[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolres Bungo Bagi Resep Jaga Anak

Polresbungo.com – Muara Bungo. Semua orang tua tentu ingin anak-anaknya menjadi orang yang berguna, dan membanggakan untuk masa depan kelak. Namun tidak sedikit ditemukan anak-anak bisa terlibat berbagai perilaku yang menyimpang.

Menyikapi fenomena itu, tentu harus ada cara atau resep agar anak-anak tetap ada di jalur yang benar selama menjalan hidup menjelang dewasa. Tentu resep ampuh terhadap anak menjadi bumbu bagi semua agar generasi kedepan menjadi gemilang.

IMG 20221125 WA0088

Seperti disampaikan oleh Kapolres Bungo AKBP Wahyu Bram bahwa peran penting agar anak-anak tidak terlibat dalam tindak pidana dan perilaku yang menyimpang saat mereka bergaul sangat perlu diperhatikan. Karena anak-anak sangat rentan sesuatu yang baru.

“Secara persentase anak-anak masih usia sekolah sangat rentan dengan pengaruh -pengaruh negatif. Seperti pergaulan yang tidak sesuai norma, bahkan ada juga yang terjerumus ke narkoba. Tentu semua yang dialami itu, sangat perlu perhatian serius dari kita semua,” ungkap AKBP Bram, Sabtu (17/12/2022).

Dijelaskannya proses seseorang itu terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, berawal dari pergaulan yang salah. Itu juga karena tidak ada kontrol yang serius terhadap apa keseharian anak-anak. Jadi sangat penting peran orang tua mencegah agar tindakan menyimpang tidak terjadi.

“Ya, awalnya mereka berteman akrab tidak lama kemudian mereka bergaul dengan para pencandu narkoba. Momen itu pasti pengaruh negatif sangat mudah merasuk kepada anak-anak kita. Selain narkoba itu, bisa juga pergaulan bebas, merokok dan tindakan menyimpang lainnya,” katanya.

Selain itu, anak-anak juga kerap terlibat dalam tindakan balap liar, tawuran serta saling buly antara satu dengan yang lain, mengakibatkan terjadilah perkelahian dan tindakan melanggar hukum. Bila anak itu sudah sibuk di luar rumah bersama teman – temannya maka tidak bisa dikontrol lagi.

“Banyak kasus perilaku menyimpang pada anak juga disebabkan karena kesibukan para orang tua, baik yang bekerja dan lain sebagainya. Akibat kesibukan itu, semua perhatian kepada anak menjadi berkurang. Terkait perilaku menyimpang dilakukan anak-anak itu, kesalahan kita semua,” kata Bram.

Tentu sebagai Kapolres sebisa mungkin akan membantu para orang tua agar anak -anak baik yang usia sekolah maupun non usia sekolah, memberikan beberapa resep agar tetap terjaga dengan baik kemudian tidak terlibat dalam perilaku menyimpang.

“Untuk remaja usia sekolah, saya sudah berbicara langsung dengan semua baik itu kepala sekolah, hingga diknas mengajak agar seluruh kepala sekolah menyisihkan dana bos, untuk kegiatan-kegiatan positif lebih lama anak-anak di sekolah,” paparnya.

Selain itu, dirinya juga sudah berkoordinasi dengan PBNU Kabupaten Bungo supaya di setiap dusun mengaktifkan mengaji antara Isya dan Magrib, karena ini sempat vakum akibat pandemi covid-19. Kesibukan yang begitu aktif anak -anak akan lebih terjaga.

“Dengan pihak Dispora saya juga sudah berkoordinasi agar membuat kegiatan di tingkat kabupaten atau kecamatan antar sekolah. Dengan seperti itu, anak – anak kita lebih fokus dengan kegiatan positif, dengan ini, saya yakin semua niat baik kita akan berjalan sukses demi masa depan anak-anak kita,” pungkasnya. (HPB)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kepala Biro PID Divhumas Polri Hadiri Halal Bihalal dan Resepsi Milad Ke-11 Fans Rhoma Irama
Jelang KTT WWF di Bali, Korlantas Polri Survey Pengamanan dan Pengawalan di Beberapa Venue Kunjungan Delegasi
Program Pendidikan Siswa Qur’ani Cetak Polwan Berprestasi Dengan Keagamaan Kuat
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Divkum Polri Gelar Rakernis : Penguatan Fungsi Hukum untuk Polri Presisi
Sertifikasi Penyidik Laka Lantas Sangat Penting Untuk Profesional Petugas
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Respon Keluhan Masyarakat, Polres Karanganyar Gerak Cepat Gelar Operasi Sepeda Motor Berknalpot Brong
Patroli Dialogis, Anggota Polsek Beduai Sampaikan Pesan Kamtibmas
Ciptakan Sekitaran SPBU Aman, Polsek Kembayan Lakukan Patroli Rutin
28 Unit Ruko di Pasar Bodok Ludes Di Lahap Si Jago Merah
Jengkel kepada istri, seorang lelaki di Kab. Semarang cabuli anak tiri.
Polsek Tebing Tinggi Laksanakan Patroli Antisipasi Gangguan Kamtibmas Dimalam Hari
Lihat Semua
WordPress Lightbox