[language-switcher]
Beranda  Berita

1000 Bibit Pohon Ditanam, Peringati 4 Tahun Bencana Banjir Bandang Sentani

Sentani – Penanaman 1000 bibit pohon yang berlangsung di cagar alam Cycloop lebih tepatnya di kali Kemiri Jalan Baru Sentani Kab. Jayapura, Kamis (16/03) pagi.

Menelan korban ratusan nyawa tentu kita tidak lupa dengan bencana banjir bandang, tepatnya 4 Tahun lalu di tanggal 16 Maret 2019, hujan deras yang terjadi beberapa jam meluluh lantahkan sebagian besar wilayah Kemiri Sentani hingga Doyo Baru.

Memperingati 4 Tahun bencana banjir bandang, Polres Jayapura bersama CPA Hirosi dan Ondofolo Sentani melakukan aksi penanaman 1000 bibit pohon berbagai jenis di sekitar kali/sungai kemiri, dimana saat bencana banjir bandang menjadi tempat yang paling parah terdampak.

Penanaman bibit pohon yang dihadiri langsung Danrindam XVII Cenderawasih Kol. Inf Suhartono, S.Ip, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH, Ketua CPA Hirosi Marshall Suebu, S.Sos, M.Si, Ondofolo Kampung Sereh Yanto Eluay, SE, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Jayapura Delila Giay, S.IP, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Jayapura Abdul Rahman Basri, Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Jayapura Ny. Neli Samonsabra, Basarnas Jayapura, TNI dari Lanud Silas Papare, Bhayangkari, awak media (wartawan), perbankan, organisasi pecinta alam, pelajar dan masyarakat kemiri yang berjumlah kurang lebih 150 orang.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH mengatakan bahwa komitmen ini sudah dari tahun kemarin bagaimana pihaknya merawat cagar alam Cycloop, banyak kita lihat alih fungsi cagar alam Cycloop tentunya ini menjadi perhatian bersama, diharapkan pohon – pohon yang besar sebagai penyangga itu tidak ditebang, mungkin kalau dia mau berladang dengan sistem tumpang sari, sehingga tidak merusak ekosistem cagar alam itu sendiri.

“Momentum kita dibulan ini tepat dihari peringatan peristiwa atau bencana banjir bandang kita melaksanakan perawatan dan penanaman, tidak hanya itu nanti di tanggal 21 itu ada hari air kita akan laksanakan juga kegiatan yang sama tentunya dalam menjaga sumber air untuk kehidupan, di bulan – bulan berikutnya pun demikian kita akan kombinasikan semuanya sehingga cagar alam Cycloop ini dapat dijaga dan terawat,” ucapnya.

Sementara ditempat yang sama Ketua CPA Hirosi Marshall Suebu, S.Sos., M.Si berharap kedepan tidak hanya TNI-Polri tapi seluruh lapisan masyarakat untuk peduli dengan lingkungan khususnya cagar alam Cycloop, dikarenakan ini merupakan kegiatan yang positif sekali.

“Hari ini dengan Kapolres bersama teman – teman serta stakeholder kita dapat melihat bahwa sebelumnya juga kami menanam, 70 persen berhasil, jadi hari ini selain menanam kami juga merawat apa yang sudah ditanam, dapat dilihat dan terbukti pohon – pohonnya sudah mulai membesar, tanaman ini makhluk hidup juga jangan hanya menanam tapi juga merawat, tentunya untuk keberlangsungan hidup masyarakat sekitar dan Sentani pada umumnya sehingga cagar alam Cycloop ini dapat terus terawat dan terjaga,” ungkapnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Kerahkan Kendaraan Listrik untuk Pengamanan World Water Forum ke-10 di Bali
Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polsek Tulungagung Kota Melakukan Pengamanan Kompetensi Tari di GOR Lembupeteng
Dalam Mengantisipasi Kegiatan Balap Liar, Polsek Besuki Patroli di Jalan Lintas Selatan
Sambang Dialogis Bhabinkamtibmas Polsek Batang Tarang, Warga Diajak Waspada Terhadap Isu Hoaks dan Tetap Jaga Kamtibmas
Briptu O.M. Sutumorang Ajak Warga Ciptakan Lingkungan Nyaman dan Kondusif
Polsek Sekayam Gelar Patroli Jarak Jauh dan Pengecekan Tapal Batas Indonesia-Malaysia
Polsek Sekayam Intensifkan Patroli Siang Antisipasi Tindak Kejahatan
Lihat Semua
WordPress Lightbox