[language-switcher]
Beranda  Berita

Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) di Polres Karangasem dari Bid Dokes Polda Bali Kepada Anak-Anak Pelajar

*Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) di Polres Karangasem dari Bid Dokes Polda Bali Kepada Anak-Anak Pelajar*

Polda Bali-Polres Karangasem, pada hari Selasa (20/6/2023) pukul 11.00 wita bertempat di Aula Kanya Badra Paramartha Polres Karangasem telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (Telapak Tangan Polri Untuk Kehidupan) dari Bid Dokes Polda Bali di singkronkan dengan kegiatan Zoom Meeting dengan Narasumber dari Bid Dokes Polda Jatim. KOMPOL dr Adam, SpAN.

Hadir dalam Kegiatan tersebut Kabiddokkes Polda Bali Kombes Pol. dr. Komang Nurada Mahardana Sp.THT-KL, Kabag SDM Polres Karangasem Kompol I Nyoman Merta Kariana, S.H.,M.H, Kasat Binmas Polres Karangasem AKP I Wayan Gede Wirya, S.A.P., M.A.P, dan Kasi Kesehatan Polres Karangasem Aiptu I Wayan Telaga serta para peserta pelatihan kurang lebih 75 orang perwakilan pelajar dari tingkat SMP & SMU yang berada di Kota Karangasem.

Sedangkan Tim Pelatih dari Bid Dokes Polda Bali yang hadir adalah Ketua Tim Pembina Suriya Suwanto S.Ked.,M.Kes.,SP.THT-KL
bersama dengan 8 orang aggotanya.

Adapun rangkaian Kegiatan pelatihan Bantuan Hidup Dasar tersebut antara lain
a. Pemberian materi latihan serta sosialisasi Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support and First Aid Training) yang disampaikan oleh Aiptu ANAK AGUNG KUSUMA WARDANA, A.M.K
b. Sambutan Narasumber KOMPOL dr Adam, SpAN. yang intinya :
Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit menyebutkan bahwa Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, gawat darurat. Gawat Darurat itu sendiri adalah keadaan klinis pasien yang membutuhkan tindakan medis segera guna penyelamatan nyawa, pencegahan kecacatan lebih lanjut. Keadaan Gawat Darurat bisa terjadi kapan saja, siapa saja, dimana saja. Kondisi ini menuntut kesiapan seluruh petugas rumah sakit baik medis maupun non medis untuk mengantisipasi kejadian itu. Bila kita cermati, kematian-kematian karena henti jantung, henti nafas selama ini cukup banyak. Oleh sebab itu kemampuan seluruh petugas rumah sakit baik medis maupun non medis sangat diperlukan untuk melakukan pertolongan pertama kepada pasien terutama kasus emergency sejak mulai masuk RS (Pre Hospital) dan di sekeliling areal rumah sakit. Kecepatan pertolongan pertama kepada korban sangat menentukan keselamatan jiwa. Keterlambatan pertolongan akan membuat kondisi fatal.
Bantuan Hidup Dasar (BHD) adalah pertolongan pertama yang dilakukan pada pasien/korban henti jantung atau henti nafas. Resusitasi Jantung Paru merupakan bagian dari tindakan bantuan hidup dasar. Tindakan ini dilakukan untuk menjaga jalan nafas tetap terbuka, menunjang pernafasan, sirkulasi tanpa menggunakan alat-alat bantu. Usaha ini harus dimulai dengan mengenali secara tepat keadaan tanda henti jantung atau henti nafas, segera memberikan bantuan sirkulasi, ventilasi. Selain itu Resusitasi juga dikatakan sebagai sebuah upaya menyediakan oksigen ke otak, jantung, organ-organ vital lainnya melalui sebuah tindakan yang meliputi pemijatan jantung, ventilasi yang memenuhi syarat.

c.tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) ini untuk meningkatkan keterampilan pegawai rumah sakit baik medis maupun non medis dalam menangani kasus-kasus dengan kegawat daruratan, khususnya dalam memberikan bantuan hidup dasar disaat bantuan medis belum ada.

d. Pengenalan awal & Penanganan pertama korban Bantuan Hidup Dasar
Bantuan Pernafasan
Bantuan Sirkulasi
Stabilisasi & Transportasi
Penanganan Syok Perdarahan
Henti Jantung
Aritmia Lethal
Defibrilator

e. Metode Pelatihan :
Menggunakan Metode TSD (Tell – Show – Do) yaitu :
Memberi penjelasan atau menerangkan materi (lecturing).
Memberi Contoh atas materi yang telah diterangkan. Selanjutnya meminta setiap peserta baik secara perorangan maupun grup melakukan Latihan, Mempraktekkan keterampilan yang telah diajarkan, yang antara lain :
Case study, Roleplay
Presentasi hasil kinerja
Persyaratan Peserta :
Basic Life Support (Bantuan Hidup Dasar)
Peserta Basic Life Support (Bantuan Hidup Dasar).

Pada pukul 15.00 wita seluruh rangkaian kegiatan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (Telapak Tangan Polri Untuk Kehidupan) dari Bid Dokes Polda Bali di singkronkan dengan kegiatan Zoom Meeting berakhir dengan tertib, lancar dan aman.

 

Publis: Humas Polres Karangasem

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Jelang WWF ke-10, Kabaharkam Polri Pimpin Rakor
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Upaya pencegahan Gangguan Kamtibmas di wilayah, Polsek Kresek lakukan Sambang DDS di Desa
Menjaga Sinergitas dengan masyarakat, Polsek Kresek lakukan Patroli Mobile dan Dialogis
Menjalin Tali Silaturahmi dengan para Sesepuh, Polsek Kresek kunjungi Tokoh Masyarakat di Desa
Polsek Kresek sambangi kantor Desa sebagai bentuk menjalin Sinergitas dengan Aparatur Desa
Polsek Boyolangu Patroli Dialogis Obyek Vital, Ajak Masyarakat Ikut Jaga Kamtibmas
Patroli Sambang, kerap dilakukan Polsek Kresek demi menjaga Harkamtibmas diwilayah
Lihat Semua
WordPress Lightbox