[language-switcher]
Beranda  Berita

Percepatan SUMDARSIN di 3 Kecamatan Kab. Pessel, Pelayanan Vaksinasi Secara Mobile di Lakukan Hingga ke Pelosok Nagari

Sumbar – Kapolres Pesisir Selatan AKBP Sri Wibowo, S.I.K, M.H terus memotivasi dan menggenjot jajarannya untuk Akselerasi Vaksinasi di Sumatera Barat Sadar Vaksin (SUMDARSIN) di Kecamatan Se-Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (15/12/21).

Dengan intruksi Kapolres Tentang Melakukan Sumdarsin di Wilayah Hukum Polsek Koto XI Tarusan, Polsek Batang Kapas dan Polsek Lengayang kali ini adalah memasuki hari ke 2.

Dalam arahan beliau surat perintah ini untuk mengakselerasi Percepatan Vaksinasi didaerah tersebut yang mana masih rendah dalam pencapaiannya.

Kapolres mengatakan dengan 3 komponen penting dalam akselerasi vaksin yakni turun ke nagari-nagari mendorong masyarakat agar segera vaksin, menyediakan vaksinator dan ketersediaan vaksin yang aman, halal dan steril.
Untuk Polres Pesisir Selatan menggelar vaksinasi yakni di 3 Wilayah hukum Polsek tersebut hal ini dibantu oleh semua fungsi atau semua personel Polres Pessel lainnya untuk mempercepat vaksinasi khususnya di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kecamatan Batang Kapas dan Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Terbukti hari ini semenjak pagi hari 3 Polsek yakni Polsek Koto XI Tarusan, Polsek Batang Kapas dan Polsek Lengayang melaksanakan Apel dipimpin oleh perwira pengendali yang telah ditunjuk sesuai Surat perintah Kapolres.
Apel menunjukkan jati diri sebagai personel Polri sebelum melaksanakan tugas guna lancarnya kegiatan yang telah dikoordinasikan tentunya tak lupa berdo’a demi dimudahkan segala urusan oleh Tuhan YME.
Untuk jumlah keseluruhan sebanyak 123 personel polres ditambah personil 3 polsek tersebut dengan dibagi menjadi 3 Tim yang akan di pimpin oleh beberapa Perwira dilapangan termasuk Dokter dan Vaksinator dari Polres dan juga Dinkes Kab. Pessel.

Tim dibagi untuk seluruh nagari-nagari menyebar mobile menjangkau masyarakat yang akan divaksinasi tentunya hal ini semata-mata untuk mendekatkan pelayanan kesehatan vaksinasi kepada masyarakat di 3 kecamatan itu.
Kapolres mengatakan hal ini merupakan bukti keseriusan Polres Pessel dan pemerintahan daerah Forkopimda, Forkopimca bersama dengan Kodim 0311 Pessel dalam upaya untuk segera mencapai Herd Immunity di 3 kecamatan itu khususnya dan pada umumnya di Kabupaten Pesisir Selatan.
Disamping inovasi kreatif door to door memberikan bansos ataupun door prize untuk peserta vaksinasi, bahkan teknisnya akan diatur dilapangan oleh Kasat dan Kapolsek yang mungkin menyediakan makan dan akomodasi agar lancar jalanya vaksinasi ini.

Data yang dihimpun Humas Polres yang di catut dari Data Bag Ops untuk jumlahnya sangat sangat signifikan menunjukan grafik kenaikan dengan capaian tertinggi masih diperoleh Polsek Lengayang dengan rincian sebagai berikut Polsek Koto XI Tarusan jumlah 598 Dosis, Dosis I jumlah 299 orang, Dosis II jumlah 297 orang dan Dosis III 2 orang, Polsek Batang Kapas jumlah 472 Dosis, Dosis I jumlah 243 orang, Dosis II jumlah 229 orang.

Sementara Polsek Lengayang jumlah 609 Dosis yang diantaranya Dosis I jumlah 221 orang, Dosis II jumlah 385 orang dan Dosis III 3 orang.

Kegiatan dilaksanakan sesuai Standar Operasi Pelaksanaan Vaksinasi melewati pemeriksaan data, screening oleh Nakes dan penginputan data secara digital, terakhir observasi KIPI pasca vaksin selama 30 menit semuanya berjalan lancar dan aman.

“Dengan hasil sekarang kita yakin dengan upaya dan kerja sama dari berbagai pihak capaian vaksinasi di 3 Kecamatan ini akan naik secara signifikan” tentunya ini butuh bantuan masyarakat, mau menerima pemahaman pentingnya vaksinasi untuk kesehatan diri sendiri, keluarga dan sanak saudara sekitarnya.
Karena maksud Herd Immunity itu sendiri membentuk kekebalan komunal atau bersama agar memutuskan mata rantai penyebaran pandemi Covid-19.

Kapolres menambahkan Rangkaian kegiatan Sumdarsin ini juga direncanakan akan terus berlanjut sampai hasil yang signifikan tinggi, yang akan dipusatkan pada beberapa tempat.

Kami berharap kehadiran kami ditengah – tengah masyarakat membuktikan kami serius karena kesehatan masyarakat yang utama dan harapanya masyarakat agar meluangkan waktu aktifitasnya dalam melaksanakan vaksinasi ini nantinya.

Jika dalam satu kali pelaksanaan bisa seribu orang pertama kecamatan maka dalam rentang akhir tahun capaiannya akan sangat signifikan, bahkan harapanya laju Covid-19 saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti bisa kita jaga” dan ekonomi masyarakat kembali pulih karena kita bisa beraktivitas normal, apalagi mulai awal tahun nanti vaksin berbayar mulai diberlakukan, ujar Kapolres.

Dan Kapolres Pessel berpesan kepada masyarakat khususnya 3 kecamatan ini, agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan terutama menggunakan masker.

Ia yakin pada akhir tahun peringkat capaian vaksinasi di Sumbar bisa menembus 10 besar tertinggi nasional bahkan lebih baik lagi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

SIM Indonesia Resmi Diakui di Luar Negeri: Malaysia, Laos hingga Singapura
3.325 Calon Taruna-Taruni Akpol Ikut Seleksi, Masuk Tahap Uji Jasmani
Polri Tangkap Buronan Kelas Kakap Nomor Satu Thailand di Bali
Rakernis Logistik Polri 2024, Optimalkan Pengelolaan Produk Dalam Negeri
Rasakan Mudahnya Pengurusan SIM Online, Pegiat Anti Korupsi Apresiasi Polri
Satgassus Pencegahan Polri Lakukan Pengawasan Pupuk Subsidi di Dua Kabupaten
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polres Indramayu Saksikan Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual
Polres Indramayu Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024
Pilkada Tahun 2024: Kabag Ops Polres Rembang Berikan Arahan Pada 64 Calon Walpri 
Polres Tangsel Gelar Upacara Peringatan Hari lahir Pancasila
Waka Polres Melawi Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024
Antisipasi Kenakalan Remaja, Dilaksanakan Patroli Gabungan Tiga Pilar Dan Razia Polres Sibolga
Lihat Semua
WordPress Lightbox