[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolsek Sandubaya Pimpin Mediasi Warga Yang Melakukan Keributan di Terminal Mandalika 

 

 

Mataram NTB – Kapolsek Sandubaya Kompol Moh Nasrullah SIK., memimpin mediasi yang berlangsung di Polsek Sandubaya antara Warga masyarakat Terminal Mandalika dengan beberapa warga Sumba – NTT akibat keributan yang terjadi di terminal Mandalika, Rabu (14/06/2023).

 

Saat di konfirmasi media ini, Kapolsek Sandubaya menceritakan bahwa berdasarkan keterangan yang diterima dari beberapa saksi dan kedua belah pihak pada sekitar pukul 14:00 wita bertempat di terminal Mandalika terjadi keributan antara beberapa calon penumpang warga Sumba NTT dengan beberapa warga Mandalika penjual tiket di terminal.

 

“Salah seorang warga Sumba – NTT (D) hendak membeli tiket bus tujuan Bima. Oleh salah seorang penjual tiket (F) memberi tahu harga tiket Bus tujuan Bima Rp.250.000., namun oleh warga Sumba (D) mengatakan tidak punya uang sejumlah itu dan akhirnya F memberikan dengan harga Rp.160.000.,namun sebelum membayar, D mengeluarkan Hp dan menjepret F. Kejadian itu membuat F tersinggung dan mendorong kepala D,”beber Kapolsek usai mediasi berlangsung, (14/06/2023).

 

Atas kejadian itu D merasa tidak terima dan tidak jadi membeli tiket bus tersebut kemudian langsung pergi. Selang beberapa menit datang beberapa warga Sumba NTT mencari F dan keributanpun tak terhindarkan.

 

“Karena warga Sumba NTT tersebut datang lebih dari satu orang, warga terminalpun mendekat dan membantu F si penjual tiket tersebut, maka keributan serta perkelahian dan saling kejar pun berlangsung beberapa saat. Berdasarkan keterangan warga terminal ada beberapa yang membawa Sajam sehingga warga terminalpun berjaga-jaga dengan menyiapkan Sajam pula,”jelas Kapolsek.

 

Keributan tak berlangsung lama setelah pihak Polsek Sandubaya bersama personel Polresta Mataram yang dipimpin KabagOps turut serta membantu memberikan pengamanan dan keributan tersebut bisa diamankan.

 

“Namun untuk memastikan keamanan di Terminal Mandalika, Personel Polsek Sandubaya kami siagakan untuk mengantisipasi keributan susulan,”ucapnya.

 

Atas kesepakatan kedua belah pihak yaitu warga Sumba NTT dan Warga Mandalika sepakan untuk berdamai sehingga Polsek Sandubaya memfasilitasi Mediasi tersebut.

 

Mediasi tersebut dihadiri Ketua GMKI Frandi El Panggi beserta 5 perwakilan warga Sumba NTT lainnya, kemudian dihadiri pula 5 perwakilan warga Mandalika.

 

“Kedua belah pihak baik Warga Sumba NTT maupun warga Mandalika sepakat untuk berdamai, apa yang baru saja terjadi merupakan kekhilapan kedua belah pihak serta menyadari semua kekeliruan tersebut. Merekapun berjanji untuk tidak lagi mengulangi perbuatannya. Perdamaian damai tersebut ditandai dengan penandatanganan surat damai oleh kedua belah pihak,”jelasnya.

 

Menurut Kapolsek, kedunya tidak akan saling keberatan dengan apa yang sudah terlanjur terjadi baik untuk warga Sumba NTT maupun warga Mandalika. Untuk korban yang luka ringan saat ini sedang dirawat di rumah sakit.

 

“Alhamdulillah keduanya sepakat berdamai, kamipun mengajak kepada perwakilan warga yang hadir di mediasi tersebut untuk membantu menjaga Kamtibmas demi kenyamanan kita bersama, begitu pula di terminal Mandalika petugas menghimbau warga terminal agar jangan mudah terpancing atau terprovokasi, bila ada masalah laporkan saja ke Polsek diharapkan untuk tidak melakukan tindakan terlebih dahulu,”tutupnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Demi Kelancaran Lalu Lintas, Polri dan Pemprov Bali Atur Pergerakan Kendaraan Barang
Gelar Simulasi Pengawalan VVIP, Dirgakkum Ingatkan Jajaran Bersikap Humanis dan Pahami Rute
Jelang WWF ke-10 di Bali, Kabaharkam Polri Serahkan Bantuan Kendaran dan Almatsus
Amankan WWF, Polisi Dibekali Kendaraan Hingga Perlengkapan
Polri Pastikan Kantong Parkir Tersedia di Pelaksanaan KTT WWF
Turun Langsung ke TKP Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang, Kakorlantas: Pemeriksaan Awal Tak Temukan Jejak Rem di Lokasi
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Kapolsek Cepogo Edukasi Generasi Muda Melalui Kegiatan Polisi Sahabat Anak
Kapolresta Balikpapan Mengapresiasi Kinerja Seluruh Jajaran Polresta dalam Apel Jam Pimpinan
Kapolda Sulsel meletakkan batu pertama pembangunan rumah dinas Polres Pangkep
Kabag OPS Polresta Balikpapan Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Unras Mahasiswa HMI di Balikpapan
Edukasi Masyarakat, Polres Malang Gelar Lomba Reaksi Cepat Penanganan Kejahatan
LUWU- Bantuan terus mengalir untuk korban Banjir dan Longsor Luwu,kali ini datang dari KBPP Polri Palopo
Lihat Semua
WordPress Lightbox