[language-switcher]
Beranda  Berita

Dalam Rangka Operasi Keselamatan Singgalang Th. 2023 Sat Lantas Gelar “Goes To School” di SMAN 1 Painan

Polres Pessel – Kepolisian Resor Pesisir Selatan melalui Sat Lantas menggelar Operasi Keselamatan Singgalang 2023 selama 14 hari, dimulai tanggal 7 hingga 20 Februari 2023. Kamis pagi 09 Februari 2023.

Operasi Keselamatan Singgalang tersebut bertemakan “Keselamatan Berlalu Lintas Yang Pertama dan Utama”.

Pada Operasi Keselamatan Singgalang 2023, kepolisian akan mengedepankan penindakan melalui kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan juga akan diberlakukan tilang manual untuk pelanggaran tertentu.

“Operasi Keselamatan Singgalang 2023 akan mengedepankan tindakan preventif, edukatif dan persuasif,” kata Kasat Lantas IPTU Riwal Maulidinata, S.Tr.K, S.I.K

Kasat Lantas menyebutkan bahwa operasi kali ini pihaknya akan menindak sejumlah pelanggaran yang kasat mata. Pelanggaran tersebut, antara lain tidak menggunakan helm, melawan arah, hingga pelanggaran yang menyebabkan gangguan dan kemacetan lalu lintas.

“Selain itu, kita pun akan menggunakan tilang manual seperti pelanggaran memakai knalpot brong atau racing, kendaraan tidak memakai pelat nomor, over load kendaraan yang beban tertinggi dan pelanggaran lalu lintas yang meresahkan masyarakat, seperti balap liar. Itu semua akan digunakan tilang manual,” ujarnya.

Sat Lantas Polres Pesisir Selatan pagi tadi melaksanakan Sosialisasi Himbauan kepada pelajar yang ada di Kota Painan.

Kegiatan Sat Lantas Polres Pesisir selatan tersebut bertempat di Sekolah SMAN 1 Painan di Wilkum Polres Pessel yakni “Sat Lantas Goes To School” kegiatan Safety Riding dalam rangka Operasi Keselamatan Singgalang Th. 2023.

Adapun kegiatannya yakni memberikan teguran terhadap siswa sekolah yang melakukan pelanggaran Kasat mata serta mensosialisasikan surat edaran Cabdin ke sekolah SLTA atau sederajat di wilayah hukum Polres Pessel terutama SMAN 1 Painan.

Kasat Lantas IPTU Riwal Maulidinata, S.T.K, S.I.K melalui Kanit Regifent IPDA Rifki Dimas Aprillia, S.Tr.K, Kanit Turjawali IPDA Meriyanto, Banit Kamsel Aipda Riki Mustika, Banit Regident Brigadir Tegar Ariwibawa, SH, M.H yang datang langsung kesekolah sekitar pukul 10.00 Wib memberikan himbauan kepada kepala sekolahnya dan para siswa.

Dalam pelaksanaan personel Sat Lantas yang didampingi Kepala Sekolah dan Majelis guru juga melakukan teguran bagi siswa yang melanggar peraturan dalam berlalu lintas yakni akan Memberikan Surat Teguran dan Mensosialisasikan UU No. 2 Tahun 2009 tentang lalu lintas, tentang operasi keselamatan Singgalang 2023, mekanisme pembuatan SIM dan uji praktek SIM serta surat Edaran dari Cabdin ke Sekolah agar siswa Sekolah patuh terhadap Peraturan Lalu Lintas.

Kasat Lantas Polres Pessel IPTU Riwal Maulidinata, S.T.K, S.I.K mengatakan hal ini untuk menekan angka kecelakaan dan saat ini memang di hentikan tilang manual namun walaupun begitu kami untuk pelanggaran berat tetap diberikan tilang manual dan diberikan surat teguran kebeberapa siswa yang melanggar sebagai pernyataan tidak akan mengulangi kesalahannya.

Kami menghimbau kepada sekolah dan pelajar agar selalu menaati aturan berlalu lintas untuk keselamatan diri sendiri, karena generasi muda adalah harapan bangsa dan orang tua dalam melanjutkan kesejahteraan dan fokus kami keselamatan masyarakat yang utama maka mari lakukan hal yang demikian dan ini akan terus berlanjut setiap harinya, pungkas Kasat Lantas.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Uskup Agung Jakarta Apresiasi Polri Berhasil Tingkatkan Kepuasan Masyarakat saat Mudik Lebaran
Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
Korban Pesawat Latih Jatuh di BSD Meninggal, RS Polri: Karena Benturan
Kapolri: Selamat Harkitnas, Eratkan Persaudaraan Menuju Indonesia Emas 2045
Polri Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116
Polri Amankan Opening Ceremony WWF Ke-10 di Bali Hari Ini
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Patroli Perairan Sat Polairud Polres Tanjung Balai Pastikan Situasi Perairan Aman dan Kondusif
Pengamanan Ketat dari Polsek Perdagangan Sukseskan Pembukaan Simalungun Expo 2024
Cipta kondisi, Personil Polsek Paseh Gelar Patroli KRYD Malam Sambangi Obyek Vital
Unit Samapta Polsek Solokan Jeruk Polresta Bandung lakukan pengaturan lalu lintas Di daerah rawan macet di daerah se-kec. Solokanjeru
Bongkar Sindikat Pencurian Kendaraan Bermotor, 6 Personel Polres Tanjung Balai Dapat Penghargaan
Bhabinkamtibmas Desa Langensari Polsek Solokanjeruk silaturahim dengan warga
Lihat Semua
WordPress Lightbox