[language-switcher]
Beranda  Berita

Polri Sambangi Warga Sekolah, Berikan Sosialisasi Cyber Bulling Guna Hindari Praktek Pelanggaran Etika Dalam Bermedsos.

Polres Maluku Barat Daya – Kepolisian Sektor sebagai Garda terdepan Kepolisian Negara Republik Indonesia selaku penyelenggara kamtibmas di Kecamatan yang selalu mengedepankan tugas pokok sebagai pembina masyarakat, melakukan deteksi dini, melakukan sosialisasi maupun mediasi penyelesaikan permasalahan agar dapat tercipta stabilitas kamtibmas yang kondusif.

Selaku aparat Kepolisian dalam melaksanakan tugasnya secara berkesinambungan sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan himbauan kamtibmas serta bersosialisasi dengan masyarakat guna mewujudkan tingkat pemahaman dan perubahan perilaku yang lebih baik dari masyarakat itu sendiri.

Kali ini Kapolsek Serwaru Ipda Giovani Toffi S.H bersama Kanit Binmas Aipda S. Baumasse, Kanit Intel Bripka W. Kainama, S.E, Briptu H. Buton dan Bripda S. Safsafubun menyambangi SMA Negeri 12 MBD di Serwaru Kecamatan Pulau Letti Kabupaten Maluku Barat Daya pada Kamis pagi (20/07/2023).

F366547F 720B 4BA4 A533 62B6931EE693
Kegiatan yang digelar kali ini adalah melakukan sosialisasi menyangkut Cyber Bulling dan Kamtibmas kepada Siswa-siswi yang sementara mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yang merupakan salah satu program sekolah yang mengacu pada kurikulum penerimaan siswa baru.
Dalam pertemuan tersebut Kapolsek melakukan Sosialisasi tentang Cyber Bulling yakni perundungan dunia maya yang dilakukan dengan menggunakan teknologi digital melalui media sosial khususnya pada platform chatting, permainan game bersama dan lain sebagainya.

Kapolsek dalam sosialisasinya meminta kepada para siswa agar menghindarkan diri dari perbuatan tersebut karena akibat dari perbuatan yang dilakukan dapat mengakibatkan resiko yang berdampak pada pelanggaran hukum yang pada akhirnya dapat merugikan diri sendiri ketika berhadapan dengan hukum.

Pada tempat berbeda Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K. mengatakan, “ Kegiatan Sosialisasi oleh Polri terhadap masyarakat sekolah adalah merupakan tindakan preemtif atau peringatan dini kepada para guru maupun siswa-siswi untuk mengantisipasi adanya bahaya yang ditimbulkan apabila melakukan pelanggaran hukum dilingkungan sekolah baik antara sesama siswa maupun antara guru dengan siswa. “

DF83E71E ED52 4E98 8173 E1DF7CF35EE4

“ Maraknya perbuatan Bullying yang terjadi pada lingkungan sekolah kerap kali dapat terjadi, anak-anak yang beranjak remaja kadangkala menjadi korban Bullying dari temannya sendiri, adanya perbuatan ancaman secara verbal maupun fisik berupa perundungan atau perilaku yang tidak menyenangkan baik secara verbal maupun secara fisik secara langsung ataupun melalui dunia maya yang dilakukan oleh seseorang sebagai bentuk penindasan, penghinaan ataupun pengucilan terhadap orang lain dapat berakibat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan. “ tutur Kapolres.

Kapolres juga menambahkan, “ apabila pelanggaran hukum sampai terjadi di lingkungan sekolah dan berlanjut dengan adanya laporan yang diterima oleh Polri, maka menjadi tugas Polri dalam upaya Penegakkan hukum dengan memberlakukan sanksi hukum mengacu pada pasal 27 ayat (3) Undang-undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Informatika Transaksi Elektronik dan pasal 80 ayat (1) Jo. Pasal 76C Undang-undang nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. “

“ untuk mencegah terjadinya pelanggaran hukum dilingkungan sekolah, diperlukan peran nyata dari Polri dalam upaya mendekatkan diri dengan masyarakat sekolah dalam melaksanakan tugas-tugas pembinaan yang telah diprogramkan secara sistimatis sehingga dengan kehadirannya di tengah-tengah masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. “ tutup Kapolres MBD.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

3.325 Calon Taruna-Taruni Akpol Ikut Seleksi, Masuk Tahap Uji Jasmani
Polri Tangkap Buronan Kelas Kakap Nomor Satu Thailand di Bali
Rakernis Logistik Polri 2024, Optimalkan Pengelolaan Produk Dalam Negeri
Rasakan Mudahnya Pengurusan SIM Online, Pegiat Anti Korupsi Apresiasi Polri
Satgassus Pencegahan Polri Lakukan Pengawasan Pupuk Subsidi di Dua Kabupaten
KKB Bunuh Lagi Masyarakat Sipil di Puncak Jaya, Diduga Pelakunya Bumi Walo
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Binmas Desa Ciporeat bersinergi dengan Babinsa, Kunjungi Warganya sampaikan Himbauan Kamtibmas
Pelayanan Masyarakat Pagi, Polsek Cangkuang Tempatkan Piket Fungsi di Titik Strong Point
Antisipasi DBD Bhabin Pananjung Polsek Cangkuang, Ingatkan Warga Laksanakan PHBS
Bhabin Bandasari Polsek Cangkuang, Tingkatkan Peran Satpam Dalam Harkamtibmas
Bhabinkamtibmas Desa Rancakasumba Polsek Solokanjeruk Polresta Bandung Laksanakan Sambang Kamtibmas
Jumat Berkah, Polsek Sendang Berbagi Rizki Kepada Warga Yang Kurang Mampu
Lihat Semua
WordPress Lightbox