[language-switcher]
Beranda  Berita

Upaya Cegah PMK Meluas, Polres Karanganyar Bersama Instansi terkait Laksanakan Vaksinasi Ternak Dan Semprot Disinfektan

KARANGANYAR – Setelah beberapa waktu wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menjadi momok bagi peternak, khususnya peternak hewan berkuku belah. Begitu juga Pemerintah, merespon dengan cepat untuk melakukan berbagai upaya dalam mencegah penyebaran PMK, khususnya di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Polres Karanganyar sejak awal ditemukannya PMK di wilayah lain, sudah melakukan berbagai tindakan untuk melakukan pencegahan penyebaran PMK di Karanganyar. Kegiatan Kepolisian seperti pendataan, himbauan dan sosialisasi mengenai PMK telah masif dilakukan oleh para Bhabinkamtibmas Polres Karanganyar.

Kasat Binmas AKP Lukman Tri. N mewakili Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo, S.I.K., mengatakan, Para Bhabinkamtibmas tersebut bersinergi dengan rekan-rekan Babinsa dan Instansi terkait lainnya untuk berusaha semaksimal mungkin menekan angka Positif PMK tidak meluas di wilayah Kabupaten Karanganyar.

“Selain Bhabinkamtibmas, Sat Intelijen, Sat Samapta dan fungsi lainnya juga bekerja keras dalam menanggulangi wabah PMK ini, kami berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk bersinergi dalam upaya pengendalian PMK ini.” ungkap Kasat Binmas.

Lebih jauh Kasat Binmas menerangkan, tindakan berupa vaksinasi ternak serta penyemprotan disinfektan juga sudah dilaksanakan oleh Dispertan PP dan Polres Karanganyar bersama instansi terkait. Hal ini telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu dan akan terus dilaksanakan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Penanggulangan PMK dengan penyuntikan Vaksinasi pada ternak, penyemprotan disinfektan di kandang ternak serta edukasi kepada peternak terkait PMK akan terus kami lakukan, tentunya kami juga bekerjasama dengan instansi – instansi terkait dalam program ini.” terang Kasat Binmas.

Ia mengungkapkan, kegiatan vaksinasi ternak dan penyemprotan disinfektan terakhir dilakukan oleh Sat Samapta Polres Karanganyar dan Dispertan PP Kabupaten Karanganyar di desa Doplang Kecamatan Karangpandan dengan sasaran Vaksinasi terhadap 78 ekor sapi dan menyemprotkan disinfektan di area kendang guna mencegah PMK di daerah tersebut, , Rabu (13/7) Siang.

“Edukasi kepada peternak juga diutamakan agar menjaga kebersihan kendang, responsive terhadap gejala PMK serta rajin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak, tentunya, kami mengharap kerjasama dari berbagai pihak untuk mewujudkan Karanganyar bebas PMK.” Tutup AKP Lukman. (humasreskra)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Uskup Agung Jakarta Apresiasi Polri Berhasil Tingkatkan Kepuasan Masyarakat saat Mudik Lebaran
Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
Korban Pesawat Latih Jatuh di BSD Meninggal, RS Polri: Karena Benturan
Kapolri: Selamat Harkitnas, Eratkan Persaudaraan Menuju Indonesia Emas 2045
Polri Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116
Polri Amankan Opening Ceremony WWF Ke-10 di Bali Hari Ini
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Seorang Laki Laki Diketemukan Tewas di Rumah Kontrakan, Diduga Sakit Asam Lambung
Polsek Rambutan Patroli Dan Pengamanan Ibadah Minggu Bagi Umat Kristiani
Ajarkan Tertib Berlalulintas, Sat Lantas Polres Tebing Tinggi Police Goes To School
Polres Tebing Tinggi Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional
Polsek Ngantru Lakukan Pengamanan Pagelaran Wayang Kulit Dalam Rangka Bersih Desa
Personil Polsek Sendang Amankan Pertunjukan Pentas Seni Jaranan di Desa Nglutung
Lihat Semua
WordPress Lightbox