wilayah yang capaiannya sudah tinggi, termasuk wilayah-wilayah aglomerasi, sehingga lalu lintas masyarakat, aktivitas masyarakat, di wilayah tersebut bisa berjalan dengan lancar, dengan perlindungan vaksinasi baik dosis 1 maupun dosis 2,” jelasnya.

WhatsApp Image 2021 10 15 at 12.01.24

“Oleh sebab itu pada siang hari ini kita melaksanakan vaksinasi dan terus kita laksanakan untuk mencapai target 70% dari setiap daerah. Semoga pelaksanaan vaksinasi ini juga berjalan lancar dan kegiatan perekonomian juga akan ikut berjalan dengan lancar dan baik,” tambah Panglima TNI.

Lebih lanjut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menambahkan, keberhasilan penanganan covid-19 di Jawa Timur tidak luput dari kerja keras bersama dan kekompakan pemerintah daerah dalam hal ini Forkopimda, baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten /Kota, yang solid dan kompak dalam melakukan langkah-langkah menghadapi dan mengendalikan laju bertumbuhan covid, dari progres vaksinasi yang dilaksanakan, Kapolri mendapatkan laporan bahwa dari rata-rata 2 juta sehari yang di harapkan bapak Presiden.

“Kemudian di wilayah Jawa Timur sendiri yang berada di angka kurang lebih 300.000. Itu sudah beberapa kali targetnya bisa tercapai, bahkan di dalam beberapa kali kunjungan angka-angkanya terus mengalami peningkatan,” ucap Kapolri dihadapan awak media.

WhatsApp Image 2021 10 15 at 12.01.26

Selain itu, Kapolri mengatakan. Diharapkan sore nanti atau besok pagi, kita mendapatkan laporan bahwa target capaian harian untuk vaksinasi bisa over prestasi.

“Tentunya ini menjadi prestasi bagi seluruh rekan-rekan. Ini tentunya harus terus ditingkatkan untuk mencapai vaksinasi 70% dalam rangka membentuk kekebalan komunitas yang diharapkan,” harapnya.

“Seiring dengan hal tersebut, kita juga melihat bahwa PPKM di wilayah Jawa Timur terus mengalami penurunan, bahkan di Blitar saat ini sedang menjadi role model untuk PPKM level 1, dan sebagian besar juga PPKM level 2. Ini tentunya harus terus-menerus diikuti karena memang aktivitas meningkat seiring dengan diturunkannya PPKM yang ada di wilayah Jawa Timur,” paparnya.

WhatsApp Image 2021 10 15 at 13.37.51

Ini tentunya menjadi perhatian kita semua agar pada saat aktivitas masyarakat mulai meningkat laju pertumbuhan covid tetap bisa kita kendalikan, strateginya adalah bagaimana menegakkan prokes secara ketat, di sisi lain kegiatan vaksinasi juga harus ditingkatkan sehingga pencapaian 70% itu betul-betul bisa terlaksana.

“Kemudian saya selalu mengingatkan bahwa di wilayah-wilayah yang terjadi kegiatan, terjadi kerumunan masyarakat, tolong dipasang aplikasi peduli lindungi, sehingga kemudian seluruh aktivitas masyarakat yang masuk di tempat tersebut bisa termonitor. Mana yang belum vaksin, mana yang sudah vaksin dan mana yang ada riwayat kontak erat, atau positif, sehingga kemudian bisa dilakukan langkah karantina sementara sebelum dilaksanakan treatment lanjutan, apakah dimasukkan ke isolasi terpusat ataukah dirawat di rumah sakit,” pesan Kapolri.

“Ini tentunya kita imbau untuk terus dilakukan, sehingga kegiatan vaksinasi berjalan dengan baik, prokesnya berjalan dengan baik, kegiatan 3T-nya juga terus-menerus ditingkatkan. Sehingga laju pengendalian covid, pertumbuhan covid yang semakin terus turun bisa dikendalikan,” imbaunya.

WhatsApp Image 2021 10 15 at 13.53.06

Apresiasi juga disampaikan Kapolri untuk keberhasilan Forkopimda Jatim, atas kekompakkannya, tentunya hal ini dapat menjadi contoh untuk daerah lain.

“Sekali lagi, terima kasih kepada seluruh rekan-rekan Forkopimda, baik provinsi, Bu gubernur, Pak pangdam, Pak Kapolda yang selalu solid dan kompak, ini tentunya menjadi contoh bagi wilayah-wilayah lain untuk bisa melakukan hal yang sama. Sekali lagi, selamat terus pertahankan dan mudah-mudahan targetting yang diharapkan bisa segera tercapai,” pungkas Kapolri.

Sementara itu di MAN Lumajang, pemandangan menarik lainnya, tampak ketika Kapolres yang hadir bersama Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf. Andi A. Wibowo, S.Sos, M.I.Pol. tiba-tiba diberondong pertanyaan oleh wartawan sekolah, Eka sempat terkejut sembari tertawa lirih ternyata yang sedang mewawancarainya adalah seorang siswa MAN yang kesehariannya memiliki talenta sebagai jurnalis sekolah di MAN Lumajang.

 

WhatsApp Image 2021 10 15 at 13.53.06 1

Dalam wawancara itu Eka menyampaikan terimakasih atas antusiasme pelajar MAN Lumajang yang sangat tertib dalam mengikuti vaksinasi pada hari ini.

“Wah, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas antusiasme pelajar MAN Lumajang yang pada hari ini sangat tertib dan tetap menerapkan prokes dalam mengikuti vaksinasi tahap I dan Tahap II, saya juga mengucapkan terimakasih kepada orang tua yang telah berkenan memberikan ijin kepada putra dan putrinya untuk mendapat vaksin dalam rangka akselerasi vaksinasi nasional dan menyambut PTM (pembelajaran Tatap Muka) nantinya,” jelas Eka.

Saat ditanya sejauh mana capaian vaksinasi di Kabupaten Lumajang, Eka mengungkap bahwa capaian vaksinasi di Lumajang telah mencapai 32% yang artinya akselerasi vaksinasi akan terus ditingkatkan hingga memenuhi target pemerintah.

 

“Ya, sampai hari ini tanggal 15 Oktober 2021 sesuai laporan yang saya terima tercatat vaksinasi di Kabupaten Lumajang mencapai 32%, artinya bahwa Pemerintah bersama TNI-Polri akan meningkatkan upaya-upaya dalam rangka akselerasi vaksinasi nasional, hingga target 70% yang telah ditentukan oleh pemerintah dapat terpenuhi,”ungkap Eka.

WhatsApp Image 2021 10 15 at 12.01.27 1

Setelah ditanya tentang harapannya dengan serbuan vaksinasi kali ini, Eka menjelaskan serbuan vaksinasi bagi pelajar diharapkan dapat memenuhi target 70% pelajar telah divaksin, upaya itu dilakukan untuk menciptakan Herd Immunity di lingkungan pendidikan.

“Ya, harapan saya dengan akselerasi vaksinasi kepada para pelajar dan pendidik di lingkungan sekolah, dapat sesegera mungkin menciptakan Herd Immunity di lingkungan pendidikan, dan kali ini utamanya di MAN Lumajang. Ya semakin cepat maka PTM bisa dilaksanakan sepenuhnya,” harapnya.

Seusai acara Kapolres dan Dandim 0821 Lumajang menyempatkan diri menyapa dan berbincang dengan para pelajar MAN Lumajang, sesekali Eka menanyakan tentang Aplikasi Peduli Lindungi kepada para pelajar.

 

“Apakah di HP, kalian sudah mengunduh Aplikasi Peduli Lindungi ?,”tanya Eka.

Hampir serentak para pelajar menjawab, “sudah pak, kami mengunduhnya sejak kami mendapat vaksin tahap I”jawab pelajar.

WhatsApp Image 2021 10 15 at 12.01.27 1 1

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah MAN Lumajang Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag, M.Pd menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah, TNI dan Polri, yang telah memberikan vaksinasi kepada anak didiknya.

“saya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Pemerintah, TNI dan Polri, yang telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada anak didik kami, ini merupakan kehormatan besar bagi kami karena pada 2 momentum vaksinasi serentak, pada kesempatan yang lalu sekolah kami diberikan kesempatan bertatap muka dengan Presiden dan hari ini kami bisa bertatap muka secara virtual dengan bapak Panglima TNI dan Kapolri, terimakasih Bapak Kapolres, terimakasih bapak Dandim,” ungkap Sofyan.

Sinergitas TNI-Polri bersama MAN Lumajang tampak begitu hangat, tercatat 250 pelajar telah mendapatkan vaksin tahap I dan 185 pelajar mendapat vaksin tahap II, sehingga total 435 dosis vaksin telah diberikan kepada pelajar MAN Lumajang hari ini. (Humas Polres Lumajang)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Divkum Polri Gelar Rakernis : Penguatan Fungsi Hukum untuk Polri Presisi
Sertifikasi Penyidik Laka Lantas Sangat Penting Untuk Profesional Petugas
Kabaharkam Polri Akan Pimpin Operasi Puri Agung Amankan WWF Ke-10
Polri Gelar Operasi Puri Agung 2024 Amankan WWF Ke-10 di Bali
Wujudkan Peningkatan Ketersediaan Pangan, Kapolri-Mentan Tantadangani MoU
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polisi Kerumutan Cegah Aksi C3 di Objek Vital
Polisi Kerumutan Cegah Aksi C3 di Objek Vital
Polisi Bunut Silaturahmi Dengan Warga Binaan
Polisi Bunut Silaturahmi Dengan Warga Binaan
Bhabinkamtibmas Polsek Ukui Sambangi Ketua BPD, Ciptakan Suasana Harkamtibmas Yang Sejuk
Polisi Langgam Gelar Subuh Harmoni dan Sampaikan Pesan Kamtibmas
Jumat Curhat, Polisi Bunut Sampaikan Pesan Kamtibmas dan Penerimaan Polri 2024
Polisi Gelar Jumat Curhat dan Serap Keluhan Warga Bandar Sei Kijang
Lihat Semua
WordPress Lightbox