[language-switcher]
Beranda  Berita

Dua Sekolah Dasar di Mempawah Dibobol Maling, Satreskrim Polres Mempawah Ungkap Para Pelaku

MEMPAWAH – Unit Jatanras Satreskrim Polres Mempawah, Polda Kalbar, berhasil mengungkap tindak pencurian ataupun pembobolan di SDN 13 Mempawah Timur dan SDN 10 Mempawah Hilir.

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kasatreskrim Iptu Wendi Sulistiono, kepada awak media membenarkan pengungkapan kasus pencurian di dua sekolah dan telah menangkap dua tersangka dalam kasus tersebut.

“Benar, pada Jumat 4 November 2022 sekira pukul 06.20 WIB telah diketahui ada tindak pencurian di SDN 13 Mempawah Timur,” jelas Wendi kepada awak media, Selasa 22 November 2022.

Wendi menjelaskan, awal muda diketahui adanya pencurian di SDN 13 Mempawah Timur yakni dari staf sekolah, yang hendak masuk ke ruang guru, dan kaget melihat pintu telah terbengkas. Begitu pula dengan pintu lainnya, terlihat sudah terbuka lebar.

Terlebih ruang operator sekolah yang banyak disimpan berbagai barang inventaris kantor, dimana plafon dan ventilasi juga telah dijebol.

“Dalam laporannya di Polres Mempawah, pihak SDN 13 Mempawah Timur dirugikan Rp 29,5 juta karena telah hilang 1 unit Led Proyektor, 5 unit laptop merk Acer, tabung gas 3 Kg, serta uang tunai Rp 400 ribu,” ungkap Wendi kepada para awak media.

Wendi menjelaskan, saat setelah mendapat laporan, Unit Jatanras Satreskrim Polres Mempawahlangsung bergerak untuk melakukan penyelidikan.

Dari hasil penyelidikan, didapatlah nama para tersangka, dan pihak Kepolisian terus mencari keberadaan barang bukti pencurian.

Namun, di tengah penyelidikan, justru Kepolisian kembali mendapat laporan serupa yakni pencurian di sekolah lainnya.

“Jadi, saat kita melakukan penyelidikan kasus pencurian di SDN 13 Mempawah Timur, kita kembali mendapatkan laporan kecurian di SDN 10 Mempawah hilir yang dilaporkan telah dibobol maling pada Minggu 13 November 2022 tersebut,” ungkap Wendi.

Dalam aksinya di SDN 10 Mempawah Hilir, para pencuri membawa kabur 2 unit LCD Proyektor merk Optima senilai Rp 10.246.000.

“Kedua laporan polisi tentang aksi pencurian di sekolah dalam waktu berdekatan ini, membuat kami bergerak cepat. Penyelidikan diintensifkan, sehingga keterlibatan kawanan pencuri makin menguat,” terang Kasat Reskrim.

Setelah dilakukan penyelidikan dan pengembangan kasus, akhirnya pada Rabu 16 November 2022, Tim Jatanras Satreskrim Polres Mempawah berhasil membekuk kawanan pembobol dua sekolah tersebut.

“Kedua terduga pelaku tersebut yakni IB (33) warga Pontianak Timur, dan DA (28) warga MempawahTimur,” tegas Wendi.

Setelah diciduk, kedua pelaku tersebut mengakui perbuatannya dan membeberkan keberadaan barang bukti yang sebagian besar telah dijual ke Kota Pontianak.

“Jadi, usai menguras barang inventaris sekolah itu, kedua pelaku langsung menjual barang curian ke Kota Pontianak,” jelas Wendi.

“Untuk saat ini kedua tersangka sudah diamankan di Mapolres Mempawah untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” tutup Wendi. 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Bongkar 5 Lab Narkoba Gelap, Sita Berbagai Prekursor dan Ribuan Pil Ekstasi
Sertifikasi Dakgar Lantas Gelombang I T.A 2024, Korlantas Berupaya Turunkan Angka Kecelakaan Lalin
Bareskrim Polri Tangkap 60 Tersangka Narkoba Jaringan Fredy Pratama
Tim Itwasum Polri Lakukan Audit di Divisi Humas Polri
Latsitarda Nusantara XLIV/2024 di Kaltim Resmi Dibuka
Cek Kesiapan Kendaraan KTT WWF ke-10, Kakorlantas Siapkan Kendaraan Listrik Untuk Pengawalan VVIP
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polres Rembang Menghadiri Grand Final Persentasi Finalis Business Idea Competition Tahun 2024 di SMA Negeri 1 Rembang
Polres Rembang Beri Arahan Dalmas  Raimas, Untuk Disiapkan Jaga Kamtibmas
Polsek Tebing Tinggi Laksanakan Pengamanan Gereja Dalam Ibadah Minggu
Dukung Pergelaran Musik Lokal, Polres Tebing Tinggi Beri Pengamanan Event Organizer Timeless Media Produksi
Bhabinkamtibmas Polres Tebing Tinggi Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas Dan Sosialisasi Operasi Katarak
Kanit Sabhara Polsek Tebing Tinggi Ipda Jonatan Tambun Mediasi Permasalahan Warga
Lihat Semua
WordPress Lightbox