[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolres Aceh Jaya Menyaksikan Peresmian Kantor Bumdesma Aceh Jaya Kerja Bersama

Calang – Kapolres Aceh Jaya AKBP Ydi Wiyono menyaksikan peresmian Kantor Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) Aceh Jaya Kerja Bersama oleh Pj. Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos, M.Si, yang berlokasi di Jalan Lama Calang – Meulaboh Gampong Dayah Baro, Selasa, 7 Februari 2023.

Kegiatan tersebut turut hadir Wakil Ketua I DPRK Aceh Jaya, Wakil Ketua II DPRK Aceh Jaya, Kapolres Aceh Jaya, Unsur Forkopimda, Asisten Perekomonian dan Pembangunan Setda Aceh Jaya, Para SKPK terkait, Para Camat, Pengurus BUMDESMA Aceh Jaya Kerja Bersama, Para Keuchik serta unsur terkait lainnya.

Dalam laporannya Direktur BUMDESMA Aceh Jaya Kerja Bersama Zulfahmi, S.H, mengatakan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan seluruh Keuchik dalam Kabupaten Aceh Jaya untuk bisa mewujudkan cita-cita yang diharapkan masyarakat pada umumnya.

“Hari ini berkat dorongan dan ide-ide cemerlang dari Pj. Bupati Aceh Jaya, sudah mulai ada pembahasan tentang pembentukan BUMDESMA di beberapa kecamatan misalnya Kecamatan Teunom, Krueng Sabee, Jaya dan Kecamatan lainnya yang artinya seluruh BUMDESMA–BUMDESMA yang ada akan terus berkoordinasi dengan kita dan akan terus menjalankan fungsinya sebagai BUMDESMA di kecamatan yang nantinya akan menjadi bagian kerja dari BUMDESMA Bersama yang ada di Kabupaten. Tentunya ini tidak terlepas dari kerjasama rekan-rekan seluruhnya bahwa potensi-potensi yang ada di Kabupaten Aceh Jaya ini harus kita eksplor, dengan harapan untuk menjadi peningkatan ekonomi masyarakat di Aceh Jaya yang lebih baik lagi.” Ucap Zulfahmi, S.H.

Aceh Jaya memiliki 172 gampong (desa) dari 9 kecamatan, dari para pemerintah gampong telah merintis lewat Musyawarah Gampong -I menghasilkan kesepakatan untuk membentuk BUMDESMA dan menyertakan modal awal (saham) yang mencapai 21 milyar rupiah. Badan usaha Milik Desa Bersama disiapkan untuk menjalankan peran sebagai investor utama menggerakkan sektor ekonomi rakyat di Kabupaten Aceh Jaya. Untuk mempercepat capaian-capaian kegiatan usaha. Hal-hal yang tadinya memakan waktu lama jika dilakukan oleh Gampong masing-masing atau oleh sektor swasta sendiri secara terpisah, sekarang dapat dipercepat prosesnya melalui jalan kolaborasi modal swasta dan dana publik setelah ada BUMDESMA Aceh Jaya Kerja Bersama.

Pj. Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos, M.Si, menyampaikan bahwa pada masa awal menjabat dirinya mengatakan bahwa dengan potensi yang tinggi di Kabupaten Aceh Jaya baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusia (SDM), harus mulai membuat tata kelola, ekosistem usaha yang saling keterkaitan. Jika terus menunggu investor yang masuk akan memakan banyak waktu dan biaya untuk pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Aceh Jaya.

Oleh karena itu dirinya menyepakati untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) sebagai salah satu investor di Aceh Jaya tanpa harus menunggu atau mengundang investor luar untuk datang karena sudah menyiapkan investor lokal dari Aceh Jaya sendiri.

“Alhamdulillah sekarang sudah mulai jalan ada investor di Aceh Jaya dengan memulai pabrik kelapa sawit, bisa dibayangkan sebelumnya tanpa ekosistem tadi, habis dana kita puluhan bahkan ratusan juta hanya untuk modal investor, padahal kita mampu membuat diri kita sendiri menjadi investor. Makanya semua pendekatan dilakukan dengan pendekatan bisnis, seperti mencari kantor sendiri tanpa ada intervensi dari Bupati. Silahkan dicek, tidak ada permintaan bupati khusus pada Badan Usaha Milik Gampong yang memberatkan, jika ada silahkan lapor ke saya.” Ungkap Dr. Nurdin.

Lanjutnya semua Badan Usaha Milik Gampong murni didorong agar bisa bergerak sebagai lembaga bisnis atau suatu perusahaan yang ada di Aceh Jaya, kemudian dibawah usaha gampong tersebut harus memiliki anak usaha agar pada saat yang bersamaan setiap kegiatan bisa bergerak secara cepat dan paralel.

“Karena prinsip kita adalah desentralisasi usaha, masing-masing anak perusahaan bergerak sendiri-sendiri. Kami minta ada 11 anak perusahaan yang harus dibuat kemudian masing-masing anak perusahaan ini mewakili masing-masing kecamatan di Aceh Jaya. Cari orang orang terbaik yang ada di kecamatan-kecamatan Aceh Jaya dan dilibatkan dalam program-program perusahaan.

Kalau satu anak perusahaan bisa menyerap 10 orang tenaga kerja maka sudah ada 110 orang yang terserap di dalam bisnis ini. Jadi kita harus mulai berpikir sebagaimana cara berpikirnya para pengusaha, tidak ada pengusaha yang langsung punya uang banyak di awal. Negara sudah menyiapkan skema-skema pembiayaan supaya bisa membantu bergulirnya program peningkatan ekonomi yang ada.” Lanjut orang nomor satu di Aceh Jaya tersebut.

Pj Bupati Aceh Jaya juga berharap masyarakat terus terdorong untuk berproduksi dengan program-program yang sudah ada dan mendorong Badan Usaha Milik Gampong sebagai pelaku bisnis sembari menunggu investor-investor lain. Menurutnya jika daerah lain melakukan percepatan ekonomi dengan memudahkan perizinan, maka Aceh Jaya lebih dari itu dengan menyiapkan langsung badan usahanya sehingga jika ada investor yang datang tinggal melakukan penambahan saja.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Siap Amankan Welcoming Dinner Delegasi World Water Forum ke-10 di GWK
Persiapan Polri Amankan Opening Ceremony World Water Forum ke-10 di Bali
DPR Apresiasi Jenderal Sigit Atas Penghargaan Bagi Satrio 
Kegiatan Sterilisasi Polri Jelang Kedatangan Delegasi Hingga Tamu VVIP World Water Forum di Bali
Cek Venue Balinese Water Purification, Polri : Pastikan Pengamanan dan Rute
Perhelatan KTT WWF ke-10 : Posko Satgas Walrolakir Monitoring Pengamanan VVIP & VIP
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Wakapolda Kalbar Pimpin Tactical Wall Game, Susun Strategi Pengamanan Pekan Gawai Dayak Ke-XXXVIII Tahun 2024
Mobil Pick Up Tabrak Sepeda Motor Dari Belakang 1 Orang Tewas.
Bhabinkamtibmas Polsek Batang Tarang Ajak Warga Aktif Jaga Keamanan Lingkungan
Polsek Dolok Merawan Patroli Gabungan Minimalisir Kejahatan di Malam Minggu
Kebebasan Beragama, Polres Tebing Tinggi Pengamanan Acara Kebaktian Kebangunan Iman
Bhabinkamtibmas Polsek Padang Hulu Mediasi Perselisihan Paham Antar Warga
Lihat Semua
WordPress Lightbox