[language-switcher]
Beranda  Berita

Hadiri Rapat Fasilitasi, Kapolsek Sukahaji Sebagai Narasumber Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan Aparatur Pengawas Pemilu

Majalengka, Kapolsek Sukahaji Polres Majalengka AKP Rudy Djunardi hadiri Rapat Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan Aparatur Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan Sukahaji bertempat di Aula Cafe D’rasya Kitchen Desa Palabuan Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka, Rabu (21/6/2023).

Untuk memperkuat kapasitas pengawas pemilu dalam memahami tugas, fungsi, kewenangan dan kewajian sebagai pengawas pemilu, Kecamatan Sukahaji menggelar rapat fasilitasi pembinaan aparatur pengawas pemilu kepada Ketua, anggota, serta jajaran sekretariat Panwaslu Kecamatan Sukahaji.

“Kami ingin memperkuat integritas, serta meningkatkan pemahaman terkait tugas fungsi, kewenangan serta kewajiban sebagai pengawas pemilu,” ujar Kapolsek Sukahaji AKP Rudy Djunardi.

Ia menekankan pentingnya sinergitas antar penyelenggara pemilu. Menurutnya dengan adanya sinergitas yang kuat, diharapkan pengawasan tahapan pemilu 2024 berjalan dengan Sukses, baik dan sesuai dengan regulasi.

AKP Rudy Djunardi yang hadir sebagai narasumber mengatakan, terdapat 4 (empat) prinsip yang harus dipahami dalam menjaga sinergi antar penyelenggara pemilu, yakni komunikasi, kolaborasi, koordinasi serta keterbukaan.

“Selama ini sinergitas antara kami di jajaran KPU dan Bawaslu sudah berjalan dengan baik, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa saling menjaga komunikasi, saling berkoordinasi, berkolaborasi dan saling terbuka” ujar Kapolsek AKP Rudy Djunardi.

“Panwaslu Kecamatan memiliki tugas untuk Melakukan pencegahan & penindakan, mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilu, mencegah terjadinya praktik politik uang, mengawasi pelaksanaan putusan/keputusan.

Kemudian mengelola, memelihara, dan merawat arsip, Mengawasi pelaksanaan sosialisasi penyelenggaraan pemilu, mengevaluasi pengawasan pemilu, serta tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Paparan terakhir Kapolsek Sukahaji Sosialisasikan tentang TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang) mengingatkan apabila ada informasi tentang adanya oknum masyarakat pelaku atau perekrut tenaga kerja secara ilegal, untuk segera melaporkan ke Polsek atau petugas Bhabinkamtibmas.” Pungkasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Bongkar 5 Lab Narkoba Gelap, Sita Berbagai Prekursor dan Ribuan Pil Ekstasi
Sertifikasi Dakgar Lantas Gelombang I T.A 2024, Korlantas Berupaya Turunkan Angka Kecelakaan Lalin
Bareskrim Polri Tangkap 60 Tersangka Narkoba Jaringan Fredy Pratama
Tim Itwasum Polri Lakukan Audit di Divisi Humas Polri
Latsitarda Nusantara XLIV/2024 di Kaltim Resmi Dibuka
Cek Kesiapan Kendaraan KTT WWF ke-10, Kakorlantas Siapkan Kendaraan Listrik Untuk Pengawalan VVIP
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polsek Sidamanik Sukses Kendalikan Lalu Lintas Pagi Hari di Depan SMA Negeri I Sidamanik
Operasi Strong Point Polsek Raya Berhasil Amankan Arus Lalu Lintas Pagi Hari
Gempar warga pujon temukan 9 mortir aktif, Polisi lakukan sterilisasi
Polsek Saribu Dolok Sukses Berdayakan Strong Point untuk Kelancaran Lalu Lintas Pagi Hari
Kapos Pol Kerasaan I Pembangunan Pagar Tembok Pos Polisi
Bhabinkamtibmas Polsek Bangun Sambangi Poskamling Mawar Huta II untuk Meningkatkan Keamanan
Lihat Semua
WordPress Lightbox